Skip to content

Mau Jadi Agen Pulsa? Simak Tipsnya di Sini!

featured-img

Sekarang, kamu bisa menjadi pengusaha dan membangun usahamu sendiri. Pengertian pengusaha juga tidak muluk-muluk, kamu bisa menjadi pengusaha kecil menengah misalnya dengan membuka toko kelontong, pedagang asongan, hingga jadi agen pulsa.

Di daerah terpencil, cara ini merupakan salah satu alternatif banyak orang untuk mencari nafkah, jika strateginya berhasil ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Nah, seperti yang sudah disebutkan, menjadi agen pulsa juga menghadirkan keuntungan yang tidak sedikit. Jika kamu salah satunya yang tertarik menjadi agen pulsa, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

Baca Juga : Jualan Pulsa Setelah Pensiun Tetap Untung! 


Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Jadi Agen Pulsa 

1. Buat Anggaran Modal

anggaran modal usaha

Kadang hal ini membuat pusing hampir semua wirausahawan, modal merupakan salah satu hal yang paling krusial saat kamu berencana untuk membuat bisnis, tak terkecuali dengan jadi agen pulsa. Pastikan bahwa kamu tak hanya membuat perkiraan, tetapi sudah membuat anggaran secara terperinci di awal bisnis.

Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup, ini akan berbahaya karena bisnis bisa berhenti di tengah jalan. Pinjaman terkadang bisa menjadi alternatif untuk kamu yang kekurangan modal.

Baca Juga : Apa Itu Biller Pulsa 

2. Ide dan Konsep Bisnis

konsep dan ide bisnis

Tentukan bisnis apa yang kamu ingin buat (misalnya jual pulsa online), lalu analisa apa yang dapat kamu lakukan untuk membedakan kamu dengan kompetitor dan lakukan survey apakah ide kamu ini akan mendatangkan profit.

Jika setelah diriset kamu kurang yakin dengan hasilnya, maka kamu harus menggali ide lain, pastikan ide kamu merupakan solusi atas semua masalah yang ada di masyarakat.

3. Timeline Bisnis

Faktor penting setelah kamu mendapatkan ide dan konsep yang jelas pada bisnis kamu adalah timeline bisnis.

Banyak wirausaha gagal karena tidak merencanakan hal ini sebelumnya misalnya apa saja rencana yang kamu akan lakukan setelah menjalankan bisnis ini? Siapa sajakah yang akan terlibat dalam bisnis kamu? Apa visi dan misi bisnismu? Siapa target dan di mana saja kamu akan menjalankan bisnis? Hal tersebut sudah seharusnya terencana dengan baik sebelum bisnis dijalankan.

Baca Juga : Tips Menghindari Penipuan Beli Pulsa Online! 

4. Target Market

Sebagai seorang calon pengusaha, kamu harus mengetahui siapa target market bisnis-mu, kenali demographic customer dengan melakukan market sizing.

Misalnya dengan menjual pulsa, kamu mentargetkan wanita dan pria sebagai targetnya. Tak hanya itu, kamu juga wajib menentukan range umur, status, sampai kesukaan target marketmu.

Dengan cara tersebut kamu akan lebih mengetahui siapa dan di mana saja kamu dapat melakukan promosi produk.


Kamu Tertarik Jadi Agen Pulsa, lalu Apa yang Harus Dilakukan?

Sekarang saatnya kamu mempersiapkan beberapa hal seperti, apa alasanmu ingin berjualan pulsa? Apakah hanya untuk mengisi waktu luang? Ingin menambah uang jajan? Atau bisnis pulsa ingin kamu jadikan sumber penghasilan utama kamu dan keluarga?

Semakin penting bisnis ini untuk kamu maka makin banyak upaya yang dapat kamu berikan, kamu juga akan semakin cermat mempersiapkan strategi bisnis. Apa saja yang harus dipersiapkan dan strategi apa aja yang harus lakukan? Mari kita bahas satu persatu.

1. Pilih Server Pulsa dengan Harga Murah 

server pulsa

Salah satu pertimbangan yang jadi tolak ukur saat membeli barang adalah harga, harga murah terkadang membuat siapapun buta.

Tetapi tidak disadari banyak orang tertipu oleh harga dan akhirnya mereka malah rugi banyak, banyak agen pulsa yang tergiur dengan harga yang ditawarkan tetapi mereka malah mendapatkan service yang mengecewakan, customer service yang tidak cepat menanggapi semua keluhan atau system pada proses transaksi yang sangat lambat yang menghambat perkembangan bisnis kamu.

2. Layanan Customer Service 24 Jam

menerima kritik dan keluhan pelanggan 24 jam

Banyak kasus customer kamu mengeluhkan pulsa atau paket data mereka tidak masuk di malam hari, sebagai agen kamu bertanggung jawab memberikan layanan terbaik tetapi ada beberapa hal yang mungkin kamu juga tidak ketahui terlebih jika ini menyangkut system.

Sebenarnya ini merupakan tanggung jawab agen dan pemilik layanan keagenan tersebut. Maka dari itu, pemilik layanan yang kamu pakai jasanya wajib memiliki customer service 24 jam untuk menangani keluhan apapun.

3. Proses Transaksi Mudah dan Cepat

the flash

Untuk menjaga performa operasional tetap bagus, selain layanan yang telah dituliskan di atas kamu juga memerlukan kecepatan setiap transaksi, kebutuhan akan pulsa biasanya mendesak jadi customer menginginkan pulsa yang dikirimkan itu dapat mereka terima secepatnya.

Kepuasan pelanggan adalah nilai berharga, ini merupakan poin penting mereka akan kembali lagi melakukan transaksi.

4. Jaringan

jaringan

Sebelum memilih server pulsa pastikan kamu menanyakan kepada contact person setiap agen apakah di daerah tertentu transaksi yang dilakukan tetap bisa dilakukan dan cepat?

Karena beberapa daerah hanya memiliki jaringan 2G yang sebenarnya sulit untuk membuat semua transaksi sukses. Maka dari itu, pastikan server pulsa Anda memiliki jaringan yang stabil.

Nah, itu dia tips dan cara jadi agen pulsa. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, ya!

Tags