Skip to content

Cara Ganti Kartu SIM Axis Hilang atau Rusak Terbaru

featured-img

Axis merupakan sebuah produk dari anak perusahaan XL Axiata yang awalnya memiliki nama NTS. Meski baru diluncurkan pada tahun 2008 dan masih seumur jagung dibadingkan provider mayor di Indonesia, kiprahnya tidak bisa dipandang sebelah mata loh.

Terbukti dengan jumlah pelanggan Axis yang terus bertumbuh sejak awal kemunculannya hingga saat ini jumlahnya sekitar 15 juta. Memang sih tidak sebanyak provider besar lainnya, namun jumlah ini cukup besar bagi provider SIM yang masih muda!

Meskipun begitu, banyak juga pengguna yang melaporkan kartu SIM mereka yang rusak atau bahkan hilang. Padahal orang-orang ini bisa jadi memiliki kebutuhan mendesak yang membutuhkan kartu SIM mereka. Untuk itulah Axis kemudian memiliki mekanisme cara ganti kartu SIM Axis hilang atau rusak. Mau tau caranya? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Baca Juga : 


Persiapkan dan Periksa Dulu Beberapa Hal di Bawah ini

orang pegang telpon

Jika Anda kehilangan atau kerusakan kartu SIM di beberapa operator lainnya, sebelum Anda terburu-buru menghubungi customer service atau kantor cabang Axis terdekat di kota Anda, ada beberapa hal yang wajib Anda periksa dan persiapkan.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa kartu sim Axis yang terpasang di ponsel Anda memang mengalami kerusakan dan bukan disebabkan oleh permasalahan lain yang mungkin terjadi. Sementara untuk membuktikan penyebab kerusakan yang Anda alami selain dari kerusakan kartu SIM adalah sebagai berikut.
    • Pertama-tama tentu saja Anda bisa langsung membandingkan jaringan kartu Axis yang Anda punya dengan orang lain di sekitar Anda yang juga menggunakan kartu sim Axis.
    • Apabila hanya ponsel Anda saja yang tidak bisa terkoneksi dengan jaringan Axis maka Anda bisa coba berpindah tempat, misalnya ke tempat yang lebih terbuka atau lantai atas yang lebih tinggi untuk kemudian mencari sinyal jaringan Axis.
    • Apabila Anda masih belum bisa menemukan jaringan Axis, Anda bisa dengan mudah melakukan reboot alias mematikan dan menyalakan kembali ponsel Anda saat itu juga. Setelah kembali nyala barulah Anda bisa coba memastikan apakah jaringan Axis sudah kembali.
    • Apabila terus Anda belum bisa menemukan jaringan Axis, Anda bisa langsung mematikan ponsel Anda untuk kemudian mencabut kartu sim Axis di dalamnya. Setelah itu Anda boleh coba bersihkan bagian kuning di kartu sim dengan menggunakan kain halus, namun hindari penggunaan benda kasar apalagi air untuk membersihkan bagian kuning tersebut. Setelah itu cobalah memasukkan kartu sim Axis tersebut ke dalam ponsel dengan posisi yang benar tentunya, dan nyalakan kembali ponsel Anda.
    • Apabila masih mengalami kegagalan, Anda bisa coba meminjam ponsel yang sedang menganggur untuk dimasukkan kartu sim Axis yang Anda punya.
    • Terakhir apabila masih tidak bisa, dapat dipastikan bahwa kartu sim Axis yang Anda punya mengalami kerusakan. Apalagi bila di pojok kolom jaringan hanya tertulis No SIM detected, maka bisa dipastikan dengan lebih yakin lagi bahwa memang kartu sim Axis yang Anda punya mengalami kerusakan.
  2. Bila sudah yakin bahwa kartu sim Axis tersebut mengalami kerusakan, Anda bisa langsung mencari gerai Axis terdekat dengan mempersiapkan beberapa hal di bawah ini:
    • Bawalah kartu identitas diri yang sah seperti KTP dan paspor Anda. Sementara bagi Anda yang merupakan warga negara asing diperkenankan untuk membawa KITAP ataupun KITAS yang telah Anda buat selama Anda berada di Indonesia.
    • Bila Anda berhalangan hadir ke gerai Axis, maka Anda diperkenankan untuk mengirim perwakilan. Dengan catatan Anda harus membuat surat kuasa atas perwakilan tersebut yang ditandatangani olehmu di atas materai Rp6.000,- Selain itu perwakilan Anda harus membawa KTP asli serta KTP nya untuk mengurus kerusakan kartu ini.
    • Terakhir bawalah kartu SIM yang rusak, uang secukupnya untuk proses administrasi, serta bukti 5 panggilan dan SMS terakhir. Apabila tidak bisa membawa atau lupa 5 panggilan dan SMS terakhir, Anda boleh membawa bukti transaksi isi pulsa terakhir. Meski demikian syarat bukti ini tidak wajib, namun layak dibawa untuk berjaga-jaga.

