Slogan memiliki nilai penting dalam memasarkan suatu produk supaya produk tersebut bisa diterima masyarakat.
Dalam memasarkan produk, slogan termasuk strategi promosi dan branding yang banyak dipilih oleh perusahaan. Harapannya, masyarakat akan lebih mudah mengenal produk yang dipasarkan sehingga dapat meningkatkan brand awareness.
Slogan berupa rangkaian kata yang mengandung makna tentang produk tersebut. Biasanya kalimat tersebut menjelaskan tujuan dari suatu ideologi, organisasi, atau lainnya. Sangat disarankan untuk membuat slogan yang unik dan menarik sehingga mudah diingat masyarakat.
Sebagai contoh, jika Anda mendengar kalimat “semakin di depan”, pasti pikiran Anda langsung teringat pada merek sepeda motor asal Jepang yang cukup populer di Indonesia. Itulah tujuan dibuatnya slogan agar masyarakat langsung mengingat produk perusahaan Anda tanpa harus menyebutkan mereknya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, slogan adalah kalimat pendek yang dibuat sangat menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Baik itu barang, jasa, dan lainnya. Sementara menurut kamus Oxford yang mengutip dari Kompas, slogan adalah frasa pendek yang mencolok dan mudah diingat sebagai cara untuk promosikan produk. Dikemas dengan sangat unik, tapi tetap memberikan ringkasan mengenai produk, atau layanan yang dipasarkan.
Idealnya, slogan harus mengandung unsur pesan, nilai, dan keyakinan agar masyarakat tertarik dan membeli produk tersebut. Namun, membuat slogan cukup sulit karena harus tersusun dengan sangat efektif supaya pemasaran produk yang dilakukan berjalan sesuai tujuan perusahaan.
Baca juga: Memahami Perbedaan Customer dan Client dalam Bisnis
Berdasarkan informasi dari Kompas yang mengutip Sexads, slogan yang efektif harus memenuhi karakteristik berikut ini.
Menurut Masterclass yang dikutip dari Kompas, ada beberapa jenis slogan yang digunakan berdasarkan tujuan perusahaan. Berikut ini ulasannya.
Slogan memiliki fungsi yang penting bagi perusahaan. Sebab, slogan bisa digunakan untuk menarik perhatian dan memudahkan masyarakat untuk mengingat produk Anda. Oleh karena itu, berikut ini beberapa fungsi dari slogan.
Selain brand, slogan juga bisa digunakan sebagai identitas perusahaan. Pasalnya, slogan yang efektif, akan berdampak pada keeksistensian perusahaan tersebut. Selain itu, slogan juga bisa mewakili produk dan tujuan dari perusahaan karena mengandung unsur nilai, pesan, dan visi dari perusahaan tersebut.
Slogan harus bisa menggambarkan kelebihan produk yang dipasarkan dibandingkan sejenisnya. Hal ini dilakukan supaya bisa bersaing dengan produk lainnya.
Selain istilah slogan, pasti Anda juga pernah mendengar tagline, bukan? Mungkin masih banyak yang mengira slogan dan tagline adalah dua istilah yang sama. Meskipun secara umum terlihat sama, tapi ada beberapa perbedaan antara slogan dan tagline. Berikut ini ulasan yang telah dirangkum dari Ekrut.
Berdasarkan pengertiannya, slogan adalah kalimat yang menarik perhatian dan biasanya digunakan untuk mempromosikan produk, sedangkan tagline adalah frasa singkat yang mengandung nilai dari suatu brand atau merek.
Slogan digunakan hanya untuk produk atau layanan pemasaran tertentu, sedangkan tagline digunakan sebagai representasi perusahaan untuk menjelaskan model bisnis atau layanan yang diberikan perusahaan tersebut, sesuai dengan nilai, visi, dan misi perusahaan.
Slogan digunakan untuk menyampaikan visi misi perusahaan hanya untuk keperluan iklan. Sementara tagline, untuk meningkatkan citra perusahaan, mempersempit aspek tertentu dari perusahaan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang brand perusahaan secara keseluruhan.
Idealnya, slogan memiliki jumlah kata yang lebih panjang, kisaran 9-10 kata, sedangkan tagline harus lebih singkat, yaitu kurang dari 7 kata.
Slogan memiliki durasi penggunaan hanya untuk satu produk yang berfokus pada tema atau ide baru. Sementara tagline memiliki durasi penggunaan yang lebih lama bahkan tak lekang oleh waktu karena mencerminkan brand perusahaan secara menyeluruh.
Baca juga: Mengulik Kegiatan Produsen dari Perseorangan ataupun Perusahaan
Ada banyak slogan yang unik, menarik, dan mudah diingat dari berbagai jenis perusahaan yang ada di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.
Baca juga: Cara Bijak Mengelola Keuangan Bagi Pembisnis
Itulah informasi mengenai pentingnya slogan untuk produk yang dipasarkan. Selain sebagai untuk brand awareness, slogan juga bisa membantu penjualan produk karena masyarakat akan terpikat dengan kata-kata yang dipakai untuk slogan. Oleh karena itu, yukk buat slogan yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh masyarakat.