Skip to content

Simak 7 E Wallet Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan di 2024

featured-img

E-wallet menjadi metode pembayaran yang bisa digunakan segala jenis transaksi. Mengedepankan kepraktisan, metode ini banyak diminati masyarakat. Menurut databoks, dari 1,300 orang yang disurvei, terdapai 74% yang sudah menggunakan e-wallet. Hal ini menandakan bahwa perkembangan e-wallet di Indonesia cukup masif. 

Baca juga: Perbedaan Uang Elektronik dan Dompet Elektronik

Di Indonesia sudah banyak perusahaan penyedia jasa e-wallet yang bermunculan. Mulai dari DANA, OVO, GoPay, LinkAja, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui keunggulan dari masing-masing e-wallet tersebut, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

7 E-Wallet Terpopuler dan Paling Banyak DIgunakan

Hingga saat ini setidaknya ada 7 aplikasi e-wallet yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Adapun keunggulan dari masing-masing e-wallet tersebut adalah sebagai berikut.

DANA

WhatsApp (12)

Pada 2023, e-wallet DANA memiliki pengguna mencapai 170 juta. Angka ini naik 23% dibandingkan tahun sebelumnya. Tren positif ini dianggap menjadi sinyal bahwa masyarakat sudah banyak yang puas dengan kepraktisan yang diberikan e-wallet.

DANA menjadi layanan keuangan digital sejak 2018. E-wallet ini sudah terdaftar di Bank Indonesia dengan memiliki empat lisensi, yaitu sebagai dompet digital, kirim uang, dan likuiditas keuangan digital (LKD). 

Baca juga: Pahami Apa Itu Uang Elektronik Berbasis Chip dan Bedanya dengan Berbasis Server

Sejak awal diluncurkan, DANA sudah memiliki 20 juta pengguna di setiap harinya. Hal ini menandakan jika masyarakat Indonesia menyambut baik kehadirannya.

DANA hadir bukan sekedar alternatif alat pembayaran, tapi ada banyak keunggulan dari DANA yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Berikut ini ulasannya.

Transaksi Tanpa Hambatan

DANA terbukti bukan dompet biasa karena di dalam aplikasi ini, pengguna bisa memasukkan uang, kartu debit atau kredit bank agar proses pembayaran menjadi lebih fleksibel.

Terverifikasi Aman

sejak peluncurannya, DANA sudah memiliki verifikasi dan terjamin oleh beberapa pengawas bidang keuangan, seperti diawasi Bank Indonesia & KOMINFO, hingga sertifikasi dari PCI DSS & ISO 27001. 

Baca juga: Cara Aman Top Up Uang Elektronik Brizzi

Informasi Pribadi Terlindungi

DANA memiliki fitur DANA Protection yang artinya semua data pribadi, mulai dari nama, nomor telepon, hingga nomor kartu dipastikan aman karena hanya diri sendiri yang mengetahuinya.

Teknologi QRIS

Transaksi di mana pun akan jadi fleksibel karena DANA menyiapkan fitur QRIS yang bisa dilakukan di berbagai merchant yang sudah dilengkapi teknologi. 

Transaksi di Luar Negeri

Pengguna bisa bebas melakukan transaksi di Singapura Thailand, dan Malaysia menggunakan DANA.

Transfer Ke Mana Saja

Transfer atau kirim uang ke rekening bank, link saldo e-wallet, antara pengguna DANA, hingga tarik tunai via agen/ATM semuanya bisa dilakukan di DANA. Selain itu, DANA juga memiliki fitur simpan kontak atau rekening bank sehingga memudahkan untuk melakukan transfer uang.

Baca juga: Cara Mudah Top Up e-Money Via Livin dan ATM Mandiri

Koneksi ke BI-FAST

Kirim uang di DANA sangat cepat dan dijamin aman karena sistemnya distandarisasi oleh Bank Indonesia.

