Skip to content

Cara Upgrade 3G ke 4G Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata

featured-img

Kecepatan penyebaran informasi saat ini tampaknya sudah menjadi sesuatu yang tidak terbatas dan terjadi dengan sangat cepat. Hal ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi.

Salah satunya adalah dengan penemuan 4G LTE dalam beberapa tahun belakangan. Internet yang awalnya tampak tersendat-sendat, saat ini bisa diakses dengan begitu mudah dan cepat dengan menggunakan 4G LTE.

Meski demikian teknologi ini di Indonesia baru saja berkembang, sehingga masih banyak pengguna smartphone yang masih menggunakan kartu lamanya. Padahal kartu tersebut hanya mendukung jaringan 3G.

Jangan kaget buat kamu yang baru tahu, karena kami punya cara upgrade 3G ke 4G terlengkap dari beberapa operator telepon di Indonesia! Dengan cara ini kamu pun tidak perlu membeli nomor baru. Hmm, kira-kira gimana ya caranya? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Baca Juga : Cara Cek Nomor Telkomsel Paling Gampang! 


1. Cara Upgrade 3G ke 4G Telkomsel

telkomsel

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk upgrade kartu dari 3G ke 4G. Berikut ini yang perlu kamu lakukan:

Lewat E-mail

  • E-mail ke cs@telkomsel.co.id berisi subjek : Ganti Kartu 0812********* (Nomor yang akan diganti). Lalu lampirkan foto diri memegang e-KTP, fotocopy e-KTP, dan fotocopy Kartu Keluarga.

Cara ini memiliki syarat dan ketentuannya tersendiri yaitu nomor kamu tidak boleh terhubung dengan layanan perbankan apapun. Jika terhubung, ganti di GraPARI dengan membawa persyaratan yang sama seperti di atas.

Kamu akan dimintai alamat rumah lengkap yang mana nanti akan dikirimkan kartu 4G yang baru.

Lewat MyGraPARI

Sebelum mengupgrade dari 3G ke 4G, pastikan perangkatmu sudah mensupport fitur 4G. Jangan lupa siapkan KTP supaya kamu bisa mengupgrade nomermu.

Lewat GraPARI

Untuk melakukan cara ini tentu saja kamu harus datang ke gerai Telkomsel yang paling dekat dengan tempat tinggalmu.

  1. Pastikanlah bahwa kamu memiliki perangkat yang sudah mendukung teknologi 4G.
  2. Bawalah KTP asli beserta fotokopi KTP sejumlah 1 buah. Bagi kamu yang warga negara asing (foreigner), kamu bisa menyertakan KITAS atau KITAP ataupun paspor yang masih berlaku.
  3. Datanglah ke GraPARI terdekat yang memiliki mesin MyGraPARI. Setelah itu kamu bisa langsung datangi mesin tersebut untuk melakukan upgrade kartu SIM sesuai dengan instruksi yang ada.
  4. Apabila di tempatmu belum ada mesin MyGraPARI, kamu juga bisa langsung datangi customer service untuk meminta upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel yang kamu punya. Khusus untuk langkah ini, Telkomsel tidak mengizinkanmu diwakilkan oleh orang lain kecuali kamu termasuk ke dalam golongan VIP dan VVIP.

Baca Juga 


2. Cara Upgrade 3G ke 4G Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo

Sama seperti cara upgrade kartu SIM Telkomsel, kamu harus mendatangi gerai-gerai Indosat resmi terdekat dari tempat tinggalmu. Kamu bisa mencari gerai Indosat terdekat dengan membuka laman informasi resmi gerai Indosat.

