Skip to content

Jenis-Jenis Bisnis yang Cocok dengan Modal Kartu Kredit

featured-img

Modal dengan kartu kredit menjadi salah satu cara yang bisa dipilih untuk memulai berbisnis jika terhalang finansial.

Semua bisnis pastinya membutuhkan modal. Untuk mendapatkanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Saat ini, mayoritas pengusaha mengajukan pinjaman modal ke perbankan atau instansi yang bisa mencairkan sejumlah dana besar. Padahal masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal dengan mudah dan minim persyaratan.

Salah satunya adalah Anda bisa memanfaatkan kartu kredit sebagai modal bisnis. Umumnya, kartu kredit bisa dilakukan untuk semua jenis pembayaran. Kemudahan ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha yang lebih mudah, cepat, dan fleksibel.

Dibalik kemudahan yang ditawarkan ada poin-poin khusus yang harus diperhatikan jika memiliki kartu kredit sebagai modal bisnis. Salah satunya, kartu kredit bisa digunakan untuk memenuhi modal yang sifatnya jangka pendek. Selain itu, Anda juga harus memahami suku bunga yang diajukkan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bisnis yang bisa dipilih dengan karakteristik di atas  bermodal kartu kredit. Untuk lebih jelas, berikut ini ulasan selengkapnya.

bisnis rumahan dengan modal kartu kredit

Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan bisa menggunakan kartu kredit sebagai sumber modal. Membuka bisnis online dengan skema reseller bisa jadi alternatif yang dipilih. Reseller termasuk kategori bisnis rumahan karena tidak membutuhkan tempat atau ruko untuk menyetok produk. Sistem bisnis ini, Anda harus membeli barang dari distributor dengan harga terendah sesuai pesanan pelanggan.

Baca juga: Pengertian Usaha Kartu Kredit dan Cara Kerjanya

Bisnis ini sangat meminimalisir kerugian karena sistem belanjanya disesuaikan dengan pemesanan. Mengapa disebut bisnis rumahan ini bisa bermodal kartu kredit? Sebab, sudah banyak distributor yang memiliki mesin EDC Support kartu kredit, sehingga disaat membeli produk, Anda langsung gesek kartu di toko distributor. 

Bisnis dengan Cashflow Singkat

Setelah adanya internet, hidup menjadi lebih mudah. Mungkin banyak diantara Anda sependapat dan merasakan dampak positif dari kehadiran internet. Hal ini, terbukti dengan banyaknya peluang bisnis yang mengandalkan internet. Salah satu bisnis yang bisa menjadi pilihan, yaitu membuka jasa pembayaran transaksi online dari luar negeri. 

Tidak dipungkiri, sudah banyak situs atau toko online dari luar negeri yang menjual berbagai produk sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, seperti Amazon, Alibaba, Ebay, dan lainnya. Namun, untuk melakukan transaksi tidak semudah ketika membeli dari toko online di dalam negeri. Karena metode pembayaran yang disediakan hanya menggunakan kartu kredit, sedangkan tidak semua memiliki kartu sakti tersebut. 

Baca juga: Sistem Pembayaran Otomatis Memudahkan Keuangan Bisnis Perusahaan

Mengamati situasi ini, tentu bisa menjadi peluang bisnis yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menjadi jasa pembayaran transaksi ke luar negeri untuk mereka yang tidak memiliki kartu kredit. Pembayaran hanya dilakukan jika ada barang yang ingin dibeli. Tentunya skema ini sangat meminimalisir kerugian karena sistem cashflownya sangat singkat. 

Jenis-jenis bisnis dengan modal kartu kredit

Bisnis Teknologi

Bisnis dengan modal kartu kredit berikutnya adalah menerima jasa untuk yang ingin meningkatkan kapasitas di akun Dropbox atau Google Drive. Biasanya target pasarnya adalah para pekerja di sektor kreatif, seperti desain grafis, fotografer, dan lainnya. 

Dropbox atau Google Drive menjadi salah satu tempat penyimpanan file-file pekerjaan yang memiliki banyak keuntungan, seperti mudah di akses dari mana saja, terhindar dari file broken dan juga membatasi orang-orang yang bisa mengakses file tersebut.

Awalnya, kedua platform ini memberikan kapasitas penyimpanan terbatas secara gratis, tapi seiring banyaknya file yang ingin disimpan, tentu kapasitas yang diberikan tidak cukup sehingga membutuhkan kapasitas lebih besar dan mengharuskan untuk berlanggan. 

Sayangnya, metode pembayaran yang disediakan hanya menggunakan kartu kredit. Namun, untuk Anda yang memiliki kartu kredit, tentu ini bisa dijadikan peluang bisnis. Anda bisa memberikan jasa pembayaran untuk mereka yang ingin berlangganan di platform tersebut. Namun, tentu Anda harus cermat dan membuat perjanjian yang sama-sama memberikan keuntungan.

pembayaran tagihan kartu kredit mudah bersama Alterra Bills

Kembangkan Bisnis Bersama Alterra Bills

Kehadiran kartu kredit memiliki banyak fungsi jika dikelola dengan bijak. Namun, masih ada kesalahan dalam penggunaannya sehingga menimbulkan masalah. Salah satunya, ribetnya proses pembayaran ke bank kartu kredit terkait. 

Jika perusahaan Anda memiliki masalah tersebut, jangan khawatir karena Alterra Bills memiliki layanan yang siap membantu proses pembayaran tagihan menjadi lebih mudah dan cepat. Alterra Bills memiliki layanan berupa dashboard siap pakai yang bisa Anda gunakan tanpa harus pengembangan teknis.

Baca juga: Memahami Produk Digital dan Keuntungannya

Layanan ini disebut Enterprise Dashboard yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan transaksi produk digital, baik itu dengan jumlah yang sedikit ataupun besar secara simultan. Selain itu, dashboard ini juga memiliki fitur lain yang dapat digunakan untuk menganalisa secara mandiri, seperti informasi seluruh kegiatan transaksi, jumlah, status, hingga penarikan data real time.

Tags