Skip to content

Prospek Kerja Teknik Mesin, Tempatnya Lelaki Berkumpul

featured-img

Teknik mesin barangkali di mata orang-orang awam identik dengan laki-laki. Karena memang pada kenyataannya di jurusan teknik mesin di berbagai perguruan tinggi diketahui jumlah laki-lakinya melebihi 90% loh!

Meski kebanyakan orang yang berkutat di teknik mesin adalah laki-laki, hal ini ternyata tidak mengurangi prospek kerja teknik mesin di kemudian hari. Meski jarang diminati orang, nyata-nyatanya lulusan teknik mesin masih dicari-cari oleh perusahaan besar!

Lingkup kerja dari teknik mesin sendiri saat ini sudah sangat luas, tentunya mengikuti perkembangan zaman yang ada. Mulai dari aspek energi (bekerja di pembangkit listrik), perancangan sistem mekanik di pabrik, sistem pendingin, pemanas, kriogenik, dan masih banyak lagi.

Ke depannya seiring dengan perkembangan zaman, tentu saja prospek kerja teknik mesin akan lebih cerah. Karena semakin banyak bidang yang bisa dikerjakan oleh seorang sarjana teknik mesin.

Lebih jauh lagi, yuk kita bahas prospek kerja teknik mesin dengan lebih rinci!

Baca: Prospek kerja mahasiswa teknik industri


1. Bidang Operasi dan Perawatan

Operation and maintenance woman

Baik di luar negeri maupun di Indonesia, operation and maintenance merupakan salah satu bidang vital yang cukup di cari-cari para pemilik perusahaan. Hal ini tentu karena seluruh peralatan butuh perawatan sehingga menurunkan down time.

Ujungnya tentu saja produktivitas perusahaan meningkat dan pundi-pundi perusahaan pun akan semakin sehat. Nyaris seluruh industri di berbagai bidang membutuhkan orang-orang yang bekerja di bidang operasi dan perawatan ini.

Beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh orang yang bekerja di sini adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan seluruh mesin dan peralatan yang digunakan dalam produksi bahan di suatu perusahaan ataupun pabrik.

Selain itu seluruh aktivitas perusahaan yang ada kaitannya dengan peralatan harus dipantau oleh orang-orang operasi dan perawatan ini. Sehingga peralatan dan mesin bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Engineer pabrik mobil

Di bawah manajer bidang operasi dan perawatan biasanya terdapat staf-staf khusus yang membantu mengerjakan pekerjaannya. Diantaranya adalah civil supervisor, electrical superintendent, hingga mechanical superintendent.

Pada akhirnya seorang manajer operasi dan perawatan harus meningkatkan kapasitas produksi dengan terawatnya peralatan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi sehingga biaya operasi lebih rendah dapat tercapai, tanpa menurunkan kualitas produk.

Gaji yang diterima oleh seorang manajer bidang operasi dan perawatan umumnya cukup bervariasi, namun nilainya bisa mencapai Rp15.000.000,- hingga Rp30.000.000,- per bulannya. Tentu saja hal ini amat bergantung kepada banyak faktor.


2. Perancang Mesin

Perancang mesin

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak industri baru yang bermunculan di Indonesia. Tidak terkecuali industri-industri yang melibatkan banyak peralatan berat dengan segala mekanikanya.

Hal ini tentu memunculkan satu kebutuhan di bidang pekerjaan teknik mesin. Dalam praktiknya orang yang bekerja di bidang perancangan mesin harus mampu melakukan pembuatan parts hingga pembuatan mesin.

merancang mesin di komputer

Pembuatan mesin dan parts disini bukan hanya mesin-mesin standar yang sudah ada, namun mencakup perancangan dan perakitan mesin yang sudah diupgrade. Tujuannya tentu saja agar kebutuhan produksi bisa meningkat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang perancang mesin adalah kapasitas produksi yang harus mampu ditingkatkan, presisi yang juga harus ditingkatkan, kemudahan perawatan mesin, kemudahan pengoperasian mesin, kemanan mesin, hingga ketahanan mesin dan desain yang dirasa menarik.

Orang yang memiliki minat khusus di bagian perancangan mesin bukanlah aset untuk semua perusahaan. Karena umumnya hanya perusahaan-perusahaan dengan produksi skala besar saja lah yang memiliki divisimachinery.

memperbaiki mesin

Di Indonesia sendiri kami tidak menemukan jumlah gaji yang pasti dari seorang perancang mesin, hal ini mungkin karena kebutuhannya yang masih rendah disini. Tapi di beberapa perusahaan asing, Anda bisa membawa pulang setidaknya Rp25.000.000,- per bulan loh untuk bekerja di bidang ini.


