Skip to content

Cara Menambang Bitcoin, Supaya Cepat Kaya!

featured-img

Saat ini, investasi di dunia digital internet semakin marak terjadi, tak terkecuali investasi mata uang kripto atau biasa disebut bitcoin. Bitcoin diciptakan untuk memudahkan kalian yang ingin menggunakan uang untuk bisnis di dunia internet. Ada banyak cara untuk mendapatkan bitcoin, salah satu caranya yaitu dengan menambang dan membelinya di bursa kripto.

Bagi kalian yang tidak memiliki uang yang banyak, mungkin bitcoin menjadi pilihan kalian karena investasi ini tidak harus bernilai puluhan juta, saat ini kalian bisa memulainya dari yang terkecil yaitu sebesar 100 ribu rupiah saja.

Proses penambangan bitcoin adalah hal yang paling penting dalam perkembangannya, karena dalam proses penambangan yang dilakukan oleh para penambang bitcoin, setiap transaksi akan terverifikasi, terbangun dan tersimpan di dalam suatu blok baru yang dinamakan blockchain.

Banyak sekali yang memiliki anggapan yang salah dalam menambang bitcoin, seperti mencari bitcoin gratis melalui faucer, giveaway dan game, padahal itu semua bukan merupakan kegiatan menambang bitcoin.

Kegiatan menambang bitcoin adalah merupakan kegiatan menambang dengan menggunakan perangkat tertentu, dimana membutuhkan pemecahan matematis yang melibatkan sejumlah algoritma dan software.

Menambang bitcoin adalah sebuah kegiatan yang legal dan dilakukan dengan menjalankan proses verifikasi hash SHA256 ronde berganda untuk memvalidasi transaksi bitcoin dan membentuk keamanan yang menjadi syarat bagi buku besar umum atau biasa disebut ledger di dalam jaringan bitcoin. Kecepatan dalam menambang bitcoin diukur dalam hash per detik.

Bitcoin memberikan imbalan bagi kalian para penambang bitcoin asalkan kalian memberikan kontribusi daya komputasi yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan apabila kalian memperoleh bentuk penerbitan bitcoin dan dari biaya transaksi termasuk dalam transaksi yang divalidasi saat menambang bitcoin.

Semakin besar daya komputasi yang kalian sumbangkan, maka semakin besar pula imbalan yang kalian peroleh.

Semua orang di dunia bisa menambang bitcoin, asalkan memiliki gadget yang mumpunidan memiliki akses internet yang cepat. Kalian juga harus mengunduh software khusus seperti BTC miner, CG miner atau Bitcoin miner. Ada dua metode dalam menambang bitcoin, diantaranya:


Cloud Mining

Pengertian dari cloud mining ialah, suatu sistem penambangan cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereumyang tanda adanya alat-alat tambang atau mining rigyaitu perlengkapan yang terkait dengan transaksi bitcoin. Dengan kata lain, kalian tidak perlu lagi membeli perlengkapan alat-alat computer seharga puluhan juta rupiah.

Cloud mining

Ada banyak perusahaan luar negeri yang melakukan bisnis penambangan bitcoin melalui Cloud Mining, beberapa contohnya ialah Genesis, Hashnet, Hasflare, Hashing24 dan lain sebagainya.

Perusahaan-perusahaan tersebut kebanyakan memilih tempat untuk bermarkas di tempat yang memiliki biaya listrik sangat murah dan tentunya bermarkas di luar Indonesia. Cara mendaftar di perusahaan cloud mining tersebut sangat mudah, seperti sebagaimana kalian mendaftar ke media sosial kalian.

Kehadiran perusahaan tersebut sangat membantu kalian bagi yang ingin mengerti dalam dunia komputer, sehingga kalian tetap akan mampu melakukan penambangan bitcoin. Akan tetapi, kalian harus merogoh kocek untuk menggunakan jasa dari perusahaan tersebut, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa dari perusahaan cloud mining ini disebut Hash Power.

Biaya yang ditawarkan di perusahaan cloud mining terbilang cukup cukup mahal, berkisar antara ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Akan tetapi, dengan cloud minig, kalian tidak perlu lagi membeli VGA (Video Graphic Card) yang sangat mahal.

Kalian cukup menghubungi perusahaan-perusahaan tersebut, sebagai contoh perusahaan cloud miningialah Genesis Mining, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbaik dan memiliki banyak pilihan, kalian dapat memilih menambang bitcoin, etherium, dash, litecoin, monero dan zcash.

