Skip to content

Inilah 8 Tanda Bisnis Siap untuk Dikembangkan!

featured-img

Seorang pebisnis tentunya harus memiliki tekad yang kuat untuk memulai sebuah bisnis baru dan impian untuk terus mengembangkan usaha jadi lebih maksimal.

Bentuk pengembangan bisnis juga beragam, mulai dari pengembangan produk, jasa, dan masih banyak lagi. Ketika bisnis yang Anda jalankan sudah terbilang sukses, kini saatnya untuk melakukan ekspansi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Untuk melakukan ekspansi sebuah usaha harus memperhatikan beberapa hal, berikut ini merupakan tanda bahwa Anda siap mengembangkan bisnis.


1. Memiliki Produk yang Inovatif

Salah satu cara bertahan dalam dunia bisnis adalah memiliki produk yang inovatif atau berbeda dari yang lain dan harus memiliki keunikan tersendiri.

Karena dengan begitu, Anda bisa mengurangi tingkat persaingan sekaligus menarik minat pelanggan dengan produk yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Dengan meningkatkan permintaan pada produk yang di inginkan oleh para customer, keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal. Hal ini merupakan indikasi bahwa bisnis yang dijalankan telah sukses.


2. Utamakan Pelayanan Konsumen

Pelayanan konsumen menjadi aspek penting yang harus Anda perhatikan. Hal tersebut guna menjaga mereka agar tetap bertahan pada produk atau merk yang Anda jual.

Manfaatkan sosial media untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan update tentang produk terbaru atau apapun yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Sering berinteraksi dengan konsumen dengan menjawab pertanyaan, memberikan solusi serta menawarkan bantuan. Anda juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik.


3. Kenali Kompetitor

Anda akan mendapat banyak pelajaran jika mengenali kompetitor dengan melihat apa saja nilai jual dan serta kelebihan yang dimiliki oleh pesaing.

Anda juga tidak perlu menjiplak alias copy paste apa yang dilakukan kompetitor untuk membuat diri bisnis Anda setara. Cukup kembangan inovasi produk Anda sendiri dengan kualitas mumpuni, maka pelanggan pun akan datang dengan sendirinya.

Mengenali kompetitor dilakukan dengan tujuan agar bisnis Anda bisa mengeluarkan suatu produk yang berbeda.


4. Punya Pelanggan Setia

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki pelanggan setia dan akan selalu kembali untuk membeli produk terbaru dari bisnis Anda.

Pelanggan yang selalu kembali ke tempat usaha Anda merupakan salah satu bukti pelayanan yang dihadirkan dapat memuaskan mereka.

Untuk mendapatkan pelanggan setia, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

  • Gunakan media sosial untuk menjaring pelanggan baru.
  • Buatlah database pelanggan yang pernah datang ke toko outlet Anda. Data tersebut nantinya bisa Anda manfaatkan untuk memberitahukan adanya promo.
  • Berkomunikasi secara aktif dengan pelanggan.
  • Manfaatkan juga Customer Relationship Management untuk tetap terhubung dengan para pelanggan.

5. Minimalisasi Biaya Operasional

Tujuan dalam membangun usaha adalah untuk menghemat biaya pengeluaran dan mendapatkan keuntungan dengan sebesar-besarnya.

Maka dari itu, Anda harus mengawasi berapa modal dan biaya operasional yang telah dikeluarkan dan serta pendapatan yang dihasilkan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan yang dipenuhi oleh bisnis selaras dengan apa saja yang harusnya didapatkan untuk menciptakan pertumbuhan.


6. Atur Keuangan dengan Baik

Jika usaha yang Anda jalankan sudah stabil, kini waktunya Anda untuk mengatur keuangan dengan benar. Hal ini dilakukan agar pengeluaran dan penghasilan dari usaha yang Anda jalankan seimbang.

Mengelola keuangan dengan baik merupakan bagian krusial dalam perkembangan sebuah bisnis, maka dari itu tak heran jika banyak sekali usaha yang gagal karena salah dalam mengelola keuangan.

Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, Anda bisa mempekerjakan seorang lulusan Akuntansi yang kompeten untuk membantu semua pencatatan keuangan bisnis Anda.

Baca juga: Peran Slogan Bagi Perusahaan: Bukan Hanya Sebagai Simbol!


7. Memiliki Karyawan yang Solid

Karyawan adalah garda terdepan yang akan membantu menjualkan produk-produk bisnis Anda kepada para konsumen.

Dan perlu Anda ketahui bahwa ekspansi bisnis membutuhkan banyak tenaga dan akan menyita karena Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk menangani perluasan bisnis.

Di situlah peran karyawan Anda dibutuhkan, apakah Anda siap mempercayakan bisnis kepada mereka dan apakah mereka siap untuk diberikan kepercayaan. Semua ada di tangan Anda.

Maka dari itu lakukanlah strategi perekrutan karyawan dengan baik agar dapat memiliki karyawan yang solid dan memiliki motivasi serta tujuan yang sama dengan Anda dalam mengembangkan bisnis.


8. Memiliki Modal yang Cukup

Hal terakhir yang harus Anda siapkan untuk mengembangkan bisnis adalah modal usaha.

Modal dibutuhkan tidak hanya pada saat Anda akan memulai bisnis saja, tapi ketika Anda mau mengembangkan bisnis juga.

Pada dasarnya jika Anda memiliki aliran dana yang lancar, pemasukan serta bisnis yang stabil, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengembangkan usaha Anda.

Meski begitu, perlu diingat bahwa “mengembangkan” sama halnya dengan membangun usaha baru, membutuhkan banyak modal untuk mewujudkan rencana Anda.

Nah, itulah tanda bisnis Anda siap untuk dikembangkan. Bagaimana? Sudah memenuhi kriteria di atas untuk merambah ke bisnis yang lebih maju?

Tags