Skip to content

Tips Hemat Listrik untuk Anak Kos dan Rumah Tangga

featured-img

Melihat ada banyak barang elektronik di rumah kamu yang semuanya dibutuhkan, pasti kamu tentu ingin tahu 15 tips hemat listrik token/prabayar berikut ini. Menghemat listrik juga berarti menghemat keuangan. Kamu akan terhindar dari stres setiap kali tagihan listrik datang dengan jumlah yang melebihi anggaran yang kamu perkirakan sebelumnya.

Langsung saja simak satu per satu 15 tips hemat listrik token/prabayar terutama buat kamu anak kosan maupun rumah tangga, wajib ngirit!

1. Bekerja Sama dengan Seluruh Anggota Keluarga Tentang Penggunaan Listrik

Mengurangi penggunaan arus listrik tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja, sedangkan yang lain menyalakan barang elektronik tanpa ada batasan. Kerja sama sangat dibutuhkan. 

Jadi, perencanaan untuk hemat listrik sebaiknya dibicarakan pada seluruh anggota keluarga dan memastikan semuanya setuju dengan pengaturan yang akan dibuat. Ini merupakan langkah paling awal dalam menjalankan 15 tips hemat listrik token/prabayar.

2. Membeli produk-produk elektronik yang didesain dengan fitur hemat daya atau menggunakan inverter

Sekarang ini hampir semua orang ingin menghemat listrik. Oleh sebab itu, rata-rata produsen barang elektronik khususnya kebutuhan rumah tangga pada umumnya mengeluarkan produk dengan desain yang hemat energi.

Pastikan barang elektronik di rumahmu terutama yang sangat sering menyala, seperti kulkas, AC, TV, bahkan lampu, menggunakan teknologi low-watt.

Selain itu, produk yang dilengkapi dengan inverter mampu menghemat listrik hingga 30% karena dengan adanya kompresor ini, daya listrik yang diperlukan ketika pertama kali dinyalakan lebih kecil dari barang elektronik sejenis lainnya tanpa menggunakan inverter. 

3. Selalu Ingat Untuk Mematikan Lampu Ketika Tidak Terlalu Dibutuhkan

15 tips hemat listrik token/prabayar ini tentu sudah sering kita dengar sejak kecil. Terus ingatkan satu sama lain di dalam rumah tangga agar tidak mengabaikan tips hemat listrik ini.

Misalnya, mematikan lampu kamar mandi, membuka gorden saat sinar matahari sudah muncul agar lampu dapat segera dimatikan. Juga, mungkin sebaiknya kamu menggunakan lampu tidur karena menggunakan daya yang lebih kecil dibandingkan lampu kamar.

4. Gunakan Laptop Sebaliknya Daripada Komputer PC

Komputer PC terdiri dari banyak perangkat elektronik sehingga konsumsi dayanya juga besar dibandingkan dengan laptop. Karenanya, jika memungkinkan dan tidak mengganggu aktifitas kerjamu, pertimbangkanlah untuk mengganti komputer PC mu dengan laptop saja.

5. Meminimalisasi Penggunaan Barang Elektronik yang Membutuhkan Daya Listrik Cukup Besar

Produk elektronik seperti rice cooker, dispenser, AC, mesin cuci, water heater, dan sebagainya, membutuhkan arus yang cukup tinggi ketika digunakan. Kamu bisa mengatur penggunaannya, misalnya dengan mencuci sekali atau dua kali seminggu, menyalakan rice cooker hanya saat akan makan, tidak lupa mematikan dispenser jika tidak memerlukan air panas, juga mematikan AC ketika akan pergi dalam waktu yang lama.

6. Memasak Nasi dengan menggunakan Air Panas

Cara ini berhubungan dengan 15 tips hemat listrik token/prabayar yang sebelumnya kamu baca. Selain hanya menyalakan rice cooker ketika akan makan, kamu juga bisa menerapkan kebiasaan memasak nasi dengan air panas, bukannya air dingin. Tips ini sangat membantu proses memasak nasi menjadi lebih cepat sehingga konsumsi arus listrik juga semakin sedikit.