Tips Memilih Cloud Mining

  • Mengecek situs cloud mining yang tepat melalui jaringan internet. Ketika kalian mengecek ke situs suatu perusahaan cloud mining yang palsu, pada situsnya kalian akan menemukan kekosongan di bagian halaman Tentang atau About. Jangan lupa cek dan telepon ke nomor telefon perusahaan cloud mining yang tertera di situs. Perusahaan cloud mining yang asli alias tidak menipu atau jujur akan menuliskan visi misi, latar belakang perusahaan, rekan kerja serta para pemimpin di dalam perusahaan mereka
  • Bertanya dan berkunjung ke media-media sosial. Hampir semua orang akan senang apabila mendapatkan harga cloud mining merasa tidak masuk akal atau terbilang murah. Intinya jangan pernah memberitahu email kalian ke perusahaan cloud mining. Perbanyak bertanya di forum-forum media sosial yang kalian punya. Perusahaan cloud miningyang bagus, sudah pasti perusahaan yang sudah beridiri lama. Karena penambangan sistem cloud mining lebih susah dan banyak perusahaan cloud mining yang palsu. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan perusahaan cloud mining
  • Pengamanan yang terjaga. Keamanan menjadi salah satu faktor yang sangat penting apabila kalian ingin mendaftarkan akun kalian di dalam perusahaan cloud mining.

Paket cloud mining

Ketika kalian mendaftar dan memasukkan email dan password, pihak perusahaan akan mengirimkan persetujuan dari kalian kalau kalian itu orang asli, karena semakin susah kalian membuat akun, maka, semakin terpercaya pula perusahaan cloud mining tersebut.

Berikut adalah contoh gambar tampilan ketika kalian mendaftar di situs perusahaan cloud mining


Personal Mining atau Pertambangan Sendiri

Dalam menambang bitcoin, menambang secara personal atau secara sendiri memerlukan biaya yang sangat tinggi dan mahal, dalam setiap satu komputer memerlukan biaya sekitar 100 ribu per harinya. Lalu, bagaimana cara memilih alat-alat komputer untuk menambang atau mining rig? Perangkat komputer yang kalian miliki harus memiliki sifat:

  • Mengurangi biaya listrik ketika menambang bitcoin
  • Memaksimalkan pendapatan tambang relatif dengan biaya listrik, atau bisa juga diartikan dengan ketika kalian memakai listrik yang minim, justru malah menambah pendapatan.

perempuan mengetik laptop putih

Setelah kalian memahami dua metode tentang cara menambang bitcoin, memang tidak bisa dengan mudah menambang bitcoin, diperlukan beberapa langkah-langkah demi menambang bitcoin, simak beberapa langkah berikut ini:

1. Sediakan Hardware yang digunakan untuk menambang Bitcoin

Langkah pertama dalam menambang bitcoin ialah kalian harus menyiapkan hardware terlebih dahulu. Terdapat 4 hardware bagi kalian yang ingin menambang bitcoin, diantaranya:

CPU/GPU Bitcoin Mining

Hal yang paling memiliki kekuatan terlemah dalam hal penambangan bitcoin ialah komputer kalian sendiri. Secara teori, kalian seharusnya bisa menggunakan CPU kalian untuk menambang bitcoin, namun pada kenyataannya terkadang CPU kalian sangat lambat dalam kegiatan menambang bitcoin, sehingga malah akan menyusahkan dan menjadi tidak berguna.

Salah satu caranya agar tingkat kecepatan komputer kalian menjadi bertambah adalah dengan menggunakan graphics hardwaredi dalam desktopkomputer.

Di dalam graphics hardware ini adalah Graphical Processing Units (GPUs) yang didesain untuk memecahkan masalah matematika dan mengkalkulasi seluruh polygon kompleks yang biasa digunakan untuk video games masa kini.

Dengan adanya GPU di dalam komputer, menyebabkan komputer kalian menjadi cukup baik dalam memecahkan masalah transaksi blok dalam penambangan bitcoin. Kalian bisa membeli GPUs dari dua vendor, yakni ATI dan Nvidia. untuk harganya berkisar sekitar ratusan US dollar.

Sebagai contoh dari GPUs ialah ATI 5970 graphics card bisa memberikan kalian kecepatan 800 MH per detik. Jumlah ini sangat besar dibandingkan dengan CPU pada umumnya yang memiliki kecepatan kurang dari 10 MH per detik. Kelebihan lainnya dari graphics hardwareialah bisa digunakan untuk perdagangan mata uang kripto lainnya selain bitcoin.

GPU untuk menambang bitcoin

FPGA Bitcoin Mining

FPGA yang merupakan singkatan dari Field Programmable Gate Arrayadalah sebuah sirkuit yang terintegrasi sau sama lain dan di rancang untuk konfigurasi dalam bitcoin mining. Cara kerja dari FPGA yaitu penambang membeli semacam chips dalam satuan volume tertentu, yang kemudian di rubah untuk penambangan bitcoin.

FPGA di desain khusus untuk menambang bitcoin, karenanya FPGA lebih memiliki kemajuan pesat dibandingkan dengan CPUs dan GPUs. Setiap chipspada FPGAs bisa menghasilkan sekitar 750 megahashesper detik. Tentunya hal ini memungkinkan penempatan yang lebih dari satu chips dalam box.

