Skip to content

15 Tips Agar Warnet Hemat Listrik agar Makin Cuan

featured-img

Setiap pemilik warnet tentu tahu tentang prinsip ekonomi yaitu modal sekecil-kecilnya dan untung sebesar-besarnya. Hal ini juga berlaku pada penggunaan listrik yang hemat. Mengurangi pemakaian listrik sama dengan meminimalisir pengeluaran biaya modal, dan pengaruhnya adalah pendapatan semakin maksimal.

Namun, kebanyakan orang mungkin berpikir, bagaimana bisa menghemat tagihan listrik dengan banyaknya komputer yang hampir setiap hari digunakan? Cermati 15 tips agar warnet hemat listrik berikut ini!

1. Melakukan Pembersihan Komputer Warnet Secara Rutin

Kelihatannya tips ini tidak berhubungan dengan penghematan listrik. Padahal sebenarnya dengan rajin membersihkan bagian-bagian komputer bertujuan agar komputer tidak gampang overheat. Komputer yang mudah panas berarti bekerja lebih berat dan menyedot arus listrik lebih banyak.

Selain itu, dengan rajin membersihkan perangkat komputer terutama bagian dalam PC dan kipas, membuat komputer menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak akibat penumpukan debu dan kotoran. Kalau komputer terawat, pengeluaran juga lebih hemat.

2. Utamakan Membeli Perangkat Hardware yang Hemat Listrik

Meski harganya kemungkinan akan lebih mahal dibandingkan dengan perangkat biasa, namun kamu bisa menghemat pengeluaran untuk jangka panjang. Berapa jumlah komputer yang kamu gunakan dalam satu warnet? Jika semua perangkat tersebut boros listrik, bisa kamu bayangkan betapa besar tagihan listrik yang akan dibayar setiap bulannya.

3. Ganti Harddisk Tipe Standar menjadi Tipe SSD

SSD merupakan flashdisk namun dengan ukuran yang lebih besar. Perangkat ini tidak memiliki komponen mekanikal bergerak sehingga cara kerjanya lebih cepat ketimbang harddisk tipe standar. Dengan performa yang lebih tinggi ini, memungkinkan komputer bekerja lebih mudah dan efisien tanpa boros listrik.

4. Memasang Antivirus yang Bagus dan Scan Virus Secara Berkala

15 tips agar warnet hemat listrik selanjutnya adalah menginstal antivirus yang bermutu pada komputer. Perangkat elektronik yang satu ini memang sangat mudah terinfeksi virus, terlebih lagi pada komputer warnet yang digunakan oleh berbagai macam orang secara bergantian.

Ada banyak jenis virus yang sering ditemukan pada PC, seperti malware, adware, spyware, dan lain sebagainya yang bisa merusak perangkat hardware dan software pada komputer secara perlahan.

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya gunakan antivirus jenis premium atau berbayar.

5. Jangan Menginstal Program Atau Game Terlalu Banyak

Komputer yang berisi terlalu banyak program atau game akan bekerja lebih lambat, bahkan sering eror. Akibatnya, kamu terpaksa merestart komputer secara berulang-ulang dan akhirnya menyedot arus listrik lebih banyak.

Berhubung komputer warnet digunakan oleh banyak orang, bisa jadi akan ada banyak program atau game baru yang diinstal dan diunduh. Oleh sebab itu, kamu perlu memeriksa lebih rutin untuk membuang program dan game yang tidak dibutuhkan lagi.

6. Lebih Baik Tidak Menggunakan Aksesoris yang Berlampu Atau Menyala-nyala

Salah satu dari 15 tips agar warnet hemat listrik ini umumnya berlaku ketika memilih keyboard, casing PC, mouse, dan speaker.  Kebanyakan orang membeli perangkat yang berlampu atau bernyala-nyala agar terlihat modern, keren, dan pro. Aksesoris demikian membutuhkan daya listrik yang lebih tinggi padahal tidak menambah kegunaan dan fungsinya sama sekali.

7. Menghidupkan AC Sesuai kebutuhan

Penggunaan AC pada warnet adalah hal yang baik, karena dapat mencegah komputer agar tidak overheat serta membuat para pelanggan menjadi nyaman karena ruangan terasa sejuk.

