Skip to content

Tips Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor

featured-img

Tahukah kamu bahwa berdasarkan data yang dimiliki oleh Mabes Polri, kendaraan bermotor yang beredar di Indonesia saat ini berjumlah 111 juta! Dengan jumlah terbanyak diduduki oleh sepeda motor yakni sebanyak 91 juta dan mobil pribadi sejumlah 13 juta!

Lah terus apa hubungannya jumlah kendaraan bermotor dengan tips memulai usaha cuci mobil dan motor? Ya ada dong, dengan jumlah kendaraan bermotor yang nyaris menyentuh setengah dari populasi manusia di Indonesia itu, peluang usaha dari bisnis ini tentu amat besar!

Meski kalau dilihat di beberapa pulau besar, jumlah kendaraan bermotor ini tidak terlalu merata. Jumlah terbanyak tentu saja ada di pulau Jawa dan Sumatera. Keduanya menyumbang 93 juta kendaraan bermotor loh.

Baca juga: Tips memulai usaha percetakan

Kendaraan bermotor jalanan macet

Belum lagi bicara soal kemacetan yang mulai merajalela di kota-kota metropolitan dan kota-kota besar di Indonesia. Artinya waktu yang dipunya oleh sang pemilik kendaraan amatlah sedikit dong.

Baru sampe rumah udah kecapekan, boro-boro mau cuci mobil. Solusinya? Tentu saja akan ada banyak pemilik kendaraan bermotor yang menitipkan kendaraan mereka ke tempat-tempat pencuciaan yang ada.

Hmm gimana gimana? Makin semangat dong bikin usaha cuci mobil dan motor?  Yuk dilanjut baca tips memulai usaha cuci mobil dan motor dari kami, dan jangan lupa juga baca ya simulasi modal pembuatan usaha cuci mobil dan motor dari kami di bawah ini!


Lokasi adalah Kunci

Cuci mobil

Ada beberapa ahli bisnis pernah bilang “penentuan lokasi usaha kuliner itu omong kosong”. Pendapat itu barangkali ada benarnya, kalau bisnis kamu bisnis kuliner. Tapi bicara bisnis cuci mobil dan motor, lokasi adalah faktor penting.

Syarat lokasi yang baik untuk dipilih pertama-tama adalah lokasi yang dekat dan mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Kalau kamu punya lahan luas, tapi di tengah sawah, buat apa kamu ubah jadi usaha cuci mobil dan motor. Mending kamu buat jadi sawah juga!

Tapi kalau lahanmu di pinggir-pinggir kota dengan banyak pemukiman padat penduduk di sekitarnya, sikat! Ubah lahanmu itu menjadi sumber pundi-pundimu, ubahlah menjadi tempat usaha cuci mobil dan motormu.

Syarat lokasi yang baik kedua adalah lokasi harus dekat dengan bahan baku dan sumber daya. Dalam arti lokasimu harus dekat dengan air, dan tentu harus memiliki sumber listrik yang baik. Selain itu kamu harus bisa dengan mudah membeli barang-barang habis pakai seperti shampoo mobil, detergen, hingga minyak pelapis cat mobil.

Kita bahas satu persatu. Sumber air yang kamu butuhkan haruslah sumber air dengan kekuatan tinggi. Ada beberapa lokasi, terutama di luar kota-kota besar dimana air seringkali masuk dalam jumlah yang sedikit.

Kalau memang kamu cuma punya satu lahan yang airnya terlalu kecil, kamu bisa mengakalinya dengan membuat banyak penampungan air. Tapi yang jelas ini berarti kamu membutuhkan modal yang lebih besar pula.

Sementara terkait barang-barang habis pakai, kalau lokasimu terlalu jauh dengan barang-barang habis pakai tersebut nantinya kamu akan kesulitan jika harus sering membeli barang-barang tersebut. Belum lagi kalau ada kondisi darurat dimana pelangganmu membludak secara tiba-tiba.

Selain itu manfaatkanlah ruang di dalam lahan kamu dengan efektif. Buatlah motor dan mobil dapat masuk sebanyak mungkin, tanpa harus mengorbankan estetika dan kenyamanan. Kalau ada uang lebih, boleh juga kamu menyewa jasa profesional agar terlihat lebih menarik.


Pelayanan (Juga) Adalah Kunci

Bagi kami semua tips disini adalah kunci, jadi jangan heran kalau sub-judul dari artikel tips memulai usaha cuci mobil dan motor ini mirip-mirip.Mengapa pelayanan juga termasuk kunci? Pelayanan yang seperti apa?

