Skip to content

Cara Mengganti Kartu SIM Indosat yang Hilang atau Rusak

featured-img

Permasalahan yang seringkali dikeluhkan oleh orang-orang yang sudah menggunakan satu nomor dalam jangka waktu yang lama adalah apabila kartu SIM yang digunakan mengalami kerusakan apalagi hilang.

Hal ini tentu saja bisa menjadi masalah besar, apalagi kalau nomor tersebut sudah tersebar dan diketahui oleh banyak orang.

Bisa-bisa segala urusan dan keperluan jadi hancur hanya karena orang lain kesulitan menghubungi atau mengontak Anda.

Mengingat banyaknya kasus-kasus semacam ini, kami akan membagikan pengalaman kami dalam menangani kasus kartu SIM Indosat yang hilang atau rusak.

Untuk itu, yuk simak kita simak caranya! 

Baca Juga : Cara Pinjam Pulsa darurat Indosat


Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengganti Kartu SIM Indosat

kartu sim indosat 4g

Meski mengganti kartu SIM Indosat bukanlah hal yang rumit, tapi tetap saja kami menyarankan Anda untuk selalu bersiap-siap sebelum melakukan penggantian. Karena tetap saja proses penggantian kartu ini memakan waktu yang lumayan.

Adapun beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Pastikan bahwa kartu SIM Indosat Ooredoo yang Anda gunakan benar-benar rusak dan gangguan atau kerusakan yang ada bukan diakibatkan oleh sebab yang lain. Adapun cara memastikannya adalah sebagai berikut
    • Pertama-tama Anda bisa membandingkan orang yang menggunakan kartu SIM Indosat Ooredoo di dekat Anda. Bila orang tersebut juga mengalami gangguan sinyal, maka dapat dipastikan kalau yang sedang bermasalah bukanlah kartu SIM yang Anda punya, melainkan jaringan dari Indosat itu sendiri.
    • Bila ternyata kerusakan hanya terjadi pada ponsel Anda, cobalah untuk melakukan restart Matikan dan nyalakan kembali ponsel yang Anda gunakan dan coba kembali gunakan SIM Indosat Anda.
    • Bila masih tidak bisa, cobalah Anda matikan ponsel lalu cabut kartu SIM Indosat Ooredoo yang sedang Anda gunakan. Setelah itu masukkan kembali kartu SIM tersebut dan nyalakan ponsel Anda.
    • Bila tetap tidak bisa, maka Anda boleh coba untuk memindahkan kartu SIM tersebut ke ponsel yang ada di dekat Anda. Anda pun bisa meminjam ponsel kerabat Anda yang sedang berada dekat dengan Anda.
    • Bila masih tidak bisa, tentu saja dapat dipastikan bahwa yang mengalami kerusakan adalah kartu SIM Indosat Ooredoo yang Anda punya.
  2. Karena Anda sudah yakin bahwa yang mengalami kerusakan adalah kartu SIM Indosat Ooredoo, maka Anda bisa mempersiapkan beberapa hal di bawah ini sebelum datang ke gerai-gerai Indosat Ooredoo
    • Siapkanlah kartu identitas yang sah seperti KTP, Pasport, atau KITAS, KITAP bagi warga negara asing bila Anda datang sendiri sebagai pemilik untuk mengganti kartu SIM Indosat Ooredoo Anda.
    • Jika Anda ingin meminta tolong orang lain untuk melakukan penggantian, maka bawalah kartu identitas yang sah milik pemilik kartu serta milik orang yang diminta tolong untuk mengganti kartu SIM. Selain itu bawalah surat kuasa yang diberikan oleh si pemilik kartu SIM yang ditandatangani di atas materai.

Indosat Ooredoo sendiri tidak akan memungut biaya dalam proses penggantian kartu rusak.

Selain itu, proses di atas juga berlaku bagi Anda yang kehilangan kartu SIM Indosat Ooredoo, dan bukan hanya bagi Anda yang mengalami kerusakan kartu.


Cara Ganti Kartu SIM Indosat Ooredoo

Setelah mempersiapkan seluruh hal yang tercantum di atas, Anda bisa langsung datang ke gerai-gerai Indosat Ooredoo yang berada di dekat Anda. Cukup ambil nomor antrean dan langsung saja menunggu dipanggil.

Setelah dipanggil menuju petugas, tinggal sampaikan maksud Anda untuk melakukan penggantian kartu serta menyerahkan seluruh persyaratan yang dibawa oleh Anda sebelumnya. Dalam waktu kurang dari 10 menit, kartu baru Anda sudah jadi deh!

Selain itu, Anda juga pasti akan ditawari untuk mengganti kartu SIM yang sudah kompatibel 4G. Bila memang ponselmu sudah bisa digunakan untuk kartu SIM 4G LTE, jangan ragu untuk mengganti kartu SIM lama Anda dengan kartu SIM 4G LTE yang tentu lebih cepat.

Terakhir, bila sudah melakukan penggantian kartu, jangan terburu-buru untuk pulang. Langsung masukkan kartu SIM baru Anda ke dalam ponsel di depan petugas Indosat Ooredoo saat itu juga. Agar bila Anda menemukan masalah, petugas yang ada bisa langsung menyelesaikan masalah tersebut.


Bagaimana Bila Kartu SIM Indosat Ooredoo Hilang?

kartu sim indosat 4g

Pada dasarnya langkah-langkah penggantian kartu SIM Indosat Ooredoo yang rusak di atas bisa Anda lakukan pula untuk mengganti kartu SIM Indosat Ooredoo yang hilang.

Akan tetapi, ada satu langkah penting yang berbeda dengan kasus kerusakan kartu SIM, yaitu pemblokiran kartu SIM Indosat Ooredoo yang hilang. 

Langkah pemblokiran ini sifatnya wajib dan perlu Anda lakukan secara cepat, segera ketika Anda sadar bahwa Anda kehilangan kartu.

Karena ada kemungkinan kartu SIM yang hilang tersebut diakibatkan pencurian, yang bisa jadi digunakan untuk berbuat kriminal. Bisa jadi orang yang tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan identitas Anda melalui kartu SIM Indosat Anda untuk menipu.

Adapun cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa langsung menghubungi call center Indosat Ooredoo di nomor 021 3000 3000 dengan kartu SIM apapun.
  2. Bila sudah tersambung dengan pihak customer service Anda bisa langsung menyampaikan keinginan Anda untuk melakukan pemblokiran kartu.
  3. Kemudian operator akan meminta beberapa data Anda untuk diverifikasi. Bila data tersebut cocok, maka operator akan langsung memblokir kartu SIM Indosat Ooredoo Anda sesuai permintaan.

Untuk pemblokiran kartu ini, kami meminta Anda untuk jangan menundanya. Karena semakin lama ditunda, semakin tinggi kemungkinan kartu SIM Indosat Anda yang hilang untuk disalahgunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Baca Juga : Cara Cek Pulsa dan Kuota Indosat dengan Mudah

Tags