Skip to content

Simak Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Autodebet

featured-img

Autodebet sangat membantu konsumen dalam membayar tagihan rutin supaya terhindar dari keterlambatan yang mengakibatkan adanya denda.

sektor ekonomi keuangan ini menjadi salah satu sektor yang sangat merasakan dampak positif dari perkembangan ekonomi. Sebab, semua hal yang sebelumnya dilakukan manual, kini menjadi lebih mudah dan praktis. Contohnya, pembayaran autodebet. 

Sederhananya, autodebet menjadi salah satu solusi yang bisa dipilih konsumen untuk melakukan pembayaran rutin, tanpa harus adanya proses transaksi. Jadi, uang konsumen yang ada di dalam rekening secara otomatis terpotong di waktu dan nominal yang sama. 

Apa Itu Autodebet

Pemahaman tentang autodebet cukup mudah. Autodebet menjadi sistem pembayaran yang memotong langsung angsuran setiap bulannya dari saldo rekening. Oleh karena itu, ciri dari autodebet adalah pembayaran yang dilakukan secara rutin setiap bulan dengan nominal tertentu. Pihak konsumen akan mendapatkan notifikasi melalui email ataupun SMS yang menyatakan jika pembayaran tagihan sudah dilakukan secara otomatis. 

Kelebihan Menggunakan Autodebet

Autodebet memiliki dampak positif karena ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan konsumen. Yuk, simak penjelasannya!

Bayar Tagihan jadi Mudah

Autodebet sangat membantu konsumen dalam membayar tagihan rutin setiap bulan. Sebab, konsumen tidak perlu lagi melakukan proses transaksi karena semuanya akan dilakukan secara otomatis. Namun, pastikan saldo rekening konsumen Anda tersedia sesuai nominal yang ditentukan. Jika hal itu tidak terjadi, akan ada notifikasi ke konsumen bahwa proses pembayaran autodebet tidak berhasil karena saldo rekening kurang.

Baca juga: Billing System Permudah Penagihan Digital

Hemat Biaya 

Autodebet sangat meminimalisirkan adanya pembayaran yang melewati jatuh tempo. Jadi, konsumen akan terhindar dari biaya denda karena adanya keterlambatan dalam melakukan pembayaran.

Disiplin

Sistem pembayaran autodebet menjadikan konsumen disiplin dalam membayar tagihan bulanan tepat waktu. Sebab, pembayaran dilakukan secara otomatis memotong saldo yang ada di rekening. Hal ini juga membantu pihak penagih untuk mengurangi konsumen yang sulit membayar tagihan.

Riwayat Pinjaman Sehat

Autodebet membantu konsumen dalam membayar tagihan tepat waktu. Hal ini tentu berdampak pada riwayat pinjaman konsumen supaya tetap sehat. Dengan begitu, jika konsumen ingin melakukan pinjaman, prosesnya akan sangat mudah.

Kekurangan Autodebet

Kekurangan Menggunakan Autodebet

Dibalik kelebihan, ada kekurangan yang harus tetap diperbaiki untuk menghasilkan sistem yang sempurna bagi konsumen dan juga pihak penagih. Untuk saat ini, berikut kekurangan dari autodebet. 

Kurang Saldo Rekening

Sistem autodebet mengharuskan konsumen memiliki saldo rekening yang cukup sesuai nominal yang ditentukan. Jika saldo tidak mencukup, pihak penagih berhak memberikan sanksi berupa denda kepada konsumen.

Manajemen Keuangan

Sistem pembayaran yang dilakukan secara otomatis membuat banyak konsumen yang tidak memeriksa lagi kebenaran jumlah tagihan. Meskipun begitu, ada baiknya konsumen tetap melakukan pengecekan di setiap proses autodebet yang dilakukan.

Baca juga: Sistem Pembayaran Otomatis Bikin Keuangan Bisnis Jadi Mudah

Contoh Penerapan Autodebet

Penerapan autodebet bisa dilakukan dalam beberapa aspek. Adapun contohnya sebagai berikut.

Contoh Autodebet

Pembayaran Tagihan

Konsumen pasti memiliki tagihan rutin yang harus dibayarkan setiap bulan. Contohnya, PLN, PDAM, internet, BPJS Kesehatan, dan masih banyak lagi. Konsumen bisa mengajukan untuk melakukan autodebet untuk pembayaran tagihan. 

Pembayaran Pinjaman

Autodebet bisa diterapkan untuk pembayaran pinjaman. Misalnya, untuk pembayaran cicilan mobil, rumah, dan lainnya. Adanya autodebet, tentu konsumen menjadi lebih disiplin karena pembayaran akan dilakukan tepat waktu.

Autodebet sangat membantu konsumen dan pihak penagih karena proses pembayaran dilakukan secara otomatis dan meminimalisirnya kesalahan dan juga hal negatif lainnya.

Layanan Transaksi Besar di Alterra Bills

Anda pasti ingin memiliki sistem pembayaran tagihan yang mudah, aman, dan cepat. Alterra Bills memiliki solusi yang perusahaan Anda butuhkan. Enterprise Dashboard merupakan salah satu layanan terbaik dari Alterra Bills yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi produk digital. Mulai dari pembayaran listrik, PDAM, ataupun pembelian pulsa untuk karyawan perusahaan Anda.

Baca juga: Payment Facilitator: Layanan untuk Memudahkan Transaksi Bisnis

Layanan ini berupa dashboard siap pakai yang dapat memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan transaksi produk digital dalam jumlah banyak secara simultan. Selain itu, dashboard ini juga memiliki fitur lain yang dapat menunjang informasi transaksi tersebut, seperti pengecekan jumlah, status, pilihan produk digital, hingga penarikan yang bisa diakses secara real time.

Tags