Skip to content

Rekening Ponsel: Manfaat, Cara Menggunakan, dan Keamanannya

featured-img

Perkembangan teknologi selalu menghasilkan kecanggihan baru yang memiliki pengaruh positif bagi daya hidup masyarakat. Salah satunya kehadiran rekening ponsel pada sistem teknologi perbankan yang menjadi semua urusan lebih praktis. Namun, masih banyak yang kurang mengerti pengertian, fungsi dan cara menggunakan rekening ponsel. Nah, supaya tidak bingung lagi, berikut ini penjelasan tentang rekening ponsel.

Baca juga: Pahami Apa Itu Uang Elektronik Berbasis Chip dan Bedanya dengan Basis server

Apa Itu Rekening Ponsel?

Seperti namanya, rekening ponsel adalah nomor handphone yang bisa digunakan sebagai identitas untuk melakukan transaksi. Secara penggunaan, rekening ponsel mirip seperti uang elektronik karena seluruh proses transaksi dilakukan melalui smartphone. Rekening ponsel terbitan Bank Indonesia yang berfungsi sebagai pengganti uang non tunai. 

Manfaat Rekening Ponsel

Sebagai inovasi baru dalam bertransaksi, da banyak manfaat dari rekening ponsel yang harus diketahui berikut ini.

Pengganti Kartu Debit

Terkadang masih banyak pelanggan yang lupa membawa kartu debit untuk melakukan penarikan uang tunai di mesin ATM. Melihat isu tersebut, hadirlah rekening ponsel yang dijadikan sebagai pengganti kartu ATM. Caranya, kamu hanya memasukkan nomor telepon di mesin ATM dan ikuti langkah-langkahnya dengan mudah.

Baca juga: Simak Perbedaan Rupiah Digital dengan Uang Elektronik

Transaksi Menjadi Mudah

Meningkatnya tren belanja online, membuat masyarakat membutuhkan metode pembayaran yang cepat dan mudah. Rekening ponsel menjadi salah satu produk yang bisa digunakan untuk isu tersebut. Saat ini perbankan sudah meningkatkan kecanggihan di rekening ponsel dengan memasang fitur pembayaran mudah melalui aplikasi. Hanya dengan memasukkan nomor rekening penerima atau kode transaksi, semua bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi ke mesin ATM. 

1305

Membayar seluruh Tagihan

Tagihan listrik, PDAM, cicilan, dan lainnya bisa dilakukan pembayarannya melalui rekening ponsel. Jadi, pelanggan Anda tidak perlu lagi mendatangi kantor fisik masing-masing dari layanan tersebut. Sebab, semuanya sudah bisa dilakukan di smartphone secara real time

Kemudahan Mengecek Saldo Rekening

Tanpa harus pergi ke mesin ATM, pelanggan Anda bisa memantau atau mengecek saldo rekening secara berkala secara online. Rekening ponsel memudahkan semua kebutuhan perbankan pelanggan Anda menjadi lebih praktis.

Baca juga: Berbagai Cara Isi saldo Uang Elektronik dengan Mudah dan Cepat

Cara Menggunakan Rekening Ponsel

Masih banyak yang bingung cara menggunakan rekening ponsel. Padahal proses sangat mudah dan anti ribet. Setiap transaksi yang dilakukan, semua prosesnya hanya ada di smartphone pelanggan Anda. 

Sebagai contoh, pelanggan ingin melakukan pembayaran tagihan listrik. Adanya rekening ponsel, pelanggan tidak perlu lagi datang ke loket fisik karena semua prosesnya bisa dilakukan secara online. Setiap perbankan selalu melakukan peningkatan fitur yang selalu memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi.

2149167238

Keamanan Rekening Ponsel

Setiap perbankan selalu meningkatkan keamanan untuk para nasabahnya. Hadirnya rekening ponsel tentu diimbangi dengan keamanan yang sepadan. Tentunya, perbankan akan selalu mengantisipasi adanya kebocoran data yang bisa menyebabkan hilangnya rasa percaya dari nasabah.

Soal keamanan dari rekening ponsel ini sudah tidak perlu diragukan. Tentunya perbankan menggunakan sistem tercanggih supaya seluruh nasabahnya dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Pilihan Aplikasi untuk Cek Saldo Uang Elektronik

Perkembangan Rekening Ponsel di Indonesia

Rekening ponsel merupakan produk perbankan berbasis nomor telepon yang digunakan untuk mendongkrak layanan branchless. Produk ini diproduksi bisa mengakselerasikan perkembangan dunia perbankan.  Di awal peluncuran, rekening ponsel baru diterbitkan pertama kali oleh Bank CIMB Niaga dan selanjutnya diikuti oleh Bank BRI dan Bank Mandiri.

Baca juga: Cara Mudah Top Up e-Money Via Livin dan ATM Mandiri

Selama perkembangannya, rekening ponsel berhasil menarik perhatian karena memiliki program kerja sama yang jelas, serta promosi yang banyak. Hal ini selaras dengan banyaknya pengguna rekening ponsel yang semakin tahun meningkat. 

68927

Apakah Rekening ponsel Mirip seperti uang Elektronik?

Mungkin masih banyak yang mengira kalau rekening ponsel adalah uang elektronik. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu mengurangi jumlah penggunaan uang tunai, tapi ada rekening ponsel bukanlah uang elektronik. Lalu, apa saja yang membedakan dari kedua produk perbankan ini?

Baca juga: Perbedaan Uang Elektronik dan Dompet Elektronik

Perbedaan paling utama dari rekening ponsel dan uang elektronik, yaitu aktivasi. Untuk memiliki uang elektronik, pelanggan Anda harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. Sebab, fasilitas utama dari rekening ponsel adalah pengganti fasilitas kartu atm yang dapat memudahkan pengguna dalam menarik uang tunai di mesin ATM tanpa harus membawa kartu fisik.

Baca juga: Uang Elektronik Memudahkan Semua Transaksi

Sementara uang elektronik, pelanggan tidak perlu memiliki rekening bank terlebih dahulu. Pelanggan bisa menggunakan uang elektronik terbitan bank mana pun atau brand aplikasi mana saja karena tidak terikat dengan nomor rekening. 

Baca juga: Cara Aman Top Up Uang Elektronik Brizzi

Untuk penggunaan dan keunggulan kedua produk ini hampir sama. Rekening ponsel dan uang elektronik sama-sama memiliki fitur untuk pembayaran tagihan secara online hanya melalui smartphone. Kemudian, untuk keamanannya juga sama-sama terjamin sehingga pelanggan bisa bebas bertransaksi tanpa rasa takut.

Tags