Cara Buat dan Contoh Surat Pengalaman Kerja
By
Fakhri Zahir
Updated On
Bagi Anda yang telah bekerja dan ingin melamar di kantor baru, Anda pasti tidak asing dengan surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja boleh dibilang merupakan surat sakti yang bisa membantu Anda nantinya ketika melamar kerja.
Nah tapi seringkali banyak juga para pekerja yang tidak tahu caranya membuat surat pengalaman kerja, kendati sifatnya yang penting. Berikut ini cara buat dan contoh surat pengalaman kerja yang bermanfaat buat Anda!
Apa itu Surat Pengalaman Kerja?
Surat pengalaman kerja atau surat keterangan kerja merupakan surat pernyataan yang berkaitan dengan berakhirnya hubungan kerja seorang karyawan yang memuat keterangan berupa:
- Sifat pekerjaan yang dilakukan misalnya jobdesc dan seputar pekerjaan dari karyawannya tersebut.
- Lamanya hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan tersebut berlangsung.
- Bagaimana karyawan melakukan segala pekerjaannya, mencakup perilaku hingga sikap dan integritas terhadap pekerjaannya.
- Penyebab terjadinya pengakhiran hubungan kerja antara pemberi kerja dan karyawan.
Karena saat ini sudah tidak di atur secara gamblang, maka surat pengalaman kerja seharusnya sudah diperjanjikan di awal ketika bekerja. Sehingga ketika terjadi PHK Anda memiliki hak untuk meminta surat pengalaman kerja.
Surat pengalaman kerja sifatnya berbeda dengan surat pemutusan hubungan kerja. Surat PHK sifatnya wajib diberikan oleh setiap pengusaha yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada para karyawannya.
Anda yang PHK dengan empat alasan di bawah ini, berhak menerima surat PHK:
- Hubungan kerja yang diputus demi hukum.
- Hubungan kerja yang diputus oleh pihak pekerja.
- Hubungan kerja yang diputus oleh pihak pemberi kerja.
- Hubungan kerja yang diputus pengadilan.
Selama permohonan diri dibuat maksimal 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri, tidak terikat di dalam ikatan dinas, serta selama karyawan yang bersangkutan tetap melaksanakan kewajibannya hingga tanggal pengunduran diri.
Cara Buat Surat Pengalaman Kerja
Surat pengalaman kerja bisa Anda minta kepada pihak yang terkait, dalam hal ini umumnya bisa diminta kepada pihak HRD (Human Resource Development) untuk kemudian dibuatkan oleh sekretaris perusahaan sehingga bisa mendapatkan tanda tangan dari petinggi perusahaan.
Anda harus mendapatkannya dengan cara yang resmi dan benar, sehingga surat pengalaman kerja ini tetap bersifat otentik dan bisa digunakan untuk mengurus berbagai macam keperluan nantinya.
Selain itu saran kami jagalah selalu hubungan baik antara Anda dengan pemberi kerja, karena memang dalam pemberian surat pengalaman kerja pihak pengusaha atau pemberi kerja boleh menolak memberikannya dengan alasan tertentu.
Meski demikian ketika terjadi penolakan pembuatan surat pengalaman kerja oleh perusahaan, Anda sebagai karyawan tetap memiliki hak untuk menggugat perusahaan ke Pengadilan Perdata setingkat Pengadilan Negeri di tempat Anda.
Sayangnya bila Anda harus mengakhiri hubungan kerja dengan seburuk ini, tentu saja akan merepotkan Anda sendiri nantinya. Selain repot dan mahal harus menggugat sana sini, tentu calon perusahaan Anda yang baru akan ragu untuk menerima pekerja yang pernah menggugat perusahaannya sendiri.
Kenapa Harus Membuat Surat Pengalaman Kerja?
Surat pengalaman kerja, atau yang seringkali disebut sebagai surat referensi merupakan salah satu surat keterangan yang bisa jadi bermanfaat, terutama ketika Anda sudah bekerja dan ingin melamar di perusahaan yang baru.
Menunjukkan kinerja pegawai – manfaat paling penting yang bisa Anda dapatkan ketika membuat surat keterangan kerja adalah agar Anda bisa menunjukkan kinerja Anda selama di perusahaan yang lama.
Tentu saja harapannya adalah kinerja baik dan perilaku kerja Anda yang positif bisa tergambarkan di dalam surat keterangan ini.
Selain itu biasanya bila Anda memang pekerja yang penting, dan perusahaan bersedia memberikan surat ini maka artinya Anda memang dianggap sebagai aset terbaik perusahaan dan harus mengalami PHK karena beberapa hal.
Perlu digarisbawahi dimana surat keterangan kerja wajib diberikan oleh setiap perusahaan apabila PHK yang terjadi merupakan kesepakatan antara pemberi kerja dan Anda sebagai karyawan mereka.