OVO

WhatsApp (11)

OVO menjadi salah satu aplikasi e-wallet yang dapat digunakan untuk segala macam pembayaran. Sudah banyak merchant yang bekerja sama dengan OVO, mulai dari minimarket, F&B, toko elektronik, hingga warung. 

Selain menawarkan kemudahan, OVO juga memberikan banyak keuntungan, salah satunya program OVO points yang menjadi reward  bagi pelanggan ketika melakukan transaksi menggunakan OVO. Nantinya, poin ini bisa ditukarkan dengan penawaran menarik. Apakah hanya disitu saja? Tentu tidak masih banyak keunggulan OVO lainnya yang bisa dinikmati oleh pelanggan sebagai berikut ini.

Promo

OVO termasuk e-wallet yang sering memberikan berbagai promo menarik. Mulai dari promo untuk transaksi di merchant, potongan harga, tambahan poin, cicilan, dan masih banyak lagi. 

Transaksi di mana-mana

OVO bisa digunakan untuk berbagai transaksi, mulai dari transaksi offline di merchant, bayar parkir, pembelian pulsa, pembayaran tagihan hingga pembayaran tarif di aplikasi GRAB.

Baca juga: Uang Elektronik Memudahkan Semua Transaksi 

Cek Saldo OVO

OVO memiliki aplikasi dengan fitur lengkap, salah satunya cek saldo. Hanya dengan masuk ke dalam aplikasi, sisa saldo sudah tertera di bagian kiri atas. 

Top up saldo OVO

OVO sudah bekerja sama dengan berbagai perbankan, sehingga untuk top up saldo bisa dilakukan di perbankan yang pelanggan miliki. Tidak hanya di mobile banking, di mesin ATM pun bisa melakukan top up saldo OVO. Selain itu, top up saldo OVO juga bisa dilakukan di kasir minimarket. 

GoPay

WhatsApp (13)

Bukan hanya sebagai alat pembayaran tarif Gojek atau GoCar, GoPay juga sudah memiliki banyak fitur transaksi lainnya yang tentu memudahkan pengguna. Saat ini GoPay berkembang menjadi aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transfer ke mana saja da bayar apapun. Apa saja keuntungan dari penggunaan GoPay?

Baca Juga: Cara Mudah dan Aman Top Up Uang Elektronik Brizzi

Transfer ke mana saja

Aplikasi GoPay memiliki fitur transfer ke mana saja, mulai dari rekening bank hingga sesama GoPay secara gratis setiap bulan. Namun, terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku ya!

Bayar apa saja

GoPay dilengkapi QRIS yang bisa digunakan untuk membayar apa saja. Mulai dari pembelian pulsa, bayar PDAM, token listrik, bayar tagihan, voucher game, dan masih banyak lagi. Semua yang dibutuhkan pelanggan Anda ada di aplikasi GoPay.

Pinjaman

GoPay memiliki fitur pinjaman secara tunai dan cicilan dengan biaya bunga mulai dari 1,26% saja.

Transaksi dijamin aman

GoPay memiliki fitur GoPay aman dengan perlindungan akun, data, dan layanan real time 24/7.

Baca juga: Berbagai Cara Isi Ulang Uang Elektronik dengan Mudah dan Cepat

Promo

Setiap bulannya GoPay memberikan promo menarik yang tentunya menguntungkan pelanggan Anda. 

LinkAja

LinkAja adalah e-wallet miliki PT Fintek Karya Nusantara yang telah terdaftar di Bank Indonesia. LinkAja ingin membangun ekosistem dengan jangkauan hingga pelosok Indonesia sehingga memudahkan para pengguna untuk melakukan transaksi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, membeli pulsa, token listrik, tarif transportasi umum, hingga pembayaran SPBU. 

Layanan LinkAja di terdiri dari dua jenis akun, yaitu

Basic service

Akun ini hanya bisa digunakan untuk pengguna dalam menyimpan atau menerima dana, hingga melakukan transaksi. 

Full service

Akun ini memiliki fitur yang lebih banyak dan dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan LinkAja. Mulai dari penyimpanan dana, menerima dana, transfer uang ke rekening bank atau nomor LinkAja. Selain itu, e-wallet ini bisa melakukan tarik tunai di ATM Himbara (Bank BRI, BNI, Mandir, dan BTN).

Baca Juga: Perbedaan Rupiah Digital dengan Uang Elektronik

Adapun syarat yang harus dilengkapi untuk menggunakan full service, yaitu e-KYC (electronic known your customer) berupa data diri dan kartu identitas yang harus diperbaharui. Untuk proses pembaharuan e-KYC ini hanya bisa dilakukan untuk satu nomor ponsel dan satu NIK.

Doku Wallet

Layanan dompet digital milik PT Nusa Satu Inti Artha. DOKU wallet memiliki fitur yang dapat menghubungkan antara kartu kredit dengan uang elektronik. Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa melakukan transaksi online atau offline di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan DOKU. Adapun keunggulan dari DOKU Wallet ini adalah sebagai berikut. 

Transaksi Cepat

DOKU Wallet menyediakan fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi. Tanpa harus memiliki rekening bank atau kartu kredit, DOKU Wallet bisa dilakukan oleh siapa pun.

Baca juga: Pilihan Aplikasi untuk Cek Saldo Uang Elektronik

Keamanan

DOKU Wallet memiliki standar keamanan yang tinggi sehingga seluruh informasi mengenai data diri, kartu, hingga transaksi dijamin keamanannya. DOKU Wallet menggunakan sistem PIN yang selalu digunakan sebelum melakukan transaksi.

Layanan Pembayaran

DOKU Wallet bisa digunakan untuk berbagai pembayaran, mulai dari transaksi di merchant DOKU, tagihan listrik, PDAM, transfer uang ke sesama pengguna DOKU, dan masih banyak lagi.

ShopeePay

WhatsApp (14)

Aplikasi ShopeePay adalah e-wallet yang menawarkan banyak solusi untuk kebutuhan transaksi pengguna. Siapa pun bisa mendapatkan kemudahan dari fitur ShopeePay. Adapun fitur yang bisa dinikmati pengguna, yaitu sebagai berikut.

Fitur QRIS

Bayar apa pun dan di mana pun bisa menggunakan QRIS. Proses scan kode QRIS menjadi solusi sebagai alat pembayaran yang aman, mudah, dan cepat. 

SPayLater

ShopeePay memiliki program cicilan bernama SPayLater dengan bunga rendah, SPayLater digunakan untuk transaksi yang dilakukan di toko-toko Shopee.

Baca juga: Rekening Ponsel: Manfaat, Cara Menggunakan, dan Keamanannya

Transfer gratis

Transfer gratis unlimited ke rekening bank dan sesama ShopeePay, dan masih banyak lagi. Transaksi ini bisa dilakukan secara real time selama 24 jam.

Penyimpanan saldo

ShopeePay memiliki batas penyimpanan saldo maksimal Rp20 juta untuk setiap pengguna. 

Cashback Merchant

Selalu ada cashback ataupun diskon dan promo dari ShopeePay untuk setiap kali transaksi. 

ISaku

ISaku adalah e-wallet milik PT ISD dengan menawarkan berbagai macam fitur. Mulai dari isi saldo, kirim uang ke seluruh Indonesia, dapat melakukan tarik tunai di Indomaret atau ATM yang telah bekerja sama dengan ISaku, bayar tagihan, hingga menjadi alat pembayaran di Indomaret. 

Baca juga: Cek History Flazz BCA dengan Mudah dan Praktis

Ada banyak e-wallet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing orang. Setiap e-wallet memiliki fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Yuk, beralih ke e-wallet untuk melakukan segala transaksi pembayaran. 

Tags