Tetapi, kamu juga harus tahu penggunaannya dengan tepat sesuai kebutuhan. Misalnya, jika kamu memasang beberapa AC, kamu mungkin tidak perlu menyalakan semuanya jika kondisi warnet sedang sepi pengunjung. Atau bisa juga dengan mengatur suhu AC agar tidak terlalu rendah sehingga lebih hemat listrik.

8. Untuk Warnet dengan fasilitas AC, Pintu Harus Selalu Ditutup dengan Rapat

Pintu yang terbuka dapat menyebabkan target suhu dingin pada ruangan tidak akan optimal, sehingga AC akan bekerja terus-menerus dan pada akhirnya menyedot banyak arus listrik. Dalam 15 tips agar warnet hemat listrik ini kamu dianjurkan untuk menggunakan penutup pintu otomatis dan bisa juga memasang pengingat berbentuk tulisan yang di tempel pada pintu agar tidak lupa menutup pintu kembali ketika membukanya.

9. Membersihkan dan Melakukan Service AC Secara Rutin

Sama halnya dengan komputer, AC juga membutuhkan perawatan dan pembersihan secara berkala. Debu dan kotoran yang menempel di bagian dalam AC membuat beban kerja mesin semakin berat dan bisa menyebabkan AC cepat rusak.

Jadi, luangkanlah waktu secara rutin untuk membersihkan ruangan dan juga AC untuk mencegah debu yang menumpuk. Pelanggan juga pasti merasa lebih nyaman berada di warnet kamu.

10. Nyalakan Komputer Hanya Pada Saat Akan Digunakan Saja

Untuk apa menghidupkan PC jika belum ada pelanggan yang akan menggunakannya? Tentu itu merupakan suatu pemborosan. Atau di jam-jam yang ramai pengunjung, kamu bisa mengatur komputer yang sudah selesai digunakan pada mode standby yakni kondisi layar mati.

11. Membuang File yang Tidak Perlu dan Gunakan CCleaner

Karena komputer digunakan oleh umum, tentu akan banyak file yang disimpan, didownload baik itu dokumen, gambar, dan sebagainya. Jika dibiarkan terus-menerus tersimpan di dalam PC, kinerja PC akan lebih berat bahkan bisa jadi terdapat virus di antara file tersebut.

Kamu bisa memakai CCleaner untuk membersihkan file, cookies, dan cache tersebut dengan instan.

12. Memakai Headset Lebih Hemat Listrik Ketimbang Speaker

Dua manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan speaker adalah daya listrik lebih irit dan suasana warnet akan lebih tenang dan nyaman. Berbeda jika menggunakan speaker di mana kondisi warnet akan cenderung bising dan terasa pengap akibat banyaknya suara.

Di sisi lain, kamu harus rajin membersihkan headset dari keringat yang menempel karena pasti terdapat banyak kuman dan bakteri.

13. Pilih Lampu yang Tepat dan Sesuaikan dengan Kondisi Warnet

Jika pengunjung kamu mayoritas adalah pemain game, biasanya akan lebih nyaman dengan ruangan yang tidak terlalu terang. Ruangan warnet yang sedikit remang justru membantu mereka lebih fokus saat bermain game. Jadi, kamu tidak perlu memasang lampu terlalu banyak apalagi dengan watt yang tinggi. 

14. Memilih Jenis Lampu LED

Supaya tujuan 15 tips agar warnet hemat listrik dapat tercapai, gunakanlah jenis lampu LED. Lampu LED sudah didesain low-watt, jadi penggunaan listriknya lebih irit dibandingkan lampu biasa, tetapi cahayanya tetap terang.

15. Ventilasi Udara yang Memadai Pada Masing-Masing Komputer

Yang terakhir dari 15 tips agar warnet hemat listrik yaitu hindari meletakkan perangkat komputer terlalu rapat ke dinding juga pastikan jarak yang cukup antara perangkat lainnya. Tujuannya agar sirkulasi udara pada PC dapat berjalan lancar sehingga mencegah PC cepat panas atau overheat.

Jadi, pertimbangkanlah luas ruangan warnet kamu dengan jumlah komputer yang akan kamu gunakan. 

Tags