Cuci mobil

Pertama-tama kamu harus memahami bahwa dalam menjalankan usaha cuci mobil dan motor tentu saja gak mungkin dong kalau kamu sendiri yang akan turun gunung mencuci satu-satu mobil dan motor pelangganmu?

Otomatis kamu akan mempekerjakan banyak orang disini. Yang sulit adalah, orang ini kemudian akan banyak berhubungan dengan orang lain pula (klienmu).

Kamu boleh punya nilai yang baik, memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga ketika bertemu pelanggan kamu bisa memaksimalkan layananmu. Tapi bagaimana dengan para karyawanmu?

Oleh karena itulah sebelum memutuskan untuk melengkapi usaha cucimu dengan berbagai fasilitas layanan yang baik, latihlah karyawanmu. Jangan sampai mereka memperlakukan kendaraan pelangganmu dengan asal-asalan.

Karyawanmu juga harus bisa menjadi pemecah masalah. Tidak jarang klien akan mengeluhkan kebersihan mobilnya, misalnya bagian mesin yang kotor hingga bagian bawah mobil yang sulit dibersihkan.

Karyawanmu harus mampu menjawab keluhan-keluhan klienmu tersebut, dengan memberikan pencucian kendaraan klien secara maksimal. Intinya sih kamu harus melatih karyawanmu sehingga pelayanan yang diberikan bisa maksimal.

Selanjutnya, sediakan pula beberapa peralatan yang baik dalam menjalankan usahamu. Kalau kamu belum punya cukup modal, seenggaknya beli lah peralatan-peralatan pencucian mobil second namun dengan kualitas yang oke juga.

Tapi kami berasumsi sih, kamu yang berencana membuat usaha cuci mobil dan motor pasti sudah menyiapkan modal yang cukup besar bukan?


Belajar Marketing

Eits jangan salah, marketing disini bukan berarti ilmu sales yang biasa kamu liat kalo kamu ketemu salesperson ya. Ilmu sales dan ilmu marketing adalah kedua ilmu yang berbeda sama sekali. Apalagi dengan bisnis cuci mobil dan motor yang saat ini amat menjamur, ilmu ini menjadi begitu krusial dan penting dalam menjalankan bisnis.

Memasarkan tempat cuci mobil baru

Ilmu marketing ini berkaitan dengan caramu menjual usahamu. Kamu harus bisa menawarkan jasa yang kamu punya dengan semenarik mungkin, jangan cuma dengan tulisan “Mobil Rp 50.000,- // Motor Rp 15.000,-“ Siapa yang mau datang ke tempatmu kalau gitu?

Beberapa teknik marketing yang bisa dilakukan misalnya dengan memberlakukan membership. Kamu meminta uang sebesar tertentu kepada klienmu untuk menjadi member. Dengan menjadi member kamu akan memberikan beberapa penawaran khusus yang tidak diberikan kepada non member.

Misalnya fasilitas lounge, fasilitas cuci 4 kali gratis cuci 1 kali, fasilitas cuci 1 mobil gratis cuci 1  motor, hingga pemberian harga pencucian yang murah. Kamu bisa membuatnya sekreatif mungkin. Intinya sih tariklah pembeli mu dengan penawaran yang sebaik mungkin.

Selain itu jangan pernah lupa kepada penawaran paling dasar, yakni harga yang bersaing! Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan sebelum membuka usaha cuci mobilmu. Kamu bisa keliling-keliling kota dengan kendaraan pribadimu, dan melakukan cuci kendaraan di beberapa usaha serupa.

Disana kamu bisa melihat misalnya perbandingan antara harga, layanan, hingga jumlah rata-rata kendaraan bermotor yang ada. Dari sana kemudian tentukan lah harga yang sesuai dengan kualitas layanan yang kamu berikan kepada pelangganmu.


Berapa Modal Usaha Cuci Mobil dan Motor?

Modal yang dibutuhkan untuk membuat usaha macam ini sebenarnya amat bervariasi, tergantung dari layanan yang ingin diberikan dan tentu saja kualitas peralatan yang mau kamu beli.

Tapi beberapa peralatan yang harus kamu tau harganya misalnya hidrolik mobil dengan beban maksimal 2 ton rata-rata berharga Rp 20 juta an, sementara harga kompresor 1 HP rata-rata adalah Rp 1 hingga Rp 2 juta, harga mesin pressure air rata-rata adalah Rp 3 juta, dan harga tabung snow rata-rata adalah Rp 1 juta.

Nah kira-kira kebayang dong apa aja yang kamu butuhin untuk membuat usaha cuci mobil dan motor mu sendiri. Semoga tips memulai usaha cuci mobil dan motor yang kami berikan ini bermanfaat ya buat kamu!

Tags