Skip to content

Apa itu Bitcoin, dan Gimana Cara Mainnya?

featured-img

Sebelum kalian terjun langsung ke dalam dunia transaksi digital Bitcoin, kalian harus mengenal dan mengetahui apa itu bitcoin. Definisi paling sederhana dari bitcoin ialah mata uang virtual.

Kemudian penjelasan secara rincinya, bitcoin adalah mata uang virtual yang hanya ada dalam bentuk digital dan tidak berbentuk seperti mata uang negara manapun, tidak berbentuk secara fisik seperti yang ada pada dompet kalian. Bitcoin tidak diatur oleh regulasi pemerintah maupun lembaga keuangan manapun.

Akan tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat pembayaran dan bisa diuangkan ke dalam mata uang resmi.

Dalam peranannya, bitcoin merupakan transaksi jual beli yang dapat menjadi alternatif pilihan lain yang dapat menawarkan sejumlah kemudahan. Setiap melakukan transaksi melalui bitcoin, kalian tidak perlu lagi harus menginformasikan data-data pribadi dan data-data keuangan dalam setiap melakukan pembayaran.


Cara Kerja Bitcoin

Perbedaan bitcoin dengan suatu instansi keuangan bank, yaitu, pada bitcoin yang merupakan satu kesatuan jurnal digital yang mencatat siapa sajakah yang mempunyai berapa banyak bitcoin dan tidak disimpan di sebuah instansi atau pihak-pihak lain. Jurnalnya disimpan di masing-masing orang atau disimpan ke suatu jasa yang membantu proses transaksi bitcoin.

Jadi apabila terjadi kerusakan maka kalian memiliki cadangan dari seluruh pengguna bitcoin lainnya, perlu ditekankan bahwa tidak ada satu pihak yang dapat mengontrol jurnal, semuanya ikut berpatisipasi. Sementara pada bank, umunya juga memiliki sebuah jurnal namun jurnal tersebut disimpan di sebuah instansi atau pihak-pihak tertentu.

Namun, karena memiliki sifat yang terbuka ini, semua orang dapat mengakses dengan mengetahui jumlah dan transaksi. Jadi, dapat dicontohkan, pada hari ini kalian ