Skip to content

15 Tips Hemat Listrik AC tapi Tetap Sejuk

featured-img

15 tips hemat listrik AC adalah informasi tentang penggunaan AC yang benar sehingga kamu bisa menggunakan AC setiap hari dengan nyaman tanpa membuat tagihan listrik membengkak setiap bulannya.

Dengan kondisi cuaca yang panas seperti sekarang ini, AC pastilah sangat dibutuhkan terutama di ruangan kerja, kamar, bahkan juga ruang tamu. Namun, di sisi lain, barang elektronik yang satu ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar sekitar 225 – 920 watt sehingga tentunya berpengaruh pada tagihan listrik, apalagi jika kamu memasang beberapa AC di rumah.

Tetapi, jangan khawatir, dengan 15 tips hemat listrik AC berikut ini, kamu bisa menghemat daya listrik AC yang kamu gunakan sekaligus menjaga AC tetap awet dan terawat!

1. Sesuaikan Jenis AC dengan Luas Ruangan

Pastikan kamu membeli AC dengan PK yang sesuai dengan luas ruangan yang akan kamu pasang AC. Untuk ruangan yang cukup luas, jangan memilih AC dengan PK yang terlalu rendah, karena kompresor AC akan bekerja terus menerus untuk dapat mendinginkan seluruh ruangan.

2. Memilih AC dengan Teknologi Hemat Daya

Dengan teknologi canggih seperti sekarang ini, tentu sudah banyak produk AC yang memang didesain dengan fitur hemat energi. Biasanya pada AC jenis ini sudah ditempel dengan stiker yang menunjukkan bahwa kulkas tersebut hemat daya listrik. Atau, kamu bisa membaca dengan teliti pada keterangan di brosur produk sebelum membeli.

3. Pastikan Kamu Memilih AC yang Dilengkapi dengan Fitur Inverter

AC yang tidak dilengkapi dengan inverter cenderung bekerja lebih berat dan akhirnya menyebabkan pemborosan listrik. Fungsi inverter pada AC adalah sebagai kompresor yang berfungsi menstabilkan udara dingin pada ruangan dengan penggunaan listrik yang efisien. Dengan fitur ini, AC menjadi hemat listrik hingga 30%. 

Cara kerja mesin ini juga sangat fleksibel, yaitu secara otomatis menyesuaikan kondisi di dalam ruangan. Ketika udara sudah dingin, kompresor ini tidak akan bekerja, sehingga umumnya fitur inverter hanya perlu beroperasi secara normal pada siang hari, sebaliknya bekerja secara minimal pada malam hari.

4. Tutup Ruangan dengan Rapat Ketika AC Dinyalakan

15 tips hemat listrik AC yang satu ini hampir setiap pengguna AC sudah mengetahuinya. Namun, justru masih sering diabaikan. Pentingnya menutup rapat ruangan pada waktu menyalakan AC bahkan termasuk jendela, tujuannya adalah agar udara yang keluar dari AC tidak menyebar ke luar ruangan. 

Sirkulasi udara tersebut membuat udara dingin di dalam ruangan tidak akan pernah optimal dan kompresor AC akan terus bekerja secara maksimal untuk mendinginkan ruangan.

5. Jangan Terlalu Sering Mematikan dan Menghidupkan AC dalam Waktu Berdekatan

Bagi kamu yang belum membaca 15 tips hemat listrik AC ini, mungkin seringkali mematikan AC jika meninggalkan ruangan sebentar, misalnya ketika ingin ke toilet atau ke dapur, dengan harapan saat AC dimatikan, maka daya listrik juga tidak akan terus tersedot.

Memang, AC akan berhenti bekerja. Namun, kebiasaan seperti itu justru membuat listrik menjadi boros. Mengapa? Karena AC membutuhkan daya listrik yang cukup besar pada awal dinyalakan. Daya yang dibutuhkan mencapai 20 hingga 30% lebih tinggi dan akan berangsur menurun hingga mesin bekerja dengan stabil. Jadi lebih boros listrik, bukan?

Jadi, jika kamu akan meninggalkan ruangan hanya beberapa menit saja, biarkan saja AC tetap hidup agar listrik lebih irit.

6. Perhatikan Suhu AC yang Tepat dan Tidak Berlebihan

Menyalakan AC dengan suhu terendah misalnya pada 16 derajat dan mengaktifkan fitur lainnya secara bersamaan dengan tujuan agar udara dingin maksimal membuat mesin AC bekerja sangat keras dan menarik arus listrik dengan kencang juga.