Bentuk apresiasi perusahaan – karena surat keterangan kerja ini merupakan hal yang bernilai positif, tentu saja seharusnya di dalam surat keterangan kerja ini tercantum banyak hal positif mengenai diri Anda.
Nah dengan adanya surat ini artinya perusahaan telah mengapresiasi segala kinerja Anda selama Anda bekerja di perusahaan tersebut. Karena perusahaan tidak memiliki alasan apapun untuk tidak mengeluarkan surat keterangan kerja ini apabila kinerja Anda memang baik.
Intinya sih jarang sekali, atau malah nyaris tidak ada, perusahaan yang mengeluarkan surat pengalaman kerja apabila pegawai yang bersangkutan tidak memiliki kinerja yang baik, attitude yang buruk, dan segudang perilaku negatif lainnya.
Bukti pengalaman kerja yang sah – ketika Anda melamar ke perusahaan yang baru, CV memang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan bagi pihak HRD untuk menilai pengalaman kerja dan portofolio Anda.
Akan tetapi, karena CV dibuat oleh karyawan yang bersangkutan itu sendiri terkadang nilai keasliannya menjadi diragukan. Mungkin tidak dipalsukan, tapi para HRD pasti sering menemukan CV yang terkesan berlebihan.
Disinilah surat pengalaman kerja menjadi bermanfaat, bila isinya memang sesuai dengan CV yang Anda kirimkan tentu saja nilai diri Anda akan menjadi lebih baik lagi. Selain kinerja yang baik, maka pihak HRD akan menganggap Anda sebagai karyawan yang jujur dan tidak melebih-lebihkan prestasi Anda.
Pencairan Jaminan Hari Tua – sebagai salah satu surat resmi yang memiliki bukti otentisitas maka surat pengalaman kerja bisa Anda gunakan untuk melakukan pencairan tunjangan sosial di lembaga ketenagakerjaan.
Persyaratan administratif untuk pendaftaran berbagai hal – mirip dengan beberapa manfaat di atas, banyak proses pendaftaran baik itu pekerjaan, beasiswa, hingga pendidikan lanjut yang mempersyaratkan surat pengalaman kerja bagi pelamarnya.
Apalagi bagi Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang yang pendidikan yang lebih tinggi, barangkali surat pengalaman kerja bisa dianalogikan sebagai ijazah dari perusahaan tempat Anda bekerja. Bila isinya positif tentu akan memberikan nilai tambah bagi Anda.
Dengan adanya surat pengalaman kerja, para penerima lamaran Anda bisa "berasumsi" bahwa Anda telah bekerja dan telah memiliki modal berbagai macam pengalaman di perusahaan sebelumnya. Sehingga Anda dianggap bukan beban yang lagi harus di training dengan keras di perusahaan baru.
Contoh Surat Pengalaman Kerja
Sebenarnya bagi Anda yang merupakan seorang karyawan, tidak perlu repot-repot memahami contoh-contoh surat pengalaman kerja. Toh yang membuatkan Anda surat pengalaman kerja kan memang perusahaan Anda sendiri.
Meskipun demikian ada beberapa komponen yang wajib tercantum di dalam surat pengalaman kerja yang diberikan oleh perusahaan Anda tersebut. Cermati baik-baik ya agar surat pengalaman kerja Anda tidak bermasalah!
Identitas karyawan – surat pengalaman kerja harus mencakup identitas karyawan berupa nama lengkap karyawan beserta nomor induk karyawan. Selain itu perusahaan juga boleh menambahkan identitas tambahan di luar itu.
Jabatan karyawan – selain itu penting juga tertulis jabatan terakhir Anda kerja di perusahaan beserta penempatan lokasi kerjanya. Hal ini tentu saja penting agar ketika melamar di perusahaan yang baru Anda tidak perlu mulai dari awal lagi.
Masa kerja – merupakan lamanya Anda bekerja di perusahaan tersebut. Di dalamnya harus dijelaskan kapan pertama kali Anda masuk hingga waktu pensiunan Anda. Nantinya masa kerja digunakan oleh HRD di kantor Anda yang baru untuk menilai loyalitas karyawan Anda.
Tanda tangan – sebagai salah satu surat resmi yang memiliki berbagai kegunaan, sudah tentu di dalam surat pengalaman kerja harus tercantum tanda tangan dari para pejabat di kantor Anda. Biasanya sih surat pengalaman kerja akan ditandatangani oleh pejabat HRD sesuai dengan jabatan terakhir Anda (memiliki jabatan di atas jabatan terakhir Anda).
Kalau butuh tandatangan cepat namun Anda, HRD, atau atasan sedang tidak ditempat, anda bisa menggunakan platform tanda tangan online yang memungkinkan Anda meminta tandatangan hanya lewat internet.
Nah berikut ini adalah beberapa contoh surat pengalaman kerja yang bisa Anda lihat dan bandingkan dengan yang Anda punya.