Skip to content

Memulai Bisnis Digital Paling Mudah dan Efektif

featured-img

Hampir semua bisnis sudah beralih ke digital karena kecanggihan teknologi yang mampu  memberikan banyak peluang untuk berkembang

Mengubah model bisnis yang semula konvensional menjadi digital adalah langkah tepat yang hampir dilakukan semua perusahaan. Dalam hal ini, agar perusahaan tersebut tetap maju dan mampu mengikuti perkembangan bisnis terkini.

Salah satu contoh bisnis digital yang berkembang pesat adalah e-commerce. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), pelaku usaha e-commerce memiliki pendapatan mencapai USS62 miliar di 2023. Angka ini naik sekitar 7% secara tahunan.

Pengertian Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan model bisnis yang memanfaatkan teknologi digital dalam segala aspek. Kehadiran teknologi telah mengubah operasional bisnis menjadi lebih mudah dan terkini. Dunia bisnis menjadi lebih banyak peluang yang tentunya sangat dimanfaatkan oleh para pebisnis. 

Pentingnya Bisnis Digital di Era Modern

Revolusi bisnis digital bergerak ke arah yang efisien. Hal ini terlihat dari banyaknya pelaku bisnis yang mampu memanfaatkan digitalisasi sebagai langkah penting untuk mengembangkan bisnisnya. Adanya revolusi digital, bisnis Anda berjalan selaras dengan perubahan yang terjadi di masyarakat sebagai pelaku konsumen.

Sampai saat ini, bisnis digital bisa mengakomodasi kebutuhan para konsumen. Selain menawarkan fleksibilitas, bisnis digital juga memudahkan para pelaku konsumen dan juga pebisnis untuk menjalankan komunikasi di mana pun dan kapan pun. 

Peran Teknologi dalam Bisnis Digital

Teknologi sudah dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Perannya sangat krusial karena dapat mendorong kesuksesan perusahaan di era modern seperti saat ini. Nah, untuk Anda yang ingin tahu apa saja peran teknologi dalam bisnis, berikut ini ulasannya.

Dikutip dari kumparan melalui buku Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digital), adanya beberapa peran teknologi dalam bisnis, yaitu:

  • Peningkatan komunikasi dalam segala aspek internal maupun eksternal. Sebagai contoh, teknologi mampu merampingkan jenis-jenis komunikasi data antar karyawan. Selain itu, teknologi juga dapat meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan pemasok, pelaku konsumen, dan lainnya.
  • Pengambilan keputusan lebih efektif. Teknologi menjadi bagian penting dalam pengambilan berbagai jenis keputusan. Adanya teknologi, perusahaan secara muda dapat mengambil keputusan yang efisien dan akurat sesuai data yang dikumpulkan hasil dari kegiatan bisnis selama ini. 
  • Strategi Pemasaran. Memiliki data yang para konsumen butuhkan bisa dijadikan dasar dalam melakukan strategi pemasaran. Dalam hal ini, teknologi modern sangat memudahkan dalam mengetahui segala aspek yang terjadi di pasaran secara real time.
  • Hubungan antar pelanggan meningkat. Mengandalkan teknologi dapat meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan menjadi lebih mudah. Teknologi mengeluarkan sistem customer relationship management (CRM) yang digunakan untuk memenuhi apa yang diinginkan, dibutuhkan, dan diharapkan oleh para konsumen. 

2150169844-min

Perbedaan Bisnis Konvensional dan Digital

Digital identik dengan teknologi yang tentunya berbeda dengan bisnis konvensional. Apa saja perbedaan tersebut?

Pelayanan

Bisnis konvensional masih mengadopsi konsep pelayanan offline atau langsung bertransaksi ke tempat fisik. Misalnya, langsung ke toko yang mengharuskan ada kontak fisik antara pembeli dan penjual. Hal ini tentu berbeda dengan bisnis digital yang semua konsep pelayanannya hanya dilakukan secara online, yaitu melalui platform

Target Konsumen

Bisnis digital memiliki target konsumen yang jauh lebih luas dibandingkan konvensional. Bisnis digital bisa menjangkau seluruh pelosok dalam negeri maupun luar negeri asalkan platform yang dijadikan sebagai tempat berjualan bisa diakses oleh masyarakat luas. Berbeda dengan konvensional yang jauh lebih terbatas karena berkaitan dengan kondisi geografis. Namun, bisnis konvensional masih bisa terus menjangkau konsumen secara luas dengan melakukan pembukaan toko cabang di masing-masing daerah.

