Skip to content

Pahami Perbedaan Aggregator dengan Integrator untuk Bisnis

featured-img

Secara penamaan hampir sama, tapi aggregator dan integrator memiliki perbedaan yang signifikan, khususnya dalam konteks teknologi dan ekonomi. 

Bagi pebisnis, istilah aggregator sudah tidak asing lagi sebab, banyak yang memanfaatkan agregator untuk mengembangkan bisnis perusahaannya, khususnya dalam dunia digital Namun, berbeda dengan integrator. Ada yang masih kurang memahami peran dari integrator dalam bisnis. 

Sebelumnya, perlu dipahami jika aggregator dan integrator adalah dua hal yang berbeda, meskipun bisa dilakukan dalam skema bisnis yang sama. Supaya Anda lebih memahami dari kedua istilah tersebut, simak ulasannya berikut ini. 

Perbedaan Aggregator dengan Integrator

Perbedaan utama dari agregator dan integrator, terletak pada fungsi dan sistem yang diimplementasikan. Untuk lebih jelas dan paham mengenai kedua istilah ini, berikut ulasan selengkapnya.

Aggregator

Dirangkum dari berbagai sumber, aggregator adalah sebuah layanan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data, informasi, atau produk yang dibutuhkan dalam suatu tempat atau platform. Istilah aggregator berkembang sesuai dengan kebutuhannya, salah satunya bill payment aggregator. Secara artinya sama, tapi yang membedakan adalah segmentasi yang lebih spesifik. Bill payment aggregator digunakan untuk layanan dan produk digital tagihan yang dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online.

pemahaman integrator

Integrator

Integrator adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menggabungkan dua fungsi sistem yang berbeda menjadi satu kesatuan yang lebih lebih besar dan terkoordinir. Integrator sangat erat dengan teknologi khususnya, untuk perusahaan yang ingin mengintegrasikan sebuah sistem untuk mendapatkan hasil yang lebih efisien. 

Baca juga: Memudahkan Transaksi Pelanggan dengan Biller Aggregator

Peran Aggregator Pada Suatu Bisnis

Sebagai salah satu elemen penting untuk mengembangkan bisnis, berikut ini peran aggregator yang wajib diketahui.

Pengelolaan Bisnis Lebih Mudah

Agregator sudah sering digunakan oleh perusahaan karena terbukti dapat mempermudah dalam mengelola bisnis. Tidak hanya mempermudah saja, tetapi data yang dihasilkan jauh lebih efektif dibandingkan harus dilakukan secara manual. 

Segmentasi Pasar Luas

Agregator mampu membantu perusahaan untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Sebagai contoh, aggregator dapat mendistribusikan produk yang dibutuhkan masyarakat di platform bisnis Anda.

Meningkatkan Transaksi Penjualan

Hasil dari peran aggregator tidak lain untuk meningkatkan transaksi penjualan bisnis Anda. Sebab, agregator dapat memahami kebutuhan bisnis Anda supaya semakin berkembang.

Peran Aggregator Pada Suatu Bisnis

Peran Integrator Pada Suatu Bisnis

Selain aggregator, integrator juga memiliki peran penting untuk perkembangan suatu bisnis. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: 

Mempercepat Integrasi

Integrator menjadi pihak yang menjembatani untuk proses integrasi antara dua sistem yang berbeda sehingga menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, untuk biayanya pun menjadi lebih murah.

Memudahkan dalam Pencarian Data

Integrator dapat memberikan kemudahan perusahaan Anda dalam mencari data yang dibutuhkan. Sebab, semua sistem yang ada di perusahaan Anda sudah terintegrasi menjadi satu kesatuan secara terpadu. Oleh karena itu, data yang dibutuhkan akan lebih murah didapatkan.

Koordinasi Bisnis dengan Baik

Dikarenakan semua sistem menjadi satu kesatuan, dlow bisnis pun akan lebih terkoordinasi dengan baik. Semua transaksi ataupun kegiatan bisnis terdokumentasi secara menyeluruh. Jadi, Anda dapat memantaunya dengan mudah hanya dalam satu sistem. 

Contoh Perusahaan Aggregator den Integrator 

Contoh Perusahaan Aggregator den Integrator 

Alterra Bills menjadi salah satu contoh perusahaan yang bergerak dibidang aggregator dan integrator. Namun, segmentasi bisnis yang difokuskan adalah bill payment aggregator. Alterra Bills adalah perusahaan berbasis teknologi yang berfokus pada ekosistem pembayaran tagihan dan pengembangan teknis yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Bill Payment Aggregator

Sebagai agregator resmi, Alterra Bills memiliki berbagai pilihan layanan dan produk digital terlengkap yang dapat meningkatkan performa bisnis Anda. Tidak hanya itu, Alterra Bills juga memiliki layanan integrator yang dapat mengakomodir kebutuhan integrasi antara penerbit tagihan dan kanal pembayaran. 

Tags