Skip to content

Manfaat Penggunaan Dompet Elektronik untuk Kemudahan Transaksi

featured-img

Dompet elektronik memberikan pilihan metode pembayaran yang mudah dan efisien untuk digunakan dalam bertransaksi setiap hari

Transformasi teknologi sudah mengubah sudut pandang dalam bertransaksi. Hal ini terlihat dari dompet elektronik menjadi metode pembayaran yang paling banyak digunakan. Kepraktisan yang ditawarkan menjadi salah satu layanan unggulan dari metode pembayaran ini. Dompet elektronik menjadi metode pembayaran yang terfavorit. Pada kuartal pertama di 2024 saja salah satu dompet elektronik di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 68% secara tahunan. 

Definisi Dompet elektronik

Dompet elektronik adalah salah satu metode pembayaran yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Kemajuan digitalisasi yang masif berdampak pada penggunaan dompet elektronik semakin efisien. Hal ini terbukti munculnya berbagai jenis dompet elektronik yang menambah pilihan metode pembayaran. Dompet elektronik berbasis teknologi yang menjamin keamanan informasi pribadi dan transaksi yang dilakukan. Cara penggunaannya pun sangat mudah hanya melalui platform atau aplikasi.

Perkembangan Dompet Elektronik

Perkembangan dompet elektronik di Indonesia sangat pesat. Masyarakat sudah semakin sadar kehadiran teknologi sangat memudahkan segala bentuk transaksi karena hanya menggunakan smartphone. Ada dua jenis dompet elektronik di Indonesia, yaitu aplikasi pembayaran independen dan tertanam. 

2149105175-min

Contoh aplikasi pembayaran independen, seperti GoPay dan ShopeePay yang hingga saat ini memiliki pengguna yang sangat banyak karena insentif dari aplikasi induknya, yaitu Shopee dan Gojek. Sementara untuk aplikasi pembayaran independen memiliki layanan yang berfokus pada penyediaan berbagai layanan keuangan yang lebih banyak dan fleksibilitas.

Baca juga: Uang Elektronik Memudahkan Semua Transaksi

Pada 2023, Indonesia mengalami peningkatan 92% pengguna dompet elektronik. Penggunanya didominasi oleh kelompok masyarakat kategori mampu. Tren ini akan terus meningkat pada tahun-tahun selanjutnya dikarenakan semakin banyak masyarakat Indonesia yang memilih dompet elektronik sebagai opsi pembayaran non tunai. 

Manfaat-Manfaat Dompet Elektronik

Menggunakan kecanggihan teknologi, berikut ini beberapa manfaat dompet elektronik yang bisa dirasakan penggunanya.

Kemudahan dalam Bertransaksi

Dompet elektronik menjadi opsi yang pas untuk pelanggan Anda dalam bertransaksi non tunai. Hal ini dikarenakan pelanggan tidak perlu lagi membawa uang tunai dan hanya menggunakan scan barcode melalui smartphone, proses transaksi bisa diselesaikan dengan mudah.

276112-min

Keamanan Transaksi Terjaga

Berbasis teknologi yang canggih, seluruh transaksi yang dilakukan dijamin keamanannya. Pengembangan teknologi yang begitu masif, tentu para perusahaan dompet elektronik akan melakukan improvisasi untuk menjaga keamanan transaksi pelanggannya.

Pengelolaan Keuangan Terjaga

Secara tidak langsung, transaksi menggunakan dompet elektronik dapat menjaga pengelolaan keuangan pelanggan Anda tetap terjaga. Sebab, semua transaksi akan tersimpan secara real time di dalam aplikasi dompet elektronik yang digunakan.

Baca juga: Simak Perbedaan Rupiah Digital dengan Uang Elektronik

Transparansi Transaksi

Melakukan transaksi menggunakan dompet digital para pelanggan terhindar dari kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh penjual. Misalnya, jika menggunakan pembayaran tunai, jumlah uang kembali bisa saja tidak sesuai.

2149357859-min

Kenyamanan Transaksi

Dompet elektronik memberikan kenyamanan dalam bertransaksi. Hal ini disebabkan pelanggan tidak perlu membawa uang tunai yang memiliki risiko lebih besar, seperti potensi jatuh, robek, uang palsu, dan masih banyak lagi.

Diskon dan Promo

Salah satu pelanggan menggunakan dompet elektronik untuk proses transaksi dikarenakan banyaknya diskon dan promo yang tentunya menguntungkan, seperti potongan harga, cashback, tukar poin, dan lainnya. 

Baca juga: Pilihan Aplikasi untuk Cek Saldo Uang Elektronik

Hemat Waktu

Berbasis scan barcode, proses transaksi menggunakan dompet elektronik jauh lebih menghemat waktu. Sebab, penjual dan pembeli tidak perlu melakukan proses terima dan kembalian uang.

Dompet elektronik sudah menjadi aplikasi harian yang digunakan oleh pelanggan. Tentunya, produk ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan transaksi bisnis Anda. Yuk, segera update produk dompet elektronik di platform Anda bersama Alterra Bills. 

Tags