Skip to content

Cara Ganti Kartu SIM XL yang Hilang atau Rusak

featured-img

Sebagian dari kamu pasti pernah atau malah masih punya kartu SIM yang sudah digunakan dalam waktu yang lama. Saking lamanya kamu gunakan kartu SIM itu, kamu bahkan memiliki ratusan kontak semua orang terdekat.

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami yang namanya kartu SIM hilang maupun rusak. Hal ini tentunya bisa menambah masalah baru di dalam kehidupan.

Eh tapi jangan khawatir! Buat kamu pengguna kartu XL, kamu bisa mengganti kartu yang hilang atau rusak dengan yang baru, lho!

Mau tau caranya? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Baca Juga : Cara Cek Sisa Pulsa dan Kuota XL


Hal yang Perlu Disiapkan untuk Mengganti Kartu XL yang Hilang atau Rusak

logo xl axiata

Sama seperti penggantian kartu SIM pada operator lain, ada beberapa hal yang tentu harus kamu persiapkan sebelum terburu-buru datang ke gerai operator XL. Berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Pastikan lah dengan benar bahwa memang kartu SIM XL Axiata yang kamu punya mengalami kerusakan, bukan karena permasalahan lain. Untuk membuktikan hal tersebut ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan bahwa kartu SIM mu rusak.
    • Pertama-tama kamu bisa dengan mudah membandingkan jaringan XL Axiata dengan orang yang sedang berada di dekatmu. Tentu saja orang tersebut juga harus sama-sama menggunakan kartu SIM XL Axiata, buat apa membandingkan dengan operator lain.
    • Bila ternyata hanya kamu yang mengalami gangguan, kamu bisa langsung mencoba berpindah tempat untuk mencari sinyal.
    • Bila masih ada gangguan juga, kamu bisa mencoba melakukan restart ponselmu saat itu juga, dan bila memang masih ada gangguan kamu bisa mematikan ponselmu untuk kemudian mencabut kartu SIM yang kamu punya. Setelah itu masukkan kartu SIM XL Axiata yang kamu gunakan dan nyalakan kembali ponselmu.
    • Terakhir bila masih ada gangguan kamu bisa langsung memindahkan kartu SIM XL yang kamu punya ke ponsel lain yang sedang nganggur. Kalau kartu tersebut rusak biasanya baik di ponselmu, atau ponsel pengganti, yang tertulis hanyalah No SIM detected.
  2. Jika kamu sudah yakin bahwa kartu SIM XL yang kamu punya benar-benar rusak, kamu bisa persiapkan beberapa hal di bawah ini sebelum datang ke gerai XL
    • Bawalah kartu identitas yang sah seperti KTP atau Passport. Bagi kamu yang bule alias warga negara asing siapkanlah KITAP ataupun KITAS yang kamu punya selama berada di Indonesia.
    • Bila kamu tidak bisa hadir ke gerai XL berikanlah perwakilanmu surat kuasa sah yang ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,-, serta bawalah KTP aslimu serta KTP asli milik perwakilanmu.
    • Siapkan kartu SIM yang rusak, jangan dibuang karena nantinya kamu harus menunjukkan kartu SIM yang rusak tersebut.
    • Siapkan 5 panggilan ataupun SMS terakhir, atau bukti transaksi isi ulang pulsa terakhir apabila data registrasi yang kamu bawa tidak sesuai dengan yang ada di sistem XL Center.

Setelah mempersiapkan seluruh hal di atas, kamu bisa dengan mudah datang ke gerai-gerai XL Center terdekat di kotamu. Kamu cukup membawa uang sejumlah Rp 10.000,- sebagai uang administrasi penggantian kartu XL barumu.


Cara Ganti Kartu SIM XL 

Kamu bisa langsung datang ke XL Center, ambil nomor urut antrian dan tungulah hingga petugas customer service memanggil nomor urut antrianmu. Setelah dipanggil kamu bisa langsung menyampaikan maksudmu sambil memberikan persyaratan di atas.

Biasanya dalam waktu kurang dari beberapa menit saja kartu prabayar XL barumu sudah dapat diganti.


Bagaimana Jika Kartu XL Kamu Hilang?

operator xl

Pada dasarnya proses yang harus kamu lakukan saat mengalami kerusakan kartu dan kehilangan kartu XL sama saja. Akan tetapi bila kamu mengalami kehilangan kartu XL, kami sarankan kamu untuk melakukan blokir kartu tersebut sehingga tidak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Adapun cara untuk melakukan pemblokiran adalah sebagai berikut:

  1. Bagi kamu yang menggunakan kartu XL Prabayar
    • Hubungi call center XL di nomor 817 dengan menggunakan nomor apapun. Kamu cukup menyampaikan maksudmu dengan melakukan pemblokiran kartu SIM yang kamu punya. Tentu saja kamu baru bisa memblokir kartu SIM tersebut setelah sebelumnya dilakukan verifikasi data.
  2. Bagi kamu yang menggunakan kartu XL Prio alias Pascabayar
    • Kamu bisa menghubungi nomor call center XL di nomor 817 atau langsung di 021-57950817 untuk kemudian melakukan pemblokiran. Tentu saja sama seperti di atas, kamu baru bisa melakukan pemblokiran hanya jika telah dilakukan verifikasi saat menelpon call center XL tersebut.

Setelah di blokir, kamu tidak perlu menunggu lama-lama lagi, langsung saja datang ke gerai XL Center terdekat untuk pembuatan kartu SIM yang baru. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untukmu, ya!

Baca Juga : Pilihan dan Daftar Kuota XL Paling Oke 

Tags