Skip to content

Cara Mudah Cek dan Perpanjang Masa Aktif 3 (Tri)

featured-img

Cek masa aktif 3 bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari SMS, kode dial, hingga aplikasi Bima+.

Masa aktif kartu SIM harus dicek berkala supaya nomor yang digunakan pelanggan tidak kadaluarsa sehingga terjadi pemblokiran. Tri Indonesia termasuk salah satu provider telekomunikasi yang populer. Tri selalu memberikan semua yang dibutuhkan pelanggannya. Mulai dari kuota internet yang terbilang cukup murah, jaringan stabil, hingga akses-akses penunjang SIM card.

Berbicara SIM card, salah satu syarat supaya komunikasi tetap berjalan lancar adalah sim yang aktif. Tri mampu memberikan kemudahan dalam cek masa aktif kartu 3. Sebagai pengguna kartu 3, pelanggan harus mengetahui cara cek masa aktif Tri supaya nomor yang digunakan tidak hangus. Tidak usah risau, karena Tri menyediakan empat cara rumah cek masa aktif kartu 3 berikut ini.

Baca juga: Paket Nelpon Tri dari Sesama dan Operator Lain

Cara cek masa aktif 3 (Tri)

layanan

Cara cek masa aktif kartu Tri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menu dial up, aplikasi Bima+, website Tri, dan SMS. Masing-masing cara memiliki proses yang berbeda. Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini.

Cek via dial up 

Dial up atau kode dial menjadi salah satu cara lama yang sering digunakan pelanggan untuk nominal pulsa, masa aktif kuota, dan sebagainya. Sama dengan yang lainnya, cek masa aktif kartu 3 bisa dilakukan menggunakan kode dial. Cara ini masih termasuk yang efektif dan mudah untuk dilakukan. Lalu, bagaimana cara untuk mengecek masa aktif Tri?

  • Pada ponsel pelanggan, buka menu panggilan.
  • Kemudian, masukkan kode dial *111# lalu tekan tombol "Call" atau "Panggil". 
  • Tunggu hingga muncul pesan pop up dengan berbagai pilihan info. 
  • Pilih opsi nomor 4, yaitu "Info Kartu".
  • Tunggu hingga layar ponsel menampilkan informasi yang dibutuhkan, yaitu keterangan masa aktif dan berapa lama lagi umur kartu Tri pelanggan.

Cek via Bima+ 

Tri memiliki aplikasi yang diberi nama Bima+. Aplikasi ini menawarkan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan, salah satunya cek masa aktif kartu Tri. Bagaimana caranya?

  • Pastikan pelanggan sudah memiliki aplikasi Bima+. Jika belum, bisa unduh secara gratis di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk Iphone.
  • Selanjutnya lakukan registrasi menggunakan nomor Tri dan ikuti semua petunjuknya hingga selesai.
  • Setelah berhasil, lakukan login dengan nomor Tri atau email dan password yang sudah terdaftar.
  • Selanjutnya, pada halaman Utama di bagian kiri atas terdapat informasi mengenai masa aktif kartu pelanggan. Informasi ini tepat di bawa nomor Tri yang terdaftar.

Cek via website 3 (Tri)

Selain melalui aplikasi, cara cek masa aktif kartu bisa dilakukan juga menggunakan situs BimaTri. Untuk mengakses situs ini, pelanggan harus menggunakan browser di laptop atau ponsel. Untuk cara lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya.

  • Buka situs https://bima.tri.co.id/ melalui aplikasi pencarian,seperti Google atau Safari.
  • Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, klik tombol "Masuk" atau "Daftar" pada bagian kanan atas. 
  • Selanjutnya, masukkan nomor Tri pelanggan atau email dan password yang terdaftar.
  • Tunggu hingga pelanggan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS.
  • Setelah mendapatkan SMS, masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia.
  • Tunggu hingga masuk ke halaman Utama.
  • Di halaman tersebut tersedia informasi yang lebih detail mengenai nomor pelanggan, seperti masa aktif kartu, sisa pulsa, dan informasi lainnya.

Cek via SMS

Cara mudah yang keempat untuk cek masa aktif kartu Tri adalah dengan menggunakan SMS. Adapun langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu pesan di ponsel pelanggan.
  • Kemudian buat pesan baru dan ketik Info[Spasi]data.
  • Kirim ke 234 dan klik tombol "Kirim" atau "Send".
  • Tunggu sebentar hingga pelanggan mendapatkan SMS balasan dari Tri mengenai masa aktif kartu, sisa pulsa, dan kuota.

Baca juga: Kehabisan Kuota Tri? Ini Cara Dapat Paket Darurat Tri

Cara perpanjang masa aktif 3 (Tri)

24900

Gawat kalau nomor pelanggan sudah berada di masa tenggang. Sebelum terjadi pemblokiran kartu karena masa aktif sudah habis, yuk segera lakukan perpanjang masa aktif 3 (Tri) dengan cara di bawah ini.

Beli paket data

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membeli kuota internet atau paket data. Tri menyediakan berbagai macam paket data yang murah dan bisa sesuai kebutuhan pelanggan. Mulai dari masa aktif paket harian, tiga hari, seminggu, dan per bulan. Untuk harganya juga beragam, mulai dari Rp1.500 hingga Rp100.000. 

Beli pulsa

Cara paling mudah lainnya untuk memperpanjang masa aktif kartu Tri, yaitu membeli pulsa. Cara ini menjadi yang paling sering dilakukan karena prosesnya sangat mudah dan cepat. Sama dengan paket data, Tri menyediakan berbagai macam nominal pulsa yang bisa dibeli sesuai kebutuhan. Mulai dari Rp1.000 hingga Rp100.000. Perlu diketahui, setiap nominal pulsa Tri memiliki durasi masa aktif yang berbeda-beda. Semakin banyak nominal yang dibeli, tentunya semakin panjang juga masa aktifnya begitu pun sebaliknya.

Menerima transferan pulsa

Jika kedua cara diatas masih belum bisa dilakukan, jangan khawatir ya! Pelanggan masih bisa melakukan perpanjang masa aktif Tri secara gratis dengan menggunakan metode transfer pulsa.

Jika pelanggan memiliki teman, keluarga yang sama-sama menggunakan nomor Tri, bisa meminta bantuannya untuk melakukan transfer pulsa ke nomor pelanggan. Metode transfer pulsa ini bisa dilakukan mulai dari Rp1.000 saja lho. Namun, berbeda dengan cara yang lain, transfer pulsa ini memiliki biaya transaksi sebesar Rp500 untuk sekali transfer. 

Baca juga: Internet Lebih Fleksibel Pakai Kuota Nasional Tri

Cukup mudah bukan cara cek masa aktif kartu Tri dan perpanjangnya. Informasi di atas bisa dilakukan oleh pelanggan dengan mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi? Segera cek masa aktif kartu Tri pelanggan dan jangan sampai terlewat masa aktifnya. Namun, jika sudah terlewat masa aktifnya tapi masih berada di masa tenggang, jangan khawatir nya. Sebab, pelanggan bisa melakukan perpanjangan masa aktif dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba!

Tags