Skip to content

10 Tips Sukses Bisnis Online Shop (Baca Biar Untung!)

featured-img

Punya online shop memang menggiurkan, karena potensinya sangat besar dan kita bahkan tidak perlu berhadapan dengan orang secara langsung (kecuali kalian memang doyan berinteraksi secara langsung).

Tapi ada kalanya sudah memiliki online shop namun keuntungan belum jelas dan seakan arah bisnis tidak kemana-mana.

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar bisnis online shop kalian (entah di Instagram ataupun Tokopedia) lebih maju dan profitable.

Yuk simak tips-tips berikut.

1. Seberapa banyak dan seberapa kuat saingan kalian?

Ini adalah salah satu hal yang selalu diperhatikan oleh para veteran bisnis, namun tidak dengan para pemula atau newbie.

Mayoritas pemula tidak tahu siapa saingan mereka ketika memulai sebuah bisnis, baik konvensional maupun online.

"Pokoknya gua jualan, rezeki di tangan Tuhan!"

Begitulah kira-kira mindsetnya.

Mengetahui siapa saingan kamu bisa membantu kamu untuk mengalahkan mereka dan bahkan membuka market baru untuk produk kalian.

Bagaimana kamu bisa belajar atau bahkan mengalahkan saingan kalian (yang saat ini sedang menikmati keuntungan) kalau kamu saja tidak tahu siapa sainganmu?

Buruan cari tahu siapa saja yang menjual produk yang sama atau mirip dengan apa yang kamu jual.

2. Apa kelebihan online shop kalian dibanding saingan kalian?

Nah, setelah kalian tahu siapa saja saingan-saingan kalian, sekarang saatnya introspeksi secara jujur. Apa kelebihan produk/toko kalian dibanding para saingan?

Apakah produk kalian lebih bagus? Lebih murah? Lebih lengkap? Jaminan original? Garansi satu tahun? Gratis ongkir? Instant delivery?

Apapun itu, pastikan kelebihan tersebut adalah hal yang memang dibutuhkan oleh para pembeli.

Contohnya, orang yang membeli produk makanan mahal kemungkinan lebih membutuhkan layanan instant delivery dibandingkan harga murah.

Atau orang yang beli smartphone pasti lebih butuh jaminan original dan garansi dibanding gratis ongkir.

3. Jual produk yang memang dicari dan dibutuhkan orang-orang

Saya pernah berjualan video game original yang jarang ditemukan di pasaran.

Saya pikir karena jarang beredar di toko-toko game lain, otomatis akan banyak kolektor game yang mencari karena barang tersebut langka.

Tapi, semua itu salah. Ada alasan kenapa game tersebut jarang beredar di toko-toko lain. Karena game itu tidak ada peminatnya!

Hal ini merupakan pelajaran bisnis yang berharga bagi saya. Pastikan produk yang kita jual memang dicari dan dibutuhkan oleh orang-orang.

Jangan sampai kamu menjual produk yang bagus dan menarik...hanya menurut kamu pribadi saja.

Gampangnya, kalau banyak yang jualan, berarti peminatnya banyak. Tapi bukan berarti kalau jarang yang berjualan tandanya tidak ada peminatnya. Bisa jadi karena supply barang tersebut susah dicari.

4. Pilih platform yang tepat (Tokopedia, Instagram, website)

Barang-barang seperti fashion item yang sifatnya custom dan musiman serta dibuat terbatas kurang cocok dipromosikan di Tokopedia, tetapi Instagram adalah tempat yang tepat.

Jualan produk komputer seperti kabel, modem, router, atau extender kurang cocok dijual di Instagram, karena pembelinya biasanya tidak nongkrong di Instagram dan produk tipe ini bukan produk yang perlu 'digoreng' terlebih dahulu.

Orang biasanya langsung saja mencari produk tersebut di ecommerce lokal macam Tokopedia ketika mereka butuh beli.

Kalau jualan mainan mahal seperti pisau, drone, stik golf, dan lain sebagainya, maka kita perlu 'menggoreng' dulu produk tersebut di media sosial seperti Instagram agar calon pembeli tertarik untuk membeli, karena produk-produk tersebut bukanlah produk kebutuhan, melainkan produk hobi.

5. Tawarkan promo (free ongkir/diskon grosir/jual paket)

Kalau mayoritas pembeli kamu lokasinya jauh-jauh, promo gratis ongkir tentu sangat menarik untuk mereka.

Kalau kamu pemborong suatu produk, memberi diskon grosiran untuk para orang yang ingin menjadi reseller tentu menjadi suatu kelebihan.

