Skip to content

Yuk, Cek Besaran Gaji Karyawan HRD Terbaru!

featured-img

Bagi kalian yang sudah pernah bekerja di perusahaan-perusahaan pasti sering mendengar yang namanya divisi HRD, tapi apakah Anda mengerti sebenarnya HRD itu apa dan apa saja tugas dari seorang karyawan yang ada di posisi HRD, HRD adalah kepanjangan dari Human Resource Development.

Biasanya orang-orang yang ada di posisi HRD adalah lulusan Psikologi, Hukum, atau Manajemen. Karena pekerjaan HRD akan berurusan langsung oleh para pegawai di kantor tersebut. Untuk Anda yang bukan lulusan Psikologi, Hukum, dan Manajemen, Anda tetap bisa menjadi karyawan HRD meskipun prosesnya mungkin jauh lebih susah.


Tugas HRD

Menjadi staff di tim HRD pada suatu perusahaan artinya Anda harus bisa bekerja secara tim, dan posisi di tim HRD memiliki karakteristik serta tanggung jawabnya masing-masing.

Dalam satu departemen HRD, kerja sama merupakan hal yang penting karena merupakan suatu tim kerja yang tidak lepas antara satu dengan lainnya. Berikut beberapa tugas utama HRD:

  1. Membuat kebijakan
  2. Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia
  3. Melakukan kegiatan pembinaan dan pelatihan
  4. Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbarui masa berlakunya kontrak kerja
  5. Melakukan tindakan disipliner pada karyawan di perusahaan tersebut
  6. Melakukan seleksi, promosi, transfering, demosi, pada karyawan yang dianggap perlu
  7. Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan
  8. Membuat sistem HRD yang efektif dan efisien
  9. Melakukan maintenance dan pengelolaan policy yang ada di kantor tersebut

Itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang karyawan HRD. Namun, setiap perusahaan juga memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Gaji Fresh Graduate Sebenarnya

Berbicara tentang HRD, berapa sih gaji yang diterima oleh karyawan yang bekerja sebagai HRD? Umumnya, Departemen HRD membagi pekerjaannya menjadi 3 bagian dan setiap bagiannya berbeda-beda seperti melakukan rekrutmen, melakukan pengembangan dan pelatihan, serta mengelola kompensasi dan tunjangan bagi setiap karyawan.


Besaran Gaji HRD

Gaji bulanan untuk divisi HRD bervariasi. Mulai dari fresh graduate yang akan mendapat gaji Rp3.000.000 sampai Rp5.000.000 perbulannya tergantung pada perusahaan di mana Anda bekerja. Sedangkan untuk staff HRD rata-rata mendapat gaji Rp4.500.000. - Rp6.000.000.

Dan untuk posisi manajer HRD rata-rata memiliki gaji Rp8.oo0.000 - Rp15.000.000 tergantung seberapa lama pengalaman mereka bekerja di bidang tersebut dan di mana mereka bekerja. Jumlah rata-rata gaji diatas akan akan terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Tapi daftar gaji HRD di atas juga tidak bisa menjadi patokan, karena setiap perusahaan memiliki range gaji untuk karyawan HRD yang berbeda-beda, entah itu start up maupun perusahaan corporate.

Tags