Skip to content

Cara Mengubah Kartu ASKES Jadi BPJS Kesehatan Terbaru!

featured-img

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang dimiliki masimg-masing manusia di seluruh dunia. Setiap manusia pasti menginginkan kesehatannya selalu terjaga, karena dengan tubuh dan jiwa yang sehat Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Zaman dulu, orang yang sakit dan harus dirawat di rumah sakit dengan kondisi finansial yang kurang mampu, pasti akan merasa bingung karena tidak memiliki kartu ASKES. Pasalnya kartu Askes ini hanya dimiliki oleh kalangan Pegawai Pemerintah dan anggota TNI/Polri

kartu askes

Selain Pegawai Pemerintah dan anggota TNI/Polri. Pensiunan pejabat negara, veteran dan perintis kemerdekaan juga mendapat kartu ASKES, jadi memang pegawai pemerintahan saja yang bisa mendapatkan manfaatnya.

Tetapi saat ini kartu ASKES sudah tidak bisa digunakan, karena ASKES sudah berubah dan berganti nama menjadi BPJS.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2014, dan tidak hanya pegawai pemerintah serta anggota TNI/Polri saja yang mendapatkan manfaatnya. Tetapi semua masyarakat di Indonesia bisa menggunakan fasilitas ini.


Cara Mengubah Kartu ASKES Menjadi BPJS

kartu BPJS

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum datang ke kantor BPJS, Anda harus menyiapkan semua data yang diperlukan untuk proses perubahan kartu ASKES Anda dan keluarga menjadi kartu BPJS. Syarat yang dibutuhkan adalah kartu ASKES asli dan fotokopi Kartu Keluarga. Anda juga bisa menukarkan secara kolektif untuk keluarga yang terdaftar dalam Kartu Keluarga Anda.

2. Datang ke Kantor BPJS

Setelah menyiapkan seluruh data yang diperlukan, sekarang saatnya Anda untuk datang langsung ke kantor BPJS yang ada di kota masing-masing. Ambil nomor antrian yang sudah tersedia dan silakan menunggu panggilan sesuai nomor yang Anda dapatkan.

3. Melakukan Perubahan di Customer Service

Jika nomor Anda sudah dipanggil saatnya Anda untuk maju ke customer service, silakan Anda katakan jika ingin melakukan perubahan kartu ASKES menjadi kartu BPJS.

Serahkan semua data yang sudah dipersiapkan sebelumnya (kartu Askes dan fotokopi kartu keluarga). Maka pegawai customer service BPJS akan langsung menginput semua data yang ada dalam kartu keluarga Anda dan kartu akan tercetak sesuai dengan jumlah yang ada di kartu keluarga Anda.

Jika sudah memiliki kartu BPJS Anda cukup membayar biaya perbulannya, dan biaya yang dibayar pun sesuai dengan Faskes (Fasilitas Kesehatan) yang Anda ambil.

  • Kelas I     Rp. 150.000/Bulan
  • kelas II    Rp. 100.000/Bulan
  • Kelas III  Rp. 35.000/Bulan

Nah, itu dia cara mengubah kartu ASKES menjadi BPJS Kesehatan. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, ya!

Tags