ASIC Bitcoin Mining

ASIC atau kepanjangan dari Application Specific Integrated Circuits, merupakan suatu aplikasi yang di desain secara khusus untuk melakukan penambangan bitcoin dengan kecepatan yang luar biasa dengan penggunaan energy yang rendah.

Karena memiliki efek yang di desain khusus untuk tugas penambangan bitcoin, harga dari ASIC terbilang cukup mahal, yakni berkisar sekitar 400 dollar amerika atau bila di rupiahkan menjadi 5,5 juta rupiah. Kecepatan yang diperoleh dari aplikasi ASIC ini adalah mulai dari 5 hingga 500 gigahashesper detik.

2. Sediakan Software yang digunakan untuk menambang Bitcoin

Selain Hardware, bagi kalian yang ingin menambang bitcoin, kalian juga harus memilih Software Software yang digunakan untuk menambang bitcoin. Pada umumnya kalian memerlukan komputer untuk menjalankan softwarenya. Ada dua jenis softwareyang digunakan untuk menambang bitcoin, diantaranya:

Standard Bitcoin Client

Softwareini akan menghubungkan komputer kalian dengan jaringan yang memungkinkan interaksi dengan klien, mengirim transaksi dan mengecek blockchain. Kemudian klien akan menyampaikan informasi secara efektif antara para penambang bitcoin dengan jaringan.

Bitcoin Mining Software

Software ini menginstruksikan hardware untuk menjalankan kerjanya, menyampaikan transaksi blok untuk dipecahkan, terdapat beberapa variasi dalam hal ini, bergantung pada operating system. Biasanya banyak tersedia untuk Windows, Mac OS X dan yang lainnya. Apabila kalian menggunakan hardware ASIC, kalian juga diharuskan membutuhkan mining softwareini.

3. Bergabunglah dengan perkumpulan penambang Bitcoin

Setelah kalian siap untuk menambang dan mulai menambang, kalian sebaiknya berkumpul dengan para kumpulan penambang Bitcoin yang bekerja bersama untuk memecahkan satu blok dan nantinya berbagi imbalan yang diperoleh.

Kalian juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar saat bergabung dengan perkumpulan penambang bitcoin, karena pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama meski ada pembagian imbalan.

4. Buat Dompet Bitcoin kalian sendiri

Selanjutnya, setelah kalian bergabung ke perkumpulan penambang bitcoin, kalian diharuskan membuat dompet bitcoin atau menggunakan dompet bitcoin yang sudah kalian gunakan untuk menerima bitcoin yang telah ditambang.

Dompet bitcoin yang disarankan ialah Copay, karena dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi. Dompet bitcoin dalam bentuk perangkat keras juga tersedia.

Disarankan bagi kalian yang membuat dompet bitcoin, buatlah alamat yang hanya diketahui oleh kalian sendiri, kalian bisa mengaktifkan otentifikasi dua faktor atau meletakkannya di komputer luar jaringan yang tidak bisa diakses oleh internet, karena ini semua demi kepentingan keamanan dan dapat terhindar dari ancaman.

Berikut adalah beberapa rekomendasi uang digital yang kerap dipakai oleh kebanyakan orang, diantaranya: SpectroCoin, Kraken, Buying Bitcoin Guide, Local Bitcoins dan Coinbase.


Cara menambang bitcoin dengan Android

Menambang bitcoin tak selamanya harus dengan lewat komputer, lewat ponsel berbasis android pun kalian sebenarnya bisa, akan tetapi, hasilnya kurang maksimal, simak ulasan berikut ini mengenai langkah-langkah dalam menambang bitcoin lewat ponsel android:

  • Pertama-tama, kalian unduh dan install aplikasi Minergate Mobiledi Google PlayStore
  • Yang kedua, kalian registrasikan akun kalian dengan memasukkan alamat email dan membuat password.
  • Setelah berhasil membuat akun, cobalah untuk log in.
  • Kemudian, kalian akan melihat tampilan dari berbagai mata uang kripto yang bisa kalian tambang di Minergate.
  • Pilih menu Bytecoin
  • Kemudian pilih tombol Play
  • Setelah itu kalian bisa melihat tampilan mining speed
  • Yang terakhir, untuk melihat hasil dari bitcoin yang kalian tambang, kalian pilih menu Dashboard.

Kesimpulan

Beberapa langkah telah dirangkum tentang bagaimana caranya agar kalian menambang bitcoin dengan berbagai aplikasi baik itu hardware maupun software. Intinya kalian harus tetap menjadi seorang pembelajar yang tekun demi menguasai bidang bisnis di dunia digital ini khususnya bitcoin, tetap semangat dan semoga sukses!

Tags