Skip to content

Payment Facilitator: Layanan untuk Memudahkan Transaksi Bisnis

featured-img

Payment facilitator merupakan layanan pembayaran elektronik yang dapat digunakan perusahaan untuk proses transaksi menjadi lebih mudah.

Di Indonesia, payment facilitator sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk memudahkan dalam melakukan pembayaran kepada mitra bisnis ataupun pelanggan. Layanan pembayaran ini biasa ditemukan dalam bisnis e-commerce, marketplace, hingga aplikasi online

Dalam bisnis e-commerce, model payment facilitator ini digunakan untuk proses pembayaran antara penjual dan pelanggan sehingga transaksi yang dilakukan menjadi lebih mudah. Beda halnya untuk bisnis aplikasi online, payment facilitator ini biasa digunakan untuk mengirim atau menerima uang dan melakukan pembelian produk. 

Apa Itu Payment Facilitator?

Payment facilitator adalah pihak ketiga yang memfasilitasi proses pembayaran elektronik antara penjual dengan pembeli dalam suatu transaksi jual beli. Layanan ini bertanggung jawab untuk mengelola segala risiko pembayaran, termasuk pemantauan transaksi yang dapat mencegah terjadinya penipuan. 

Cara Kerja Payment Facilitator

Cara Kerja Payment Facilitator

Payment facilitator memiliki fungsi sebagai penyedia pembayaran online yang dapat memudahkan bisnis. Pasalnya, infrastruktur yang digunakan cukup mudah dan bisa digunakan di berbagai merchant. sistem kerja dari layanan ini dimulai dari proses pendaftaran hingga keberhasilannya pembayaran pelanggan kepada merchant. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini penjabarannya.

Baca juga: Memudahkan Transaksi Pelanggan dengan Biller Aggregator

Proses Pendaftaran

Setiap penjual atau merchant diwajibkan melakukan pendaftaran jika ingin menerima pembayaran online. Jangan khawatir karena proses pendaftaran ini cukup mudah dan cepat. 

Verifikasi Data

Selanjutnya payment facilitator akan melakukan verifikasi data dan memeriksa risiko-risiko terhadap riwayat kredit merchant tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kendala apapun yang bisa menghambat proses transaksi. 

Proses Pengaktifan

Setelah verifikasi berhasil, proses selanjutnya adalah mengaktifkan akun pembayaran pada merchant. Merchant akan diberikan server pendukung yang harus terintegrasi ke sistem pembayaran platform bisnisnya. 

Apa Itu Payment Facilitator?

Proses Penerimaan Tembayaran

Setelah aktif, merchant bisa menerima pembayaran dari pelanggan. Proses pembayaran oleh pelanggan diwajibkan untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti nomor kartu kredit, nama, dan lainnya.

Proses Transaksi

Jika semua informasi sudah benar, payment facilitator akan memproses transaksi transaksi hingga status berhasil.  Sebelum pembayaran masuk ke merchant, ada pengurangan biaya dan komisi untuk payment facilitator yang dilakukan secara otomatis. 

Baca juga: Billing System Permudah Penagihan Digital

Dalam proses transaksi hingga berhasil, payment facilitator akan memantau dan bertanggung jawab untuk menjaga transaksi tersebut. Layanan ini bisa mendeteksi jika adanya transaksi yang mencurigakan atau penipuan. 

Contoh Perusahaan Payment Facilitator

Contoh Perusahaan Payment Facilitator

Hingga saat ini sudah banyak perusahaan payment facilitator yang beroperasi di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Berikut ini beberapa perusahaan payment facilitator yang terkenal di kanca internasional.

PayPal 

Salah satu perusahaan multinasional ini berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat. PayPal termasuk payment facilitator yang menyediakan jasa transfer online lintas negara. PayPal termasuk payment facilitator yang banyak digunakan di Indonesia.

Stripe

Stripe adalah payment facilitator yang bermarkas di San Fransisco, Amerika Serikat. Stripe menyediakan sistem pembayaran yang dapat terintegrasi ke aplikasi digital melalui koneksi API. Keunggulannya, layanan ini dapat memudahkan pelanggan untuk menerima pembayaran dari luar negeri. Tidak hanya itu, Stripe memiliki produk sistem berlangganan, pembuatan kartu pembayaran hingga mampu memproteksi berbagai penipuan berbasis machine learning.

Braintree

Braintree adalah perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran melalui berbagai metode pembayaran, salah satunya kartu kredit. Braintree juga mendukung pembayaran melalui Bitcoin. 

Baca juga: Pahami Perbedaan Aggregator dengan Integrator untuk Bisnis

Payment facilitator sangat membantu keberlangsungan proses transaksi menjadi lebih mudah dan aman. Sebab, layanan ini mampu memantau semua transaksi dan mendeteksi jika ada kecurangan dan penipuan.

Produk Payment Facilitator yang Ada di Alterra Bills

Alterra Bills memiliki produk payment facilitator yang biasa disebut Digital Billing System. Produk ini sangat membantu bisnis Anda dalam melakukan penagihan dengan mudah dan cepat.

Digital Billing system berupa dashboard yang terintegrasi langsung ke penerbit tagihan dengan kanal pembayaran secara langsung untuk mengelola data penagihan sekaligus mendistribusikannya secara online.

Tags