Skip to content

10 Tips Promosi Bisnis Online (Agar Laku Banyak!)

featured-img

Kalau kalian sudah punya dan sedang menjalankan sebuah bisnis online, selamat!

Tahap pertama yang paling berat sudah kalian lakukan. Lantas, apa yang harus dilakukan selanjutnya agar bisnis online kalian bisa laris dan tumbuh?

Promosi!

Promosi itu penting karena tanpa promosi, susah untuk bisnis kalian dikenal banyak orang, dan jika tidak terkenal, maka tidak ada yang beli, tidak ada yang beli maka tidak untung, tidak untung maka jadi miskin. Oke yang terakhir agak lebay.

Singkat cerita, di artikel ini saya akan memberi beberapa tips dalam mempromosikan bisnis online kalian. Mari disimak.

1. Ketahui di mana calon pembeli kalian nongkrong

Langkah pertama dalam berpromosi adalah mengetahui di mana para calon pembeli bisnis online kalian biasa nongkrong.

Dalam konteks ini, maksud saya adalah tempat online ya, seperti aplikasi, medsos, website, atau forum.

Kalau calon pembeli kalian lebih aktif di Instagram ketimbang Twitter, maka sangat masuk akal kalau kalian promosinya di Instagram, entah itu promosi berbayar atau dengan content marketing.

Kalau calon pembeli kalian hobinya nonton video di YouTube, maka cara paling efektif adalah beriklan di YouTube, dan  mau tidak mau akan keluar uang untuk biaya pemasangan iklan, atau bisa juga mengendorse YouTuber terkenal.

Intinya, cari tahu dulu profil calon pembeli kalian dan tempat 'nongkrong' online mereka.

2. Tentukan ingin promosi berbayar atau gratis (atau keduanya

Hampir di tiap platform, baik itu media sosial seperti Instagram dan Facebook atau website berbagi video seperti YouTube punya fitur beriklan berbayar.

Tapi bukan berarti promosi berbayar adalah satu-satunya cara untuk berpromosi di platform-platform tersebut.

Di banyak kasus, promosi gratis tetap bisa dilakukan, hanya saja makin ke sini makin dipersulit karena mereka (platform-platform tersebut) ingin mencari keuntungan dari fitur iklan berbayar.

Dengan content marketing, kamu bisa membuat konten yang menarik dalam bentuk infographic, poster, atau video yang saking menariknya akan membuat calon pembeli tertarik dengan bisnis kamu.

Lantas, promosi seperti apa yang ideal? Yang ideal tentu saja gabungan keduanya.

Pertama, kamu buat konten yang sangat bagus dan shareable, kemudian promosikan konten tersebut menggunakan fitur iklan berbayar di masing-masing platform.

Kombinasi kedua hal tersebut akan membuat branding bisnis online kamu makin cepat dan powerful.

3. Dengan aktif berbagi hal menarik di medsos saja sudah powerful efeknya

Sebenarnya kalau kamu suka berbagi di media sosial seperti Instagram, entah itu ilmu atau hal-hal menarik, otomatis calon pembeli akan tertarik dengan akun kamu dan malah akan merekomendasikan akun IG kamu ke orang lain.

Tidak perlu pusing memikirkan promosi, marketing, advertising, dan lain-lain, cukup fokus menyajikan konten bermutu maka promosi dan branding akan terjadi dengan natural.

Ada banyak akun yang bahkan tidak paham apa itu marketing dan advertising namun bisa meraup keuntungan karena mereka fokus menyajikan konten yang disukai pengikutnya.

Intinya, fokus ke calon pembeli dan apa yang mereka suka, urusan jualan di nomor duakan.

4. Promosi via content marketing di blog dan dioptimasi dari segi SEO

Kalau bisnis online kamu ada websitenya, maka wajib hukumnya membuat blog di website tersebut untuk kepentingan content marketing.

Content marketing adalah salah satu paling populer bagi para bisnis untuk menginvestasikan uang mereka ke promosi jangka panjang.

Artikel yang ditulis di blog bisa mendatangkan pengunjung hingga bertahun-tahun ke depan tanpa perlu promosi aktif.

Cukup dengan menulis banyak artikel berkualitas yang dioptimasi dari segi SEO sehingga memudahkan search engine seperti Google untuk menaikkan ranking artikel kamu di hasil pencarian.

Contoh sederhananya adalah artikel ini sendiri yang sedang kamu baca. Saya menulis artikel ini agar orang-orang datang ke website Alterra dengan harapan mereka akan menggunakan Alterra sebagai Bill Payment Service-nya.

Baca juga: Stock Opname: Pengertian, Tujuan, dan Cara Melakukannya

5. Promosi di forum dan grup

Kalau mau lebih niat lagi, masuklah ke dalam forum-forum atau grup di Facebook untuk berinteraksi dengan para pegiat komunitas.

Tapi bukan berarti kamu bisa langsung jualan begitu saja. Bisa-bisa kamu dikeluarkan atau lebih parah lagi di-ban akunnya.

Orang-orang tidak suka dengan orang atau akun yang kerjaannya hanya promosi dan jualan saja.

Lantas, bagaimana cara promosi di forum atau grup?

Seperti hal-nya dengan content marketing, kamu harus memberi value kepada komunitas tersebut.

Bisa dengan menjawab pertanyaan, berbagi ilmu, atau sekadar aktif saja seperti seakan kamu adalah member biasa di forum tersebut.

Intinya, buatlah kehadiran kamu di forum atau grup tersebut berguna dan membantu member-member lain.