3. Welding Engineer

Welding engineer

Welding atau dalam bahasa awamnya mengelas adalah salah satu pekerjaan yang ternyata bisa membuatmu kaya raya lho. Eits tapi jangan dibayangkan kalau welding engineer ini pekerjaannya melakukan las di bengkel-bengkel las kecil.

Welding engineer secara umum memiliki tugas untuk memastikan kekuatan sambungan las pada alat-alat besar yang dimiliki oleh suatu pabrik. Seorang Welding Engineer harus menguji kekuatan sambungan las tersebut.

Untuk menjadi seorang Welding Engineer Anda sebenarnya bisa masuk dari jurusan teknik mesin maupun teknik metalurgi. Dengan kata lain, dibandingkan dengan beberapa prospek kerja teknik mesin di artikel ini, seorang welding engineer memiliki persaingan yang cukup ketat ya.

mengelas sebuah pipa

Beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang welding engineer adalah pemahaman material. Anda harus paham bahan material dan pemilihan material yang bisa dipakai sesuai standar, hingga menyesuaikan dengan permintaan klien.

Selain itu Anda juga dituntut untuk bisa menghitung pemakaian benda-benda consumabledalam pengelasan. Dalam hal ini Anda harus bisa menentukan elektroda ataupun kawat las yang akan Anda pakai sehingga hasil las nya akan sesuai standar yang diinginkan.

Seorang Welding Engineer tentu saja harus bisa memilih proses pengelasan yang tepat, serta mampu melakukan proses preheat dan postweld heat treatment, yang bertujuan untuk mengurangi stress material.

Kemampuan yang tidak kalah penting yang harus dimiliki oleh seorang Welding Engineer adalah kemampuan komunikasi. Karena Anda dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan klien maupun atasan Anda, selain itu Anda juga harus melaporkan hasil pekerjaan Anda kepada manajer proyek.

Las dengan helm level 3

Gaji seorang Welding Engineer sangat dipengaruhi oleh pengalaman kerjanya. Di Indonesia sendiri rentang gaji dari seorang Welding Engineer adalah Rp10.000.000,- hingga Rp60.000.000,- Mmmm menarik bukan?


4. Konsultan Teknik

Terakhir. Seorang konsultan teknik mungkin salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan kalau Anda tidak tertarik dengan beberapa pekerjaan di atas. Hanya saja cakupan dari konsultan teknik ini cukup luas.

Konsultan teknik sedang berdiskusi

Selain itu untuk menjadi seorang konsultan teknik, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan dan pengalaman yang luar biasa baik. Oleh karena itulah tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi konsultan teknik merupakan salah satu prospek kerja teknik mesin dengan gaji yang cukup besar.

Sebagai konsultan, tentu saja Anda akan bekerja dengan menjadi mitra dari klien maupun owner. Nah Anda harus bisa membantu klien Anda untuk melakukan perencanaan yang berkaitan dengan bidang Anda.

Selain itu Anda juga harus mampu melakukan pengawasan terhadap proyek yang sedang Anda jalani. Yah intinya sih Anda benar-benar menjalankan tugas Anda untuk dikonsultasikan secara menyeluruh oleh klien Anda.

Untuk menjadi seorang konsultan Anda tidak hanya dituntut untuk pintar dalam bidang teknik mesin, namun Anda juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa baiknya. Hal ini karena nantinya Anda akan banyak berhubungan dengan orang.

Anda tentu akan sering berhubungan dengan klien Anda, dan orang-orang yang secara langsung terlibat di dalam proyek. Bagaimanapun Anda harus bisa mendengarkan klien Anda dan memberi masukan secara tepat apabila terdapat kekeliruan.

Anda pun harus bisa meneruskan hal-hal yang telah direncanakan kepada orang-orang yang terlibat di lapangan. Nah mengingat tuntutan yang cukup tinggi macam ini, barangkali pekerjaan konsultan teknik mesin bukanlah untuk semua orang.

Untuk gaji lagi-lagi kami tidak mendapatkan data validnya. Namun dari beberapa data yang kami temukan di forum-forum teknik mesin yang ada, Anda bisa membawa pulang belasan hingga Rp30.000.000,- per bulan!


Sebagai salah satu jurusan paling macho di seantero negeri, menjadi sarjana teknik mesin memang bukan untuk semua orang. Tapi itu tidak ada hubungannya kok dengan prospek kerja teknik mesin.

Nyata-nyata nya, seorang sarjana teknik mesin saat ini masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Melihat gajinya yang tinggi, tunggu apa lagi?

Tags