Kalau kamu jual produk kecantikan, mempaketkan beberapa produk dan menjualnya sedikit lebih murah justru lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Intinya, kita harus tahu apa hal yang bisa kita lakukan agar pembeli merasa senang dan puas membeli dari online shop kita.

6. Visual, visual, visual!

Beberapa kali sudah saya tekankan kalau aspek visual itu sangat penting di era serba digital dan serba layar seperti sekarang ini.

Coba lihat, di mana-mana bocah balita mainannya sudah tablet atau smartphone. Sebelum mereka berbicara, mereka sudah lihai mengoperasikan gadget yang orang dewasa saja kadang masih kesulitan.

Foto yang profesional, postingan IG yang eye catching, serta gambar di lapak ecommerce yang modern dan minimalis membuat mata kita tertuju pada produk yang dijual.

Pelajari dasar-dasar design grafis serta teori marketing menggunakan gambar. Kamu bisa googling itu semua dengan gratis.

Atau kalau mau pragmatis pakai Canva dan gunakan template yang sudah ada dan kita tinggal mengganti teks serta menambahkan gambar saja.

7. Sebagai seller, fast response itu hukumnya wajib

Saya pernah punya pengalaman ingin membeli sepatu lari, dan karena butuh cepat, saya menanyakan produk-produknya secara langsung ke beberapa seller di Tokopedia.

Hanya beberapa seller yang fast response alias balasnya cepat, sisanya butuh beberapa jam atau bahkan harian.

Alhasil, karena kepepet, saya beli dari seller yang fast response dan jawabnya niat (lengkap dan tidak malas-malasan).

Era sekarang adalah era serba instan, dan kalau kamu masih lamban dalam merespons calon pembeli, secara definisi kamu ketinggalan jaman.

8. Pengiriman same day delivery adalah nilai tambah

Masih di cerita ketika saya membeli sepatu lari. Karena saya butuh sepatu lari tersebut untuk keesokan harinya (mau latihan mukul di driving range), saya butuh yang bisa dikirim hari itu juga.

Dari beberapa seller yang fast response, hanya satu yang menyediakan same day delivery, dan kebetulan seller tersebut adalah yang sepatunya paling keren dan berkualitas serta lagi trend.

*uhuk..uhuk...910 Nineten*

Saya pesan, dan sore hari sudah sampai. Keesokannya, saya latihan mukul bola golf pakai sepatu tersebut yang tentu saja sangat nyaman.

Pesan moralnya? Semuanya serba cepat. Kalau kamu berada di bisnis yang sangat kompetitif, hal-hal kecil seperti ini sangatlah penting agar bisnis kamu bisa berada di paling atas.

9. Untuk produk yang premium, packaging yang juga premium serta adanya bonus bisa membuat pelanggan jadi setia

Pernahkah kamu membeli parfum mahal secara online dan ketika datang, bungkusnya hanya pakai plastik kresek dan bubble wrap?

Saya hampir tidak mungkin karena para penjual parfum tahu kalau produk mereka lekat image-nya dengan hal-hal eksklusif. Mereka mengerti pentingnya branding dan memanjakan dan membuat customer merasa spesial.

Makin mahal produk, makin besar pula harapan pembeli untuk mendapatkan packaging yang juga terlihat mahal.

Kalau kamu berjualan sepatu, baju, celana, jam tangan, atau produk kulit, hampir wajib hukumnya memakai packaging custom yang terkesan premium.

Begitu juga dengan produk makanan, jangan pakai kotak boks nasi warna putih yang biasa ada di pengajian di kampung-kampung.

Jangan lupa berikan bonus seperti sticker, gantungan kunci, atau dompet STNK (karena yang beli produk mahal biasanya bawa mobil).

10. Manfaatkan media sosial yang sedang hype seperti TikTok

Kalau kamu berjualan produk yang butuh 'digoreng' terlebih dahulu seperti produk fashion, maka joget-joget di Tiktok atau menyewa TikToker cantik seksi terkenal untuk joget-joget memakai produk kamu bisa jadi adalah langkah yang tepat.

TikTok punya user yang sedang tumbuh dengan cepat, dan apabila viral, maka produk kamu akan dilihat jutaan orang tanpa perlu keluar uang banyak.

Untuk produk aneh dan lucu seperti alat sulap atau mainan aneh, TikTok juga bisa jadi media yang tepat karena orang-orang buka TikTok ingin menonton konten receh yang bisa menghibur.

Intinya, jangan malu untuk joget-joget tolol.


Nah itu tadi 10 tips sukses bisnis online shop untuk kalian yang sudah punya online shop ya. Kalau belum punya, baca yang ini!

Dan by the way, kalau kalian butuh Bill Payment Service untuk online shop kalian, coba cek Alterra.

Tags