Sebelum itu jangan lupa untuk selalu menyertakan KTP dan Kartu SIM lama Indosat yang kamu punya untuk diupgrade. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Datanglah ke Gerai Indosat dan langsung ambil antrian, datanglah dari pagi karena umumnya antrean akan membludak terutama di hari-hari setelah hari libur.
  2. Kemudian sampaikanlah kepada Customer Service bahwa kamu ingin melakukan upgrade 3G ke 4G kartu SIM Indosat Ooredoo yang kamu punya.
  3. Customer Service kemudian akan meminta identitas diri yang kamu punya, nah serahkanlah KTP yang telah kamu bawa. Bagi kamu yang warga negara asing, kamu bisa menyertakan KITAS, KITAP, ataupun paspor yang masih berlaku.
  4. Setelah itu biasanya kamu akan ditanya sisa pulsa terakhir serta nomor telepon yang terakhir berkontak denganmu.
  5. Setelah itu kamu akan diberikan USIM 4G Indosat untuk langsung ditukar dengan kartu 3G lama milikmu.

Setelah ini jangan lupa lakukan aktivasi sendiri. Kamu juga bisa sebenarnya meminta tolong petugas customer service untuk melakukan aktivasi kartu USIM 4G LTE Indosatmu yang baru.

Bagi kamu yang ingin melakukan aktivasi sendiri, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Gunakanlah kartu SIM 3G kamu yang lama dan kirimkan SMS berisi pesan GANTI ke nomor
  2. Tunggulah sampai operator memberikan balasan yang terdiri atas nomor token atau PIN sejumlah 6 digit. Catatlah nomor tersebut supaya kamu tidak lupa.
  3. Setelah itu tukarlah kartu lama dengan kartu USIM 4G yang baru, dan segera nyalakan ponsel.
  4. Setelah itu lakukanlah panggilan ke nomor *4949# dan kamu akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN yang sebelumynya diberikan.
  5. Kalau kamu memasukkan nomor dengan benar, kamu akan segera mendapatkan balasan dari operator bahwa permintaan upgrade kartu 3G ke 4G telah berhasil.

Baca Juga : Cara Cepat Pinjam Pulsa Darurat Telkomsel 


3. Cara Upgrade 3G ke 4G Kartu XL Axiata

logo xl axiata

Sama seperti cara upgrade 3G ke 4G dua kartu di atas, kamu harus memastikan bahwa perangkat yang kamu punya sudah mendukung teknologi 4G LTE. Selain itu jangan lupa sisakan sedikit paket data atau pulsa di kartu lamamu.

Kamu bisa melakukan upgrade kartu SIM dengan cara di bawah ini:

  1. Datanglah ke gerai XL Center terdekat dengan tempat tinggalmu atau isi e-form lengkap di sini dengan mengirimkan persyaratan seperti KTP dan Kartu Keluarga, Simcard lama yang mau diupgrade, serta nomer HP untuk video call.
  2. Kemudian datang ke bagian customer service dan buatlah permohonan untuk upgrade kartu SIM 3G ke kartu SIM 4G mu.
  3. Setelah mendapatkan kartu barumu lakukanlah aktivasi.

Langkah-langkah aktivasi kartu USIM 4G XL bisa kamu ikuti sesuai dengan langkah di bawah ini:

  1. Dengan menggunakan kartu XL yang lama, kamu bisa langsung menghubungi nomor *123*46# dan tunggulah sampai kamu dapat balasan dari operator.
  2. Setelah mendapatkan balasan kamu bisa pilih nomor 1.
  3. Setelah itu tunggulah balasan SMS dari nomor 3646 yang merupakan nomor operator dari XL. Jangan lupa baca dan catat SMS tersebut dengan detil, karena di dalamnya berisi instruksi penggantian kartu baru.
  4. Lakukanlah instruksi di dalam SMS tersebut.
  5. Cabut SIM lama kamu dan gantilah dengan kartu USIM 4G XL yang baru.
  6. Setelah kamu menjalankan instruksi tersebut dengan baik dan benar, kamu bisa lakukan restart pada ponselmu.

Nah, itu tadi cara upgrade dari 3G ke 4G untuk provider Telkomsel, Indosat Ooredoo, hingga XL Axiata. Semoga informasinya berguna untuk Anda, ya!

Tags