Skip to content

Situs Freelance Terbaik Untuk Mendapatkan Pekerjaan 

featured-img

Freelancer atau pekerja lepas menjadi salah satu profesi yang banyak diminati masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik, tercatat ada 33,34 juta orang yang bekerja menjadi freelancer hingga Agustus 2020. Angka ini mengalami kenaikan 26% atau 4,32 juta dari tahun sebelumnya.

Mengapa para freelancer mudah mencari pekerjaan? Salah satunya disebabkan adanya wadah atau situs yang memudahkan mereka mencari pekerjaan tersebut. Hingga saat ini sudah banyak situs freelance terbaik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan freelance, artikel ini akan merekomendasikan beberapa situs yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai kemampuan. Dirangkum dari Hostinger, berikut ini ulasannya. 

Rekomendasi Situs Terbaik Untuk Para Freelance

Terdapat 10 situs freelance terbaik yang akan kami rekomendasikan. Baik dari Indonesia maupun luar negeri. 

Sribulancer

Untuk para freelancer pasti sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Sribulancer merupakan salah satu situs freelancer terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan, daftar pekerjaan yang diberikan Sribulancer lebih sesuai dengan pasar Indonesia. Sehingga para freelancer lebih mudah untuk menemukan job yang sesuai dengan keahliannya. Tidak hanya itu, keunggulan lain dari Sribulancer adalah sistem pembayaran yang ditawarkan melalui transfer bank yang sangat memudahkan kedua pihak.

Rekomendasi Situs Terbaik Untuk Para Freelance

Linkedin

Linkedin termasuk situs pencari kerja yang memiliki reputasi bagus. Pasalnya, banyak sekali perusahaan yang mem-publish job yang dibutuhkan pada situs ini. Anda bisa memfilter jenis pekerjaan dan wilayah yang diinginkan, sehingga di halaman utama akan muncul pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Freelancer Indonesia

Selanjutnya ada Freelancer Indonesia. Situ ini memiliki jumlah  user sebanyak 32 juta yang sudah terdaftar. Anda bisa mencari pekerjaan freelance di situs ini dengan mendaftarkan diri secara gratis. banyaknya peminat yang mencari pekerjaan di situ sini, tentunya diimbangi dengan jumlah pekerjaan yang bisa dipilih. Ada ratusan lowongan yang akan diposting di situs ini setiap harinya.

Baca juga: Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Projects

Anda yang memiliki kemampuan di bidang teknologi, seperti data entry, social media, animasi, design grafis, bisa kunjungi situs Projects untuk mencari pekerjaan  freelance. Project menjadi salah satu situs terbesar di Indonesia dengan berbagai macam pekerjaan yang ditawarkan. Meskipun kebanyakan di bidang teknologi, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan pekerjaan lain. Situs ini juga menyediakan pekerjaan lainnya, seperti asisten pribadi, pengajar, dan masih banyak lagi.

Sribu

Punya kemampuan di bidang desain grafis dan sedang mencari penghasilan tambahan? Kunjungi Sribu karena terdapat banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang berhubungan dengan desain grafis, seperti membuat logo hingga desain interior. Konsep dari situs ini cukup unik dan berbeda dari yang lain. Para freelancer di minta untuk menunjukkan hasil karya kepada klien dengan sistem kontes. Selanjutnya klien akan memilih karya yang cocok untuk diajak kerja sama.

Upwork

Selanjutnya ada Upwork yang bisa Anda pilih untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Salah satu fitur unggulan dari situs ini adalah klien yang menawarkan pekerjaan dijamin asli sehingga terhindar dari penipuan. Untuk perihal pembayaran jasa, Upwork menggunakan sistem komisi sesuai dengan bayaran yang Anda terima. 

Baca juga: Simak Pentingnya Sertifikat Kompetisi di Dunia Kerja

Guru

Guru merupakan salah satu situs penyedia jasa freelance dengan skala internasional. Situs ini menggunakan sistem keamanan dan memverifikasi calon freelance berdasarkan feedback dari project yang telah dikerjakan sebelumnya. Untuk metode pembayaran, Guru menjamin semua pembayaran akan berjalan aman dan mengantisipasi penipuan. Adapun beberapa jenis pekerjaan yang ditawarkan di situs ini, yaitu web development, content/copywriter, dan masih banyak lagi.

FlexJobs

Jenis-jenis pekerjaan paruh waktu yang ditawarkan FlexJobs, seperti writer, translator, dan masih banyak lagi. Situs ini tidak hanya menyediakan pekerjaan untuk freelance saja, tapi ingin mengajak semua orang untuk mencoba jalur karier tersebut. Sebab, situs ini mengumpulkan semua pekerjaan dari seluruh dunia. 

Rekomendasi Situs Terbaik Untuk Para Freelance

99Designs

Sama seperti Sribu, 99Designs ini merupakan situs pencarian kerja lepas yang berfokus pada desainer. Untuk mendapatkan pekerjaan dari situs ini, biasanya para klien membuat kontes yang bisa diikuti oleh siapa saja.

SimplyHired

SimplyHired memiliki fitur yang bisa memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan berdasarkan lokasi terdekat. Selain itu, situs ini memiliki daftar “top salaries” dan fitur yang bisa digunakan untuk memperkirakan harga jasa yang Anda tawarkan. Tentunya, kedua fitur tersebut sangat membantu dalam mencarikan pekerjaan yang sesuai keinginan Anda.

Itulah top 10 situs terbaik freelance untuk mencari pekerjaan. Kunjungi situs-situs tersebut dan dapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Semoga berhasil!a[;p;o 00`

Tags