Skip to content

Billing System Permudah Penagihan Digital

featured-img

Billing system menjadi solusi tepat untuk mengelola dan memudahkan proses penagihan kepada pelanggan atau nasabah perusahaan Anda

 

Salah satu faktor kesuksesan perusahaan adalah mampu membuat proses satu pekerjaan menjadi lebih cepat, mudah, dan efektif. Khususnya dalam sistem penagihan. Penagihan menjadi proses penting yang dilakukan secara rutin supaya ekosistem keuangan perusahaan berjalan stabil. 

Saat ini, proses penagihan tidak perlu lagi dilakukan secara manual, karena sudah ada penerapan sistem penagihan atau yang biasa disebut billing system secara digital. Umumnya, billing system berupa dashboard yang menyajikan semua informasi transaksi serta proses tagihan menjadi lebih mudah.

Apa Itu Billing System 

Billing system adalah kemudahan berupa perangkat lunak tambahan yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola tagihan, membuat faktur, hingga laporan keuangan. Sistem ini sering sekali digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan, seperti rumah sakit, supermarket, dan lainnya. 

Ada beberapa fungsi utama dari billing system, yaitu mencatat semua transaksi, dapat mengelola informasi pelanggan, membuat dan mengirimkan faktur tagihan, melacak seluruh transaksi dan tagihan, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Billing System 

Jenis-Jenis Billing System 

Setiap jenis billing system memiliki tingkat kompleksitas yang berbeda. Sebelum memilih untuk menggunakan sistem ini, ada baiknya Anda sesuaikan dulu dengan bisnis atau industri tertentu. Secara umum, terdapat empat jenis billing system yang paling banyak digunakan, yaitu sebagai berikut.

Baca juga: Pahami Tagihan Usaha untuk Bisnis Anda

Berbasis Langganan

Jenis billing system ini digunakan untuk menawarkan berbagai produk dan layanan berlangganan. Dikarenakan sifatnya berlangganan, sehingga proses pembayaran yang dilakukan, yaitu secara berkala. Sebagai contoh, perusahaan Anda memiliki program layanan musik berlangganan yang biasa dibayar setiap bulan dengan nominal tertentu.

Berbasis Penggunaan

SIstem yang biasa digunakan untuk proses penagihan sesuai banyaknya barang atau jasa yang digunakan. Sebagai contoh, perusahaan telekomunikasi melakukan tagihan kepada pelanggan yang menggunakan kartu pasca bayar. 

Khusus Perusahaan Pelayanan

Billing system yang digunakan penyedia layanan, salah satunya di bidang kesehatan. Meskipun, tujuannya sama, yaitu untuk melakukan penagihan, tapi ada beberapa fitur yang berbeda, yaitu mengelola penagihan pasien individu, BPJS, ataupun asuransi.

Khusus Perusahaan Utilitas

SIstem ini digunakan untuk perusahaan berbasis utilitas, seperti tagihan air, listrik, dan gas yang proses penghitungan dan biayanya berdasarkan seberapa besar penggunaan atau konsumsi dari pelanggan tersebut.

Fungsi Billing System

Pada pembahasan awal, sempat diinformasikan jika ada beberapa fungsi utama dari billing system. Untuk lebih jelas lagi dari masing-masing fungsi tersebut, berikut ini penjabarannya.

Baca juga: Cara Melakukan Penagihan Usaha secara Efektif

Mencatat Semua Transaksi

Billing system hadir untuk memudahkan semua proses transaksi, salah satunya Anda tidak perlu lagi mencatat semua transaksi pelanggan secara manual. Sebab, semuanya sudah otomatis terekam dalam dashboard tersebut. Jadi, Anda bisa langsung melihat history dari masing-masing pelanggan, secara lebih mudah dan efisien.

Fungsi Billing System

Mengelola Informasi Pelanggan

SIstem penagihan ini bisa membantu Anda dalam mengelola informasi pelanggan sesuai yang dibutuhkan. Sekalipun informasi tersebut sifatnya sensitif. 

Membuat dan Mengirimkan Faktur Tagihan 

Sesuai namanya, billing system ini memang bertujuan untuk membantu perusahaan Anda dalam mengelola tagihan, salah satunya dalam pembuatan dan pengiriman faktur tagihan secara otomatis. Sehingga, pelanggan akan cepat mendapatkan faktur tersebut dan pembayaran pun bisa dilakukan dengan maksimal. 

Meningkatkan Efisiensi

Adanya proses penagihan yang menggunakan sistem, tentu sangat membantu meningkatkan efisiensi perusahaan Anda karena seluruh proses pembayaran dan pengelolaan keuangan dilakukan dengan mudah dan cepat. Sehingga sumber daya bisa mengalokasikan waktunya untuk pekerjaan lain. 

Baca juga: Mudahkan Transaksi Pelanggan dengan Biller Aggregator

Jika suatu perusahaan sudah menggunakan billing system, artinya mereka sudah menemukan performa yang tepat untuk mengelola transaksi keuangan perusahaannya. Sebab, billing system memberikan kemudahan dan hasil yang lebih efektif. 

Permudah Penagihan dengan Digital Billing System di Alterra Bills

Aterra Bills memiliki layanan terbaik yang dapat memudahkan proses semua penagihan bisnis Anda hanya melalui satu dashboard siap pakai yang langsung terintegrasi antara penerbit tagihan dan kanal pembayaran dengan sebutan Digital Billing System.

Anda hanya perlu menyiapkan data tagihan yang ingin ditagihkan dalam satu file excel dengan format XLS/XLSX atau CSV. 

Tidak hanya memudahkan dalam proses penagihan saja, dashboard ini juga bisa digunakan untuk memberikan informasi perusahaan mengenai status pembayaran yang sudah dilakukan, expired pembayaran, hingga ID pelanggan. Sehingga perusahaan Anda bisa mendapatkan informasi semua transaksi hanya dalam satu dashboard.

Digital Billing System hadir untuk menyederhanakan proses tagihan perusahaan Anda kepada pelanggan dengan praktis dan aman. Integrasikan Digital Billing System bersama Alterra Bills

Tags