Tapi jangan lupa pastikan mereka tahu kalau kamu memang jualan, bisa dengan cara profile picture yang menggambarkan bisnis kamu atau kalau di forum kamu bisa menaruh signature di bagian bawah tiap postingan kamu.

6. Mengadakan giveaway atau kontes

Ini adalah salah satu trik yang cukup sering digunakan di zaman sekarang, terutama oleh para influencer seperti selebgram atau YouTuber.

Apa sih giveaway itu? Sesuai namanya, yaitu give dan away, artinya memberi sesuatu secara cuma-cuma ke audience.

Intinya kamu memberikan suatu hadiah (yang disukai oleh para calon pembeli) dengan syarat mereka harus berbagi postingan atau konten kamu ke teman-teman mereka supaya bisnis online kamu menyebar dengan sendirinya.

Biasanya karena keterbatasan budget, hadiah yang diberikan tidak banyak sehingga ujung-ujungnya hadiah akan diundi. Anggaplah giveaway ini adalah undian dengan syarat harus 'mempromosikan' bisnisnya.

Kontes juga mirip-mirip caranya. Kamu membuat sebuah kontes dan pemenangnya akan mendapat hadiah. Biasanya kalau ingin ikutan kontesnya juga harus membagikan info-nya ke teman-teman mereka di medsos.

7. Beriklan di platform masing-masing juga oke kalau ada budget-nya

Kalau kebetulan bisnis online kamu punya budget untuk beriklan, tentu hal ini akan mempermudah promosi karena hampir tiap platform sudah menyediakan fitur iklan berbayar.

Tiga platform yang paling terkenal untuk iklan berbayar adalah Google, Facebook, dan Instagram.

Pelajari terlebih dahulu cara mengiklan di platform-platform tersebut bila tidak ingin sia-sia mengeluarkan uang namun hasil yang diharapkan kurang maksimal.

Iklan berbayar memang sangat praktis dan terjamin karena kita hanya bayar kalau calon pembeli mengunjungi link yang kita iklankan.

Kalau mau aman, gunakan jasa agen periklanan spesialis Google/Facebook/Instagram. Mereka sudah pengalaman dan bisa jadi lebih menguntungkan dibanding apabila kita mencoba melakukannya sendiri.

Baca juga: Memahami Lebih Jauh Kegunaan Barang Substitusi

8. Pastikan pembeli baru akan berubah jadi pelanggan setia

Susah-susah promosi namun kalau orang yang datang tidak jadi pelanggan setia, atau bahkan tidak membeli sedikitpun, buat apa?

Maka pastikan kamu punya strategi untuk membuat orang-orang yang akan datang ke bisnis online kamu akan menjadi pembeli setia.

Sebelum beriklan atau promosi, siapkan program khusus untuk orang yang mau jadi member atau memberikan data mereka sehingga mereka akan membeli dari kamu lagi.

Cara paling umum adalah dengan meminta alamat email atau nomor telepon yang aktif sehingga kamu bisa menghubungi mereka lagi kalau kamu ingin menawarkan produk-produk kamu yang lain.

Intinya, jangan sampai mereka pergi begitu saja tanpa memberikan apa-apa ke kamu.

Iming-imingi dengan hal-hal gratis seperti misalnya ebook atau diskon khusus apabila mereka mau memberikan email/nomor telepon atau daftar menjadi member.

9. Buatlah promo atau diskon yang menarik dan memang menguntungkan

Kamu sudah beriklan dan menyiapkan strategi agar pelanggan tidak kabur dan mau menjadi member, namun masih ada hal menjanggal yang membuat calon pembeli tidak minat dengan promomu, apa itu kira-kira?

Mungkin diskon atau promo yang kamu berikan tidak menarik...atau kelewat kecil.

Buat apa calon pembeli bela-belain melihat dagangan kamu kalau ternyata diskonnya hanya 1%? Atau kamu menjanjikan mereka gantungan kunci kalau mereka membeli produk kamu yang harganya 2 juta?

Jangan pelit-pelit lah kalau memang niat promosi. Yang namanya promosi itu memang butuh modal kalau mau terlihat aslinya.

10. Efek dari promosi bisa jangka panjang, jangan kecewa kalau hasil promosi tidak instan

Setelah promosi dua bulan, kok pengunjung belum membludak? Kok follower nambah tapi pada gak beli?

Eits...promosi itu tidak instan hasilnya di banyak kasus. Bahkan, promosi itu merupakan bagian dari branding, dan yang namanya branding itu butuh waktu bulanan hingga tahunan agar bisnisnya dipercaya oleh calon pembeli.

Coba bayangkan, ada merk sepatu yang gencar promosi gila-gilaan selama 3 bulan. Apakah lantas orang-orang langsung percaya dengan merk baru tersebut?

Untuk beberapa tipe produk, terutama yang mahal, orang lebih percaya dengan produk yang terdengar familiar di telinga dan sering mereka lihat.

Itulah mengapa brand-brand besar lebih sabar dalam berbisnis karena mereka tahu yang namanya branding itu butuh waktu yang cukup lama dibanding hanya promosi sesaat.

Makanya, saran saya kalau bisnis kamu masih kecil, fokuslah di content marketing dulu sembari membangun trust ke para follower/audience, baru ketika mereka sudah mulai percaya dengan bisnis kamu, kamu bisa promosi dengan iklan berbayar.


Yak, itulah beberapa tips promosi bisnis online yang bisa kamu resapi sejenak dan putuskan untuk ikuti atau tidak.

Dan omong-omong, kalau kamu butuh Bill Payment Service untuk bisnis online kamu, cobain Alterra deh.

Tags