Setelan suhu remote AC pada dasarnya hanya memberi sinyal pada mesin untuk mencapai target suhu yang diinginkan. Ketika AC sudah mendeteksi suhu ruangan sudah tercapai, secara otomatis kompresor akan beristirahat atau berada pada posisi standby dan sedotan listrik pun akan berkurang.

Jadi, ketika kamu mengatur suhu pada 16 derajat, kemudian saat kedinginan, mengubah lagi menjadi 24 atau 26 derajat, maka kompresor akan terus bekerja. 

Pengaturan suhu AC yang disarankan adalah pada 22-24 derajat celcius. Kamu bisa menyalakan AC terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelum memasuki ruangan agar ketika kamu masuk, ruangan sudah terasa sejuk.

7. Nyalakan AC dengan Mode Dry Saat Cuaca Dingin

Saat sedang hujan, udara sebenarnya sudah terasa dingin dan lembab. Namun,jika kamu memang tetap membutuhkan AC, ubah pengaturan ke mode dry, sebaliknya daripada menggunakan mode cool. Fitur ini berfungsi menjaga kestabilan kelembaban udara sehingga tetap terasa sejuk dan tidak gerah.

Mode dry ini juga secara otomatis akan berganti menjadi mode berangin ketika udara sudah terasa mulai kering tanpa membuat kompresor AC kembali bekerja.

8. Membeli AC yang Dilengkapi Sensor Gerak atau Sensor Manusia

Fitur canggih berupa teknologi sensor ini sangat berguna dalam menghemat listrik. Mesin AC dapat bekerja lebih fleksibel dengan menurunkan beban kerja ketika mendeteksi tidak adanya manusia di dalam ruangan. Jadi, kamu tidak perlu menghidup-matikan AC.

9. Jangan Lupa Memasang Timer AC Ketika Tidur

Mengaktifkan timer pada AC bisa menghemat penggunaan arus listrik sekaligus akan membuat tidurmu lebih nyaman karena terhindar dari terbangun tengah malam akibat kedinginan, sebab AC akan mati dengan sendirinya.

10. Mencegah Sinar Matahari Masuk Ketika AC Dalam Kondisi menyala

Jangan biarkan sengatan sinar matahari yang panas terutama di siang hari masuk melalui jendela yang terbuka tirainya. Ini bisa menyebabkan suhu udara dalam ruangan tidak akan terasa dingin dan beban kerja AC semakin berat.

Gunakan gorden jendela yang cukup tebal agar cahaya matahari tidak bisa menembus masuk. 

11. Jangan Mengaktifkan Mode Fan Speed di Level Tertinggi

Pengaturan mode fan speed pada level paling tinggi berpengaruh pada cara kerja kompresor sehingga menjadi lebih berat dan lebih boros listrik. Saran dari 15 tips hemat listrik AC adalah menggunakan mode auto atau fan speed dengan level di pertengahan.

12.  Hindari Menghidupkan AC Sesaat Setelah Baru Saja Dihidupkan

Kebiasaan ini tidak hanya membuat listrik menjadi boros, tetapi juga bisa menyebabkan AC mudah rusak. Ketika AC yang baru saja dimatikan tiba-tiba dinyalakan kembali, Freon dan oli mesin sebenarnya belum kembali secara utuh pada kompresor sehingga berujung pada kerusakan.

13. Jika Kamu Menggunakan AC Pada Waktu Tidur, Jangan Lupa Memasang Mode Sleep

Suhu ruangan akan berangsur dingin setelah beberapa waktu kemudian. Oleh sebab itu, memasang mode Sleep pada AC ketika tidur akan membuat AC ikut beristirahat.

14. Service Rutin AC Minimal Setiap 3 Bulan

Agar tetap terawat dan bisa berfungsi maksimal, AC membutuhkan perawatan , misalnya Freon yang perlu diisi ulang atau membersihkan AC dari kotoran dan debu yang menumpuk akibat sirkulasi setiap hari.

15. Menjaga Kebersihan Ruangan 

Kebersihan ruangan juga termasuk pada 15 tips hemat listrik AC karena ruangan yang penuh debu akan menyebabkan bagian dalam AC juga cepat kotor dan beban kerja lebih berat. Daya listrik lebih boros dan AC jadi cepat rusak.

Tags