Skip to content

Cara Cepat Bayar Tagihan Listrik di ATM CIMB Niaga!

featured-img

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya energi, PT PLN Persero telah menghasilkan berbagai macam inovasi dan kemajuan yang bermanfaat sejak pertama kali berdiri beberapa puluh tahun lalu.

Salah satu sistem baru yang patut kita apresiasi adalah sistem pembayaran tagihan listrik PLN yang sudah jauh lebih mudah. Saat ini kamu tidak perlu repot-repot pergi ke loket PLN untuk membayar tagihan listrik.

Kamu bisa melakukan pembayaran dengan berbagai bank yang bekerja sama dengan PT PLN Persero. Salah satunya adalah cara bayar tagihan listrik di ATM CIMB Niaga! Mau tau caranya? Simak langsung ulasannya di bawah ini!


Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar di ATM CIMB Niaga

meter listrik

Saat ini kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran listrik pascabayar di ATM CIMB Niaga. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Cari ATM CIMB Niaga terdekat.
  2. Masukkan kartu dan PIN-nya.
  3. Pilih bahasa yang nyaman untuk kamu gunakan dan kemudian masuklah ke dalam menu pembayaran. Tergantung dari jenis mesin ATM yang kamu gunakan saat itu, ada beberapa cara untuk bisa masuk ke dalam menu pembayaran listrik. Cara tersebut diantaranya adalah:
    • Pertama kamu bisa masuk ke dalam menu Pembayaran atau Pembelian dilanjutkan dengan memasuki submenu PLN. Terakhir kamu kembali bisa memilih submenu PLN Postpaid ataupun PLN Pascabayar.
    • Cara kedua adalah dengan langsung masuk ke dalam menu Pembayaran PLN dan dilanjutkan dengan memasuki submenu pembayaran PLN Postpaid ataupun PLN Pascabayar.
    • Cara terakhir yang barangkali cukup sulit ditemui adalah dengan langsung masuk ke dalam menu Pembayaran PLN Postpaid.
  4. Masukkan 12 digit ID pelanggan yang tertera di meteran listrikmu.
  5. Setelah kamu memasukkan 12 digit tersebut dengan benar, kamu bisa langsung tekan Ya ataupun Benar. Lalu, ATM akan menampilkan jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.
  6. Konfirmasi dengan melihat data-data yang ditampilkan di mesin ATM. Bila data-data tersebut sudah sesuai kamu bisa langsung melakukan pembayaran dengan cara menekan Ya atau Benar.
  7. Tunggulah beberapa saat untuk mesin melakukan pemrosesan transaksi yang kamu lakukan.
  8. Setelah itu mesin akan mencetak resi atau struk pembayaran.
  9. Keluarkan kartu ATM.

Cara Bayar Tagihan Listrik Prabayar di ATM CIMB Niaga

Token listrik PLN

Sebelum kamu membaca beberapa langkah pembayaran listrik prabayar, ada baiknya kami memberikan penjelasan singkat mengenai token listrik.

Sebagaimana namanya, sistem listrik prabayar ini tidak mengenal istilah tagihan listrik melainkan istilah token listrik ataupun pulsa listrik. Dengan sistem token ini kamu diharuskan membeli sejumlah deposit token untuk dikonversi menjadi listrik. Sistemnya sama persis dengan sistem kartu SIM ponsel prabayar.

Nah langkah-langkah detil cara bayar tagihan listrik di ATM CIMB Niaga untuk kamu yang memanfaatkan layanan listrik prabayar adalah sebagai berikut:

  1. Cari ATM CIMB Niaga terdekat.
  2. Masukkan kartu dan PIN-nya.
  3. Pilih bahasa yang nyaman untuk kamu gunakan dan kemudian masuklah ke dalam menu pembayaran. Tergantung dari jenis mesin ATM yang kamu gunakan saat itu, ada beberapa cara untuk bisa masuk ke dalam menu pembayaran listrik. Cara tersebut diantaranya adalah:
    • Pertama kamu bisa masuk ke dalam menu Pembayaran atau Pembelian dilanjutkan dengan memasuki submenu PLN. Terakhir kamu kembali bisa memilih submenu PLN Prepaid ataupun PLN Prabayar.
    • Cara kedua adalah dengan langsung masuk ke dalam menu Pembayaran PLN dan dilanjutkan dengan memasuki submenu pembayaran PLN Prepaid ataupun PLN Prabayar.
    • Cara terakhir yang barangkali cukup sulit ditemui adalah dengan langsung masuk ke dalam menu Pembelian Token Listrik.
  4. Masukkan 12 digit ID pelanggan yang tertera di meteran listrikmu.
  5. Setelah kamu memasukkan 12 digit tersebut dengan benar, kamu bisa langsung tekan Ya ataupun Benar. Setelah itu secara otomatis mesin ATM akan menampilkan nominal pulsa yang bisa kamu pilih untuk top up listrik rumahmu. Adapun nominal yang disediakan adalah:
    • Rp 20.000,-
    • Rp 50.000,-
    • Rp 100.000,-
    • Rp 200.000,-
    • Rp 500.000,-
    • Rp 1.000.000,-
  6. Setelah menentukan nilai pulsa yang ingin kamu beli, cukup tekan nominal tersebut dan tekan Ya atau Benar.
  7. Bila data-data tersebut sudah sesuai, kamu bisa langsung melakukan pembayaran dengan cara menekan Ya atau Benar.
  8. Jangan lupa bahwa biaya token listrik yang harus kamu bayarkan akan ditambahkan dengan biaya administrasi untuk pihak bank. Tunggulah beberapa saat untuk mesin melakukan pemrosesan transaksi yang kamu lakukan.
  9. Setelah itu mesin akan mencetak resi atau struk pembayaran. Ambillah struk tersebut dan simpan untuk melakukan top up. Karena kamu harus memasukkan 20 digit nomor unik yang terdapat di dalam struk pembayaran tersebut ke dalam meteran listrikmu.
  10. Keluarkan kartu dari ATM.

Itulah kedua cara bayar tagihan listrik untuk pelanggan pascabayar atau prabayar di ATM CIMB Niaga. Semoga informasi ini bisa berguna untukmu, ya!

Tags