Skip to content

15 Tips Agar Komputer Hemat Listrik, Jamin Irit!

featured-img

15 Tips Agar Komputer Hemat Listrik, Jamin Irit!

Salah satu penyebab tagihan listrik membengkak pada umumnya adalah penggunaan komputer di rumah dalam jangka waktu yang lama. Jika kamu merupakan seorang pekerja yang mewajibkan menggunakan komputer setiap harinya, tentu akan sulit mengurangi beban listrik. Apalagi jika kamu adalah seorang pengusaha warnet, sudah pasti setiap hari wajib menyalakan semua komputer bahkan hampir selama 24 jam.

15 tips agar komputer hemat listrik berikut ini kemungkinan besar bisa membantu kamu mengurangi beban tagihan listrik, namun tetap bisa menggunakan komputer setiap hari tanpa mengganggu aktifitas kerjamu. 

1. Menggunakan Perangkat yang Hemat Listrik dan Ramah Lingkungan

Langkah awal dari 15 tips agar komputer hemat listrik adalah dengan membeli perangkat komputer yang memang sudah didesain ramah lingkungan. Karena jenis perangkat seperti ini pada umumnya tidak membutuhkan daya listrik yang besar karena memang dirancang agar hemat energi.

Tentunya, kamu harus menyesuaikan jenis hardware yang akan kamu gunakan dengan kebutuhanmu atau tujuan usaha warnet kamu. Yang pasti, semakin tinggi spesifikasi komputer yang kamu pilih, maka konsumsi daya listrik juga akan semakin besar.

2. Pengaturan Penggunaan Komputer Sesuai Kebutuhan

Hemat atau tidaknya listrik di rumah bergantung besar pada bagaimana kamu mengatur penggunaan komputer. Sebaiknya kamu menyalakan komputer hanya pada saat memang akan menggunakan perangkat tersebut, dan juga mematikannya sesaat setelah selesai menggunakannya. Atau kamu bisa mengatur ke dalam mode sleep maupun standby jika perangkat sudah tidak digunakan selama 15 menit.

3. Hindari Menggunakan Aksesoris Komputer yang Boros Listrik

Beberapa orang seringkali membeli aksesoris komputer dengan lampu LED atau bernyala-nyala dengan tujuan membuat tampilan PC mereka semakin canggih. Tetapi sebenarnya, aksesoris demikian memakan daya listrik lebih banyak dari kebutuhan listrik dasarnya.

4. Memakai Laptop Lebih Hemat Listrik Ketimbang Komputer

Komputer terdiri dari beberapa perangkat yang masing-masing membutuhkan konsumsi daya listrik sehingga satu komputer membutuhkan daya yang cukup besar. Sedangkan penggunaan laptop lebih irit dari segi daya listrik.

Di sisi lain, spesifikasi komputer lebih tahan banting jika digunakan setiap hari dibandingkan dengan laptop. Jadi, kembali pada tujuan aktifitas kerjamu sehari-hari.

5. Selalu Menutup Ruangan dengan Rapat Jika Menggunakan AC

Ingatlah untuk selalu menutup pintu dengan rapat setiap kali kamu keluar-masuk ruangan. Demikian pula jika kamu memiliki usaha warnet yang dilengkapi dengan fasilitas AC, kamu mungkin bisa menempel tulisan berisi himbauan untuk selalu menutup pintu dengan rapat di bagian depan dan belakang pintu.

Celah pada pintu yang menyebabkan keluar masuk suhu udara yang  panas membuat AC bekerja lebih berat untuk mengeluarkan udara dingin sehingga menyedot arus listrik.

6. Menggunakan Harddisk Jenis SSD 

Harddisk standar bawaan memiliki perangkat komponen yang bergerak yang membutuhkan arus lebih banyak ketimbang harddisk jenis SSD. Kinerja harddisk jenis SSD juga lebih cepat dan lebih efisien sehingga pekerjaan kamu akan lebih terbantu.

7. Rutin Menjaga Kebersihan Bagian Internal Perangkat Komputer

Bagian internal perangkat komputer, terutama CPU, sangat mudah berdebu yang apabila dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan komputer menjadi overheating / terlalu panas. Pada akhirnya, komputer menjadi boros listrik.

Karena itu selalu rutin membersihkan bagian demi bagian perangkat merupakan salah satu dari 15 tips agar komputer hemat listrik.

