Skip to content

Memilih Server Pulsa Terbaik sebagai Partner Usaha Anda

featured-img

Menjadi agen PPOB (Payment Point Online Bank) dan jualan pulsa memang sudah jadi usaha sampingan untuk menambah penghasilan yang bisa dilakukan siapapun dari berbagai macam kalangan. Selain karena produknya sudah menjadi bagian dari kebutuhan, agen PPOB juga punya target market yang cukup menjanjikan.

Namun, minat saja tidak cukup. Untuk jadi agen PPOB profesional, Anda harus memilih server yang aman dan terjamin mutunya. Hal-hal yang biasanya menjadi pertimbangan agen adalah dari segi harga produk, kelengkapan produk, hingga Customer Service.

Apa Itu Server Pulsa?

Server pulsa adalah perangkat komputer (hardware) yang dilengkapi dengan jaringan-jaringan seluruh penyedia pulsa dari masing-masing operator (Indosat, XL, Telkomsel, dan masih banyak lagi). Server pulsa menjadi penghubung antara provider dengan agen atau counter pulsa.

Cara Kerja Server Pulsa

Cara kerja server pulsa melibatkan banyak pihak, yaitu pembeli, penjual, dan distributor untuk setiap transaksinya.

Server pulsa akan berkerja ketika adanya permintaan atau pesanan dari pembeli dalam pengisian pulsa. Selanjutnya pemesanan ini diterima oleh penjual dan dilakukan proses permintaan melalui server ke distributor. Kemudian distributor melalui sistem server tersebut memberikan atau menyalurkan produk yang dibutuhkan langsung ke nomor pembeli. 

Fungsi Server Pulsa

Server pulsa memiliki fungsi penting dalam meningkatkan ekosistem telekomunikasi. Fungsi pertama, sebagai penyedia layanan dalam pengisian pulsa atau paket data yang dibutuhkan pengguna telekomunikasi. Kemudian, server pulsa juga menjadi penghubung antara penyedia layanan (penjual) dengan pembeli. Dilengkapi dengan kecanggihan terkini, server pulsa memastikan jika setiap proses transaksi yang berlangsung akan berjalan kondusif.

Perangkat yang Diperlukan untuk Berbisnis Server Pulsa

Supaya bisnis server pulsa berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa parangkat yang dibutuhkan.

Laptop atau Komputer

Modal utama yang harus disiapkan adalah laptop atau seperangkat komputer yang lengkap. Adapun rincian yang harus dilengkapi adalah komputer dengan minimal duan core processor (Intel atau AMD). Selanjutnya untuk kapasitas ram minimal 1 GB lebih besar lebih baik. Sebab, server pulsa akan bekerja 24 jam non stop dan membutuhkan jenis komputer yang canggih. 

Modem

Selanjutnya modem menjadi perangkat penting untuk berbisnis server pulsa. Sebab, penyedia jasa ini biasanya menggunakan banyak ponsel dan modem berfungsi untuk membuat transaksi menjadi lebih cepat. Modem berfungsi sebagai penerima dan membalas pesan secara otomatis. Adapun beberapa jenis modem, yaitu modem single, modempool 8 port USB, 16 port, hingga 32 port USB.

Pajak Server Pulsa

Jika ingin berbisnis server pulsa, Anda harus melakukan pengurusan pajak agar bisnis tersebut tidak berdampak buruk dikemudian hari. Apa saja tahapannya?

Pajak Terutang

Sama dengan bisnis lainnya, pajak server pulsa terdiri dari PPN, PPh 21, PPh 23, dan PPh 25. Untuk mengurus semua pajak ini Anda harus mempersiapkan NPWP, tabungan, rekening koran, hingga laporan keuangan. Jika sudah terkumpul, dokumen diserahkan kepada konsultan pajak untuk dilakukan perhitungan pajak terutang. Selajutnya, penuhi kewajiban pajak dengan membayar sesuai besaran yang telah ditetapkan.

Salah satu agen PPOB yang baru merintis usaha ini adalah Ibu Roidah. Awalnya ia hanya menawarkan ke teman-teman sesama guru di sekolah tempatnya mengajar, tapi kini konsumennya meluas dan ia bisa melakukan minimal 8 transaksi dalam sehari dari pelanggan di sekitar lingkungannya.

“Pernah juga ada siswa kok. Beli pulsa yang Rp5.000-an, dari uang jajan katanya.” cerita Ibu Roidah. Ia juga tidak pernah khawatir akan kehilangan pelanggannya, karena ia menawarkan pulsa dengan harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan mini market di dekat rumahnya. Kini, Ibu Roidah bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda hanya dengan modal awal sebesar Rp100.000.

Tidak hanya pulsa yang menjadi produk terlaris dalam usaha Ibu Roidah. Banyak tetangga dan kerabat sekitar rumahnya yang melakukan pembelian, karena tidak jarang ia mengingatkan para tetangganya untuk melakukan pembayaran bulanan seperti iuran BPJS, tagihan Telkom, dan angsuran cicilan kendaraan bermotor.

Semua transaksi tersebut dilakukan langsung di aplikasi Alterra Bills yang di-install pada smartphonenya. 

Selama menjalankan usahanya, tentu Ibu Roidah pernah mendapatkan konsumen yang menanyakan nomor token listrik yang belum dikirimkan. Beruntung dia bergabung dengan Alterra Bills yang menyediakan layanan Customer Service 24 jam, “Cepat sekali tanggapannya, padahal cuma lewat chat.” imbuh Ibu Roidah.

Menjadi agen PPOB memang peluang usaha yang sangat menguntungkan, dan sekarang saatnya untuk Anda membuktikannya.

Jadi, tunggu apa lagi? Bergabung dengan Alterra Bills dan dapatkan segala kemudahan ada diujung jari Anda. Alterra Bills membuat Anda selangkah lebih maju!

Baca Juga : Tips Menghindari Penipuan Beli Pulsa Online

Tags