Setelah mempersiapkan seluruh hal di atas, Anda bisa langsung membawanya ke Axis Service Center yang berada di dekat Anda. Selain itu Anda juga bisa menghubungi customer service Axis sebelum ke gerai Axis melalui:

  1. Nomor telepon langsung di 838 dengan catatan dikenai biaya sejumlah Rp800,- per kali panggilan.
  2. Twitter di @ask_AXIS.
  3. Bagi Anda yang menelpon CS lewat nomor non Axis bisa langsung menghubungi 0838 8000 838 yang akan dikenai tarif reguler.
  4. Melalui email CS di cs@axisnet.id

Sementara ini memang kantor cabang Axis masih belum sebanyak provider besar lainnya, namun setidaknya di beberapa kota besar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan khususnya di DKI Jakarta sudah banyak kok gerai Axis yang bisa Anda datangi.

Kemudian selain penggantian kartu, Anda juga bisa melakukan reaktivasi kartu Axis, melaporkan kegagalan aktivasi kartu Axis, menyelesaikan masalah gagal voucher isi ulang, hingga melakukan registrasi XL tunai di gerai-gerai tersebut.

Nantinya setelah sampai di gerai Axis Anda bisa langsung ambil antrean, datang ke petugas CS, dan langsung menyampaikan masalah Anda. Biasanya sih dalam waktu kurang dari 5 menit petugas CS akan langsung memberikan kartu SIM pengganti Anda. Mudah, kan?


Cara Ganti Kartu SIM Axis yang Hilang

pusing

Pada umumnya sih langkah-langkah yang harus Anda tempuh bila mengalami kehilangan atau kecurian kartu sim Axis adalah sama persis seperti beberapa langkah di atas. Akan tetapi sebelumnya Anda wajib melakukan pemblokiran kartu sim AXIS, dan harus dilakukan secepatnya ketika Anda sadar Anda mengalami kehilangan.

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemblokiran kartu sim Axis adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa langsung menghubungi pihak customer service Axis di nomor 838 bila menggunakan nomor Axis dengan biaya per panggilan Rp800,- ataupun di nomor 0838-8000-838 bila menggunakan nomor non Axis dengan biaya panggilan reguler.
  2. Sampaikan permasalahan yang Anda alami dan jangan lupa siapkan beberapa data dasar seperti identitas yang digunakan untuk registrasi, 5 buah kontak atau 5 panggilan terakhir atau nominal isi pulsa terakhir. Pada dasarnya sih Anda nanti akan ditanya data-data tertentu yang bertujuan memastikan bahwa Anda memang pemilik sah dari kartu sim Axis tersebut sehingga boleh memblokir nomor tersebut.
  3. Setelah terverifikasi maka petugas akan langsung melakukan pemblokiran, dan kartu sim Axis Anda sudah tidak bisa digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab deh.

Alasan Anda wajib melakukan pemblokiran adalah untuk menghindari dilakukannya tindak kejahatan dengan menggunakan kartu SIM Axis yang Anda punya.

Selain itu berdasarkan ketentuan bagi pelanggan yang dirilis oleh Axis, seluruh biaya yang ada semenjak kehilangan sampai sebelum pelaporan dan pemblokiran kartu SIM Axis sepenuhnya adalah tanggung jawab pemilik.

Nah, itu dia persyaratan serta cara ganti kartu SIM Axis yang rusak atau hilang. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, ya!

Tags