8. Tidak Menghidupkan Semua Komputer Jika Pengunjung Warnet Sedikit

Jika kamu memiliki komputer dalam jumlah yang cukup banyak, nyalakan perangkat hanya ketika ada pelanggan warnet yang akan menggunakannya.

Memang pada umumnya, komputer perlu dinyalakan setidaknya sekali setiap hari atau disebut dengan istilah memanaskan mesin komputer. Namun, setelahnya, kamu bisa mematikan PC atau mengatur pada kondisi standby dengan posisi layar mati.

9. Meminimalisasi Program dan Game yang Diinstal Pada Komputer

Beberapa program yang terdapat di Windows umumnya sudah otomatis terinstal , padahal program tersebut belum tentu akan digunakan. Bahkan, beberapa program seringkali tidak pernah digunakan sama sekali.

15 tips agar komputer hemat listrik adalah dengan memeriksa kembali program-program di komputer kamu dan uninstall yang tidak dibutuhkan. Terlalu banyak program membuat komputer bekerja lebih berat, cepat panas, dan performanya juga semakin menurun.

10. Menggunakan Headset Lebih Hemat Listrik Dibandingkan dengan Speaker

Meski kelihatannya sepele, namun saran pada 15 tips agar komputer hemat listrik yang satu ini kenyataannya memang membuat listrik lebih hemat. Selain itu, dengan menggunakan headset, ruangan menjadi lebih tenang dan nyaman sehingga tidak akan membuat orang lain di sekitar menjadi terganggu.

Namun, ini juga berarti kamu harus rutin membersihkan headset dari keringat yang menempel dan bisa menyebabkan bakteri dan kuman bertumpuk.

11. Membuat Ventilasi Udara yang Lancar Jika Tidak Menggunakan AC

Beberapa orang hanya menggunakan kipas angin sebagai penyejuk ruangan karena lebih murah biayanya. Jika demikian, buatlah ventilasi yang memadai agar pertukaran udara tetap lancar.

Ventilasi udara sebaiknya berada minimal pada dua sisi ruangan dan tidak terlalu kecil. Kamu juga harus lebih sering membersihkan ruangan karena debu pasti lebih mudah masuk.

12. Membuat Jadwal Rutin Membersihkan Komputer dari Virus dan Malware

Ini juga tidak boleh kamu abaikan jika ingin melakukan 15 tips agar komputer hemat listrik. Sama seperti tubuh kita, komputer yang sudah terinfeksi virus bekerja lebih berat dan ujung-ujungnya menyebabkan pemborosan listrik.

Jika Memungkinkan, belilah antivirus berjenis premium, bukan sekedar memakai yang gratisan agar performanya lebih maksimal dan perangkat lebih terjaga keamanannya.

13. Selalu Menyalakan AC Seperlunya

Jika kamu memasang beberapa AC dalam satu ruangan warnet, saran dari 15 tips agar komputer hemat listrik ini tentu perlu. Pertimbangkan untuk tidak menyalakan semua AC apabila pengunjung warnet tidak begitu ramai atau jika udara memang sedang dalam kondisi dingin misalnya di malam hari atau ketika hujan deras.

Selain daya listrik menjadi lebih hemat, orang-orang di dalam ruangan juga bisa tetap nyaman karena tidak kedinginan.

14. Perawatan AC Secara Rutin Juga Mengurangi Beban Daya Listrik

Selain komputer, AC juga membutuhkan perawatan, misalnya membersihkan bagian dalam AC atau service rutin lainnya minimal 6 bulan sekali. 

Debu-debu di sekitar ruangan pada waktu menyapu atau membuka pintu dan jendela, bisa menyebabkan kinerja AC menurun apabila dibiarkan bertumpuk sehingga menyedot banyak arus listrik karena harus bekerja lebih berat.

15. Menghapus File yang Tidak Dibutuhkan Lagi dan Melakukan Defragmentation

Langkah terakhir dalam 15 tips agar komputer hemat listrik yaitu membersihkan dan membuang file-file yang tidak dibutuhkan lagi secara teratur.

Komputer yang digunakan hampir setiap hari pasti menyebabkan banyak cache, cookies dan penumpukan file seperti gambar maupun dokumen. Kamu bisa menggunakan CCleaner untuk membersihkannya dengan praktis.

Tags