Skip to content

Inovasi Mengelola Transaksi dalam Jumlah Besar

featured-img

Sebagai upaya meminimalisirkan kesalahan dalam mengelola transaksi jumlah besar, Alterra Bills memiliki layanan tepat yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Transaksi dalam jumlah besar atau yang sering disebut bulk transaction adalah kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan dalam melakukan pembayaran dengan jumlah transaksi yang banyak, tapi diproses secara bersamaan dalam waktu singkat.

Mengelola transaksi besar sudah tidak perlu dilakukan secara manual. Perkembangan teknologi yang sangat masif berdampak baik untuk kemudahan bertransaksi yang tentunya meminimalisir adanya human error. Untuk lebih memahami perkembangan teknologi dalam mengelola transaksi, berikut ini ulasan selengkapnya. 

Pembayaran Menggunakan Blockchain

Blockchain menjadi salah satu teknologi yang digunakan untuk memudahkan proses pengelolaan transaksi. Teknologi ini memiliki mekanisme basis data lanjutan yang dapat memberikan informasi secara transparan kegiatan bisnis. 

Pembayaran Menggunakan Blockchain

Basis data blockchain mampu menyimpan data dalam blok yang terhubung dengan berbagai jaringan lain. Oleh karena itu, blockchain ini sering disebut sebagai buku kas digital karena bisa memuat semua data transaksi nasabah dari suatu perusahaan atau instansi. 

Teknologi blockchain lebih sering digunakan untuk mengelola transaksi dalam jumlah besar yang terhubung dengan berbagai jaringan. Sehingga menggunakan teknologi ini transaksi menjadi lebih efisien dibandingkan sistem konvensional yang masih membutuhkan perantara. 

Baca juga: Peran Sistem Pengolahan Transaksi untuk Perusahaan

Berdasarkan informasi dari dailysocial, Eny Panggabean selaku Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, menjelaskan jika blockchain ini memiliki manfaat yang sangat luas untuk dunia keuangan. Penggunaan teknologi ini bisa menunjang pembayaran lintas antar negara, transaksi saham, obligasi, hingga mencatat kepemilikan properti.

Blockchain sudah diimplementasikan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Mayoritas dari mereka memanfaatkan teknologi ini untuk mempercepat segala transaksi pembayaran dengan aman sehingga mengurangi adanya transaksi yang cukup kompleks pada back office. 

Peran AI dalam Mendeteksi Penipuan Transaksi

Kehadiran AI masih menjadi pro kontra untuk berbagai kalangan. Namun, untuk dunia keuangan AI memiliki manfaat besar yang dapat mendeteksi penipuan. AI secara transparan dapat memantau seluruh data yang masuk dan menghentikan adanya ancaman penipuan sebelum terjadi. Tidak hanya itu, AI juga dapat mengurangi jumlah pengguna palsu yang masuk ke dalam suatu sistem secara real time. Tentunya hal ini menjadi solusi keamanan yang sangat baik untuk kemajuan bisnis. 

Baca juga: Mengenal Karakteristik Sistem Pengolahan Transaksi

Adapun beberapa jenis penipuan yang sering terjadi dan bisa dideteksi menggunakan AI, seperti pembobolan kartu kredit/debit, pembuatan akun-akun palsu media sosial, hingga pengisian informasi yang bersifat kredensial. AI memiliki sifat dinamis dan bekerja nyata dalam mendeteksi dan memproses data atau ancaman baru dalam hitungan detik sehingga jaminan keamanannya sangat baik. 

layanan pengelolahan transaksi di Alterra Bills

Alterra Bills Teknologi Baru yang Mengubah Proses Transaksi

Alterra Bills hadir dengan inovasi teknologi canggih untuk menghadirkan layanan digital yang memudahkan proses transaksi besar di perusahaan. Enterprise Dashboard merupakan salah satu layanan unggulan dari Alterra Bills yang dapat menjawab kebutuhan bisnis Anda. 

Layanan ini berupa dashboard tanpa pengembangan teknis yang langsung bisa perusahaan Anda gunakan untuk melakukan transaksi produk digital dalam jumlah besar secara simultan. Tidak hanya itu, dashboard ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang membantu Anda untuk mendapatkan informasi lengkap secara real time, seperti pengecekan status, jumlah, ID pelanggan, hingga penarikan data.

Layanan pengolahan transaksi besar dari Alterra Bills sudah digunakan oleh berbagai macam perusahaan ternama di Indonesia, seperti Allianz, Axiata Digital, J Trust Bank, dan masih banyak lagi. Apakah perusahaan Anda menjadi mitra kami berikutnya? Permudah semua transaksi Anda bersama Alterra Bills

Baca juga: Tantangan Pengolahan Transaksi dalam Berbisnis yang Harus Diwaspadai

Tags