Skip to content

Apa Itu Kuota Lokal Tri? Bagaimana Cara Aktivasinya?

featured-img

Kuota lokal Tri bisa didapatkan oleh pengguna setelah membeli kuota internet tertentu. Apa saja jenis-jenis kuota tersebut?

Tri menjadi salah provider yang banyak dipiliih anak muda. Semenjak merger dengan Indosat Ooredoo Hutchison pada 2022 lalu, cakupan jaringan nasionalnya semakin luas. Meskipun sudah di bawah naungan Indosat Ooredoo, Tapi Tri tetap menjadi pilihan karena menyediakan kuota lokal Tri dengan berbagai macam benefit. 

Perlu diketahui, kuota lokal 3 berbeda dengan kuota reguler. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tuntas mengenai kuota lokal 3. Mulai dari pengertian cara mendapatkannya, aktivasi, dan kegunaannya.

Apa itu kuota lokal Tri?

2148295877

Kuota lokal bukan hanya dimiliki oleh provider Tri saja, tapi semua operator seluler memiliki jenis kuota ini dengan ketentuan masing-masing. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kuota lokal 3 berbeda dengan kuota reguler atau utama. 

Kuota lokal ini adalah jenis kuota internet yang hanya bisa digunakan untuk wilayah tertentu di indonesia. Kuota lokal 3 bisa digunakan selama 24 jam di semua jaringan Indosat Ooredoo.  Dikutip dari situs resmi Tri indonesia, paket kuota lokal 3 terdiri dari dua jenis, yaitu produk AlwaysON dan HAPPY. Masing-masing paket tersebut memiliki jumlah kuota lokal yang berbeda sesuai dengan lokasi penggunanya.

Baca Juga: Cara Ganti Kartu SIM Tri yang Hilang atau Rusak

Kuota lokal Tri bisa digunakan untuk apa saja?

63

Jika membahas fungsinya, kuota lokal 3 memiliki kegunaan yang sama dengan kuota reguler atau utama. Bisa digunakan untuk browsing, chatting via aplikasi, dan lainnya Perbedaannya hanya pada lokasi atau zona tertentu. Biasanya, kuota lokal bisa digunakan untuk pelanggan yang sedang berada di suatu daerah dengan jangkauan jaringan Tri. Sama dengan provider lainnya, kuota lokal 3 ini berada di dalam paket reguler, tapi hanya bisa digunakan untuk suatu daerah saja. 

Baca Juga: Cara Cek Nomor Tri

Cara mendapatkan kuota lokal Tri

9856455

Pada umumnya, kuota lokal bisa didapatkan dari paket data internet. untuk provider Tri, kuota internet bisa didapatkan dari paket data AlwaysON dan HAPPY. Namun, untuk mengecek ketersediaan kuota lokal ada banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut ini.

1. Website resmi

Untuk mendapatkan kuota lokal Tri melalui website, pelanggan bisa mengunjungi situs https://kuotalokal.tri.co.id/home. Kemudian masukkan kota, kabupaten atau kecamatan domisili untuk mencari tahu kuota yang bisa digunakan. Setelah memasukkan alamat domisili, sistem akan menunjukkan jenis kuota yang bisa digunakan.

2. Kode Dial

Selain melalui website, pelanggan bisa menggunakan kode dial untuk mendapatkan kuota lokal. Caranya, buka menu panggilan di handphone, kemudian masukan kode USSD *123#, lalu pilih menu “Kuota Lokal”. 

3. Chat WhatsApp

Cara mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim chat WhatsApp ke nomor 0896 440 0123, lalu informasikan ke staff CS-nya perihal kuota lokal yang tersedia di domisili pelanggan. Staff CS akan membantu untuk prosesnya.

Baca Juga: Cara Cek Sisa Pulsa Kuota Tri

Cara aktivasi kuota lokal Tri

122600

Sebenarnya kuota lokal akan terpasang otomatis sesuai domisili pelanggan setiap kali membeli paket internet reguler. Saat ini, setiap paket internet akan dibagi menjadi beberapa benefit. Ada kuota utama yang berlaku di seluruh area yang tersedia jaringan IOH dan kuota lokal yang hanya berlaku di area tertentu sesuai dengan domisili pelanggan. 

Untuk penggunaanya, kuota lokal bisa digunakan selama 24 jam non stop di wilayah yang terdapat jaringan IOH-nya (selama ketersediaan kuota masih ada). Biasanya, setiap kali paket data diaktifkan, kuota lokal akan terpakai terlebih dahulu sebelum kuota utama. Oleh karena itu, batasan area atau waktu bisa berubah dan pihak IOH berhak mengubah syarat dan ketentuan sewaktu-waktu. 

Baca Juga: Pilihan dan Daftar Harga Paket Kuota Tri

Mengapa kuota lokal tidak dapat digunakan?

6765

Kuota lokal tersedia setiap kali pelanggan mengisi paket internet reguler. Namun, terkadang beberapa pelanggan tidak bisa menggunakan kuota lokal tersebut meskipun sudah mengisi paket data reguler. Dikutip dari akun resmi provider Tri, kuota lokal tersedia  hanya untuk pembelian paket data AlwaysON dan HAPPY yang tersedia di daerah tertentu. Apabila pelanggan membeli paket data yang tidak sesuai dan wilayah domisili tidak menyediakan kuota lokal, maka pelanggan tidak bisa menggunakannya. 

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Tri

Solusi kuota lokal Tri tidak dapat digunakan

2148779249

Jangan panik jika kuota lokal tidak bisa digunakan. Pelanggan bisa melakukan cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Cek lokasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kuota lokal 3 bisa dilakukan untuk paket internet AlyawsON dan HAPPY sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, untuk paket tersebut juga tidak berlaku semua zona atau area di Indonesia. Oleh karena itu, sebelum membeli paket tersebut, pastikan pelanggan sudah mengecek lokasi tersebut berada di zona yang tersedia atau tidak. Untuk caranya bisa dilakukan melalui situs resmi Tri dengan cara mudah berikut ini.

  • Buka situs https://kuotalokal.tri.co.id/home  melalui browser.
  • Selanjutnya akan muncul kolom untuk memasukkan kota, kabupaten atau kecamatan sesuai domisili. Pelanggan bisa memasukkan lokasi tersebut.
  • Lalu tekan enter.
  • Jika daerah pelanggan masuk ke dalam zona kuota lokal, maka akan ada tulisan “Yay kuota nasional dan kuota regional (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, Karawang & Sukabumi) bisa digunakan di area ini”.

2. Masa aktif paket

Solusi berikutnya supaya kuota lokal dapat digunakan adalah mengecek masa aktif paket yang dimiliki. Biasanya penyebab kuota lokal tidak dapat digunakan karena masa aktif paket internet sudah habis sehingga kuota lokal pun tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya, pelanggan bisa mengecek masa aktif paket melalui USSD *123# atau aplikasi bima+. Jika ternyata masa aktif paket pelanggan habis, pelanggan harus membeli paket internet AlwaysON atau HAPPY. 

3. Atur jaringan di ponsel

Cara ketiga, pelanggan bisa melakukan perubahan pada jaringan yang ada ponsel menjadi 4G/LTE/5G. Untuk mengubah jaringan, masing-masing ponsel memiliki cara yang berbeda-beda. Namun, biasanya ada di menu Pengaturan, lalu pilih “Jaringan Seluler”, kemudian pada bagian “Mode Jaringan” pilih 4G/LTE Only atau jika ponsel sudah di dilengkapi 5G, bisa pilih jaringan 5G.

4. Chat ke Trivia

Jika semua cara di atas sudah dicoba tapi pelanggan masih belum bisa menggunakan kuota lokal 3, cobalah untuk melaporkan ke Trivia yang ada di website resmi Tri, yaitu sebagai berikut.

  • Buka situs https://tri.co.id/EDM-trivia melalui browser.
  • Klik logo “Chat Trivia” yang ada di bawah kanan halaman. 
  • Jika halaman chat sudah ada, pelanggan bisa langsung menjelaskan permasalahan yang terjadi mengenai tidak bisa menggunakan kuota lokal.
  • Nantinya Trivia akan membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Registrasi Kartu Tri Anti Gagal

Kuota lokal Tri bisa didapatkan oleh pelanggan yang memiliki kuota reguler sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, Indosat Ooredoo Hutchison selalu mengembangkan jaringan nasionalnya supaya masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau signal, bisa menggunakan provider Tri untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. 

Tags