Skip to content

Memahami Produk Digital dan Keuntungannya

featured-img

Produk digital memudahkan proses transaksi jual beli menjadi lebih cepat, mudah, dan efektif. 

Produk digital memiliki bentuk yang paling fleksibel dan mudah didayagunakan. Perkembangan produk digital yang semakin pesat membuat permintaannya semakin banyak. Sebab, produk digital dijadikan sebagai peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk meraih keuntungan yang besar. 

Mengenal Produk Digital

Produk digital adalah produk berbentuk elektronik yang biasanya memperjualbelikan secara online. Konteks dari digital ini artinya mengubah bentuk dari konvensional ke teknologi dengan tidak berbentuk fisik. Sebab, ciri dari produk digital itu berupa video, gambar, atau file. 

Adapun jenis-jenis barang atau layanan digital yang umum diperjualbelikan adalah sebagai berikut.

  • Aplikasi komputer, games, sistem manajemen, serta alat-alat produktivitas yang bisa diakses melalui internet.
  • Musik, film, ataupun semua jenis konten digital yang bisa diunduh atau streaming secara online.
  • barang-barang fisik yang dijual secara online menggunakan platform e-commerce atau marketplace. 

Keunggulan Produk Digital

Berdasarkan databoks katadata, nilai ekonomi digital melejit naik 22% pada 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyaknya keunggulan dari produk digital yang sangat menguntungkan. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Peran Sistem Pengolahan untuk Perusahaan

Minimnya Biaya Produksi

Bisa dikatakan produk digital memiliki biaya produksi yang sangat minim karena sistemnya hanya dilakukan sekali, tapi proses jual belinya bisa berulang-ulang.

Menjangkau Pasar Luas

Proses jual beli secara online sehingga dapat menjangkau pasar yang sangat luar. Bahkan, produk digital yang Anda jual bisa diakses sampai ke luar negeri. Supaya bisa lebih menjangkau pasar yang luas, Anda bisa mempromosikan produk digital melalui berbagai platform online, seperti media sosial, e-commerce, dan lainnya.

Jenis Produk Banyak

Produk digital memiliki tipe yang tidak terbatas. Semakin berkembangnya teknologi dan kreativitas, semakin banyak pula jenis-jenis produk digital yang diciptakan. Oleh karena itu, banyak sekali muncul produk digital yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, seperti pembayaran tagihan online, pulsa, paket data, dan masih banyak lagi. 

Ramah Lingkungan

Produk digital tidak melibatkan banyak penggunaan material fisik sehingga dianggap lebih ramah lingkungan. 

Inovasi 

Produsen akan mudah melakukan inovasi yang disesuaikan dengan tren dan permintaan konsumen. Perubahan ini tentu akan jauh lebih cepat dibandingkan inovasi untuk produk fisik.

Menggunakan Produk Digital

Siapa Saja yang Menggunakan Produk Digital?

Produk digital bisa digunakan oleh siapa pun dari berbagai kelompok. Mulai dari individu, pebisnis, pemerintah, dan sebagainya. Masing-masing kelompok ini membutuhkan produk digital, seperti perangkat lunak, konten digital, e-book, aplikasi seluler, games, dan masih banyak lagi. Saat ini produk digital menjadi bagian penting untuk menunjang kehidupan masyarakat. 

Baca juga: Mengenal Karakteristik Sistem Pengolahan Transaksi

Produk digital yang Paling Laku

Produk digital memiliki banyak jenisnya. Namun, dari semua itu ada produk yang paling laku dan sesuai kebutuhan masyarakat. Berikut ini penjelasannya.

Pulsa dan Paket Data

Handphone dan smartphone menjadi salah satu barang utama yang dimiliki masyarakat. Dikutip dari Goodstats, jumlah pengguna smartphone hingga Agustus 2023 mencapai 73 juta. Supaya barang tersebut bisa berfungsi maksimal, dibutuhkan pulsa dan paket data. 

Game Online

Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah pemain video game terbanyak di dunia. Menurut databoks katadata, per Januari 2022 sebanyak 94,5% pengguna internet dengan rata-rata usia 16-64 tahun bermain video game. Tidak heran jika game online ini menjadi salah satu produk digital yang paling laris. 

Uang Elektronik

Top up pengisian uang elektronik menjadi produk digital yang cukup banyak dipilih masyarakat. Sebab, uang elektronik dirasa sangat praktis dalam melakukan proses pembayaran. 

Tagihan Rutin

Banyak produk digital yang masuk ke dalam kategori tagihan rutin, seperti listrik, PDAM, BPJS Kesehatan hingga kartu kredit. Saat ini, produk tagihan sudah bisa dibayarkan melalui online, sehingga Anda tidak perlu lagi mendatangi loket satu per satu untuk melakukan pembayaran.

Memasarkan Produk Digital

Tips Memasarkan Produk Digital

Sebenarnya untuk memasarkan produk digital sangatlah mudah. Hanya perlu melakukan beberapa tips di bawah ini supaya produk digital Anda laris manis.

Mengidentifikasi Pasar

Pahami target pasar yang dituju. Sesuaikan produk digital yang dipasarkan dengan masyarakat. Ada banyak cara untuk mengidentifikasi karakteristik demografis, usia, perilaku, dan masih banyak lagi.

Pahami Kompetitor

Teliti dan pahami semua kompetitor bisnis. Pelajari setiap elemen yang mereka lakukan. Mulai dari produk yang dijual, proses produksi, dan juga pemasarannya. Cari yang menjadi kelemahan kompetitor yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Manfaatkan Semua Platform

Untuk hasil yang optimal, jangan lupa manfaatkan semua platform online untuk memperkenalkan produk-produk digital yang Anda punya. Buat situs online profesional sebagai tempat Anda mempromosikan produk, informasi akurat, dan tempat untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Berikan kepuasan terhadap pelanggan dengan menjaga komunikasi yang baik, kualitas produk, dan promo menarik. Sebab, salah satu kesuksesan suatu bisnis bermula dari kepuasan pelanggan.

Memperbanyak Kemitraan

Jangan menyiakan jika ada penawaran khusus untuk bermitra dengan pihak ketiga. Pertimbangkan dahulu dari segala aspek. Jika melakukan afiliasi dengan pihak ketiga berpotensi meningkatkan visibilitas bisnis Anda, kenapa tidak untuk dicoba?

keuntungan bisnis produk digital

Kembangkan Bisnis Anda Bersama Alterra Bills

Perkembangan produk digital sangat masif dan bahkan memenuhi kebutuhan utama dari masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak produk digital yang laku dipasaran karena memenuhi kebutuhan tersebut. 

Anda memiliki platform tapi produk digital yang ditawarkan kurang update atau sulit untuk melakukan transaksi karena proses integrasi yang terlalu rumit? Jangan khawatir Anda sudah berada di tempat yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Sebagai aggregator resmi, Alterra Bills memiliki lebih dari 3000 unit produk yang bisa terintegrasi langsung di platform bisnis Anda. Produk-produk tersebut pastinya yang dibutuhkan pelanggan Anda.

Baca juga: Mudahkan Transaksi Pelanggan dengan Biller Aggregator

Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan jika menjadi mitra Alterra Bills, seperti penawaran harga kompetitif dengan pelayanan yang terbaik, proses integrasi yang sangat cepat dan aman karena menggunakan single API, memiliki customer service 24 jam yang siap membantu Anda kapan pun. 

Tags