Strategi Promosi

Bisnis digital sangat memanfaatkan teknologi untuk menjalankan strategi promosinya. Bisa melalui iklan ataupun sosial media. Berbeda dengan bisnis konvensional, konsep promosi yang dilakukan adalah dengan menyebarkan brosur dan flyer ataupun banner.

Keamanan Data

Data menjadi informasi yang sangat krusial dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, keamanan data dalam dunia digital jauh lebih aman karena berbasis teknologi dibandingkan bisnis konvensional yang masih menggunakan buku catatan.

Baca juga: Sukses Bisnis Voucher Games Bersama Alterra Bills

Manfaat Bisnis Digital

Bisnis digital menjadi langkah efektif dalam meningkatkan dan memajukan perusahaan. Oleh karena itu, berikut ini manfaat bisnis digital di masyarakat.

Fleksibilitas dan Aksesibilitas

Semua kebutuhan yang konsumen inginkan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat karena bisnis digital memberikan layanan yang sangat fleksibel. Konsumen bisa membeli produk yang ditingkatkan tanpa harus pergi ke toko karena bisa dilakukan hanya melalui smartphone

301656-min

Jangkauan Pasar Luas

Bisnis digital mengandalkan platform untuk media mereka berjualan yang diakses melalui online. Kemudahan ini tentu bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun. Kecanggihan teknologi yang dimanfaatkan bisnis digital mampu mempromosikan produknya lebih luar lagi tanpa memandang letak geografis.

Efisien Bujet dan Waktu

Bisnis digital sangat mengefisiensikan bujet dan waktu karena tidak perlu pergi ke toko offline untuk mencari produk yang dibutuhkan. Konsumen hanya melakukan pencarian di kolom pencarian platform dan produk yang dibutuhkan langsung bisa dibeli. Proses transaksi pun lebih cepat, aman, dan mudah.

Analisa Data Lebih Akurat

Semua hasil transaksi disimpan rapi dalam sistem sehingga perusahaan dapat lebih mudah untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Sebab, data ini biasanya akan digunakan sebagai salah satu pengambil keputusan untuk kemajuan perusahaan.

Tren Bisnis Digital Terkini

Era digital selalu memberikan perubahan yang cepat selaras dengan kebutuhan para konsumen. Tren ini akan terus meningkat seiring munculnya fitur-fitur canggih yang dihasilkan dari transformasi teknologi. Hal ini tentu harus diperhatikan dan dimanfaatkan untuk mengatur strategi yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan perusahaan. Faktanya, hampir semua perusahaan sudah memanfaatkan digital untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Langkah Awal Memulai Bisnis Digital

Ingin mengembangkan bisnis secara digital? Itu langkah tepat yang harus dilakukan. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis digital.

  • Cari ide yang sesuai dengan tren masyarakat saat ini dan dimodifikasi menjadi lebih unik. B
  • Tentukan produk dan layanan yang ingin ditawarkan kepada konsumen. uat ciri khas dari bisnis sehingga konsumen melirik usaha Anda. 
  • Pilih target konsumen yang ingin dituju. Hal ini bisa diselaraskan dengan produk dan layanan yang dipilih.
  • Buta nama brand yang unik dan menarik sehingga mudah diingat konsumen.
  • Mulai membuat strategi pemasaran dengan memasang iklan atau melakukan promosi di media sosial.
  • Selalu memantau metrik penjualan supaya Anda dapat mengambil langkah-langkah selanjutnya untuk memajukan perusahaan.
  • Selalu berinovasi sesuai tren konsumen saat ini sehingga konsumen merasa bahwa kebutuhannya dipenuhi oleh perusahaan Anda.

Baca juga: Jenis-Jenis Bisnis yang Cocok dengan Modal Kartu Kredit

3106-min

Memulai Bisnis Digital Bersama Alterra Bills

Anda ingin memulai bisnis digital tapi masih bingung mulainya dari mana? Jangan khawatir! Alterra Bills memiliki layanan yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis digital tanpa ribet. Semua kebutuhan akan disiapkan oleh tim Alterra Bills sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda inginkan. 

Alterra Bills memiliki layanan White Label yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis digital. Bisnis ini berupa platform yang bisa dipotimasi sesuai keinginan brand bisnis Anda. Dalam platform ini terdapat pilihan produk digital yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, Anda boleh memilih produk-produk yang ditampilkan sesuai kebutuhan pelanggan Anda.

Tags