7. Jangan Lupa Melepaskan Colokan Listrik Apabila Tidak Digunakan

Kebanyakan orang sering abai ketika selesai mengecas ponsel dengan membiarkan colokan charger tetap terpasang. Padahal, hal itu membuat arus listrik terus berjalan meski tidak digunakan. Begitu pula dengan modem internet yang dibiarkan menyala ketika tidak ada orang di rumah. Selain merupakan pemborosan listrik, kebiasaan seperti ini dapat merusak alat elektronik akibat terlalu panas.

8. Selalu Pasang Timer AC Sebelum Tidur

Mengingat AC merupakan barang elektronik yang menyerap daya listrik yang cukup tinggi, maka dengan mematikan AC di saat tidur bisa sangat menghemat beban listrik. Sebelum tidur, buat pengaturan timer AC agar tidak lupa.

9. Tidak Perlu Menggunakan Pengering Pada Mesin Cuci Jika Cuaca Panas

Bila cuaca panas, pakaian yang dijemur di bawah sinar matahari akan mudah kering dalam waktu beberapa jam saja. Karena itu, kamu sebenarnya tidak harus mengeringkan pakaian dengan mesin jika bisa menjemur langsung tanpa membutuhkan arus listrik.

10. Memelihara Banyak Tanaman di Sekitar dan di Dalam Rumah

Selain menjadi koleksi yang indah, adanya tanaman di rumah ternyata juga membantu kamu menjalankan 15 tips hemat listrik token/prabayar! Tanaman hijau berpotensi menghasilkan oksigen sehingga membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk. Tentu dengan memiliki beberapa tanaman di rumah kamu, ruangan tidak akan terasa panas dan kamu tidak perlu terus-menerus menyalakan AC.

11. Mengganti Lampu Biasa dengan Lampu LED

Memang dari segi harga, lampu LED lebih mahal daripada lampu biasa. Namun, dari segi penggunaan daya listrik, lampu ini justru jauh lebih hemat dan terbukti lebih awet dan tahan lama. Maka dari itu, tidak salah juga jika kamu mengeluarkan jumlah uang yang lebih besar untuk penghematan jangka panjang.

12. Penggunaan Kulkas dengan Tepat Dapat Menghemat Listrik

Kulkas merupakan alat elektronik rumah tangga yang wajib hidup selama 24 jam. Meski demikian, kamu tetap bisa menghemat penggunaan arus listrik pada kulkas dengan beberapa cara.

  • Pertama, jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas dalam waktu berdekatan. Kompresor pada kulkas bekerja lebih berat ketika ada udara panas yang masuk dari luar.
  • Kedua, jangan menyimpan makanan dalam kondisi panas di dalam kulkas. Suhu panas dari makanan tersebut menjadikan mesin pendingin lebih ekstra bekerja menstabilkan suhu dingin pada kulkas.
  • Ketiga, selalu jaga kebersihan pada masing-masing kompartemen dalam kulkas dan jangan membuat kulkas terlalu penuh. Cara ini dapat membantu meringankan beban kerja mesin pada kulkas sehingga tidak menyedot arus listrik terlalu besar. 

13. Jangan Membeli Peralatan Elektronik yang Sebenarnya Tidak Dibutuhkan

Meski sedang ada diskon, jangan terlena untuk membeli barang elektronik yang pada dasarnya tidak terlalu diperlukan. Misalnya, lampu kelap-kelip, tv yang terlalu besar, terlalu banyak AC, kebanyakan lampu hias, dan sebagainya hanya untuk terlihat mewah atau juga hanya sekedar lapar mata.

14. Memasang Ventilasi Udara yang Baik dan Memadai

15 tips hemat listrik token/prabayar selanjutnya adalah pentingnya ventilasi udara. Ini memungkinkan cahaya dan udara segar bisa masuk ke seluruh ruangan di rumah sehingga penggunaan lampu, kipas angin, dan AC bisa dikurangi.

15. Menggunakan Listrik Token/ Prabayar Lebih Baik Ketimbang Pascabayar

Ini yang paling penting dari 15 tips hemat listrik token/prabayar. Dengan sistem listrik prabayar, kamu secara tidak langsung dituntut untuk berhemat dalam menggunakan peralatan elektronik agar token listrik tidak cepat habis. Berbeda dengan sistem pasca bayar yang mana kamu bebas memakai listrik terlebih dahulu dan akan ditagihkan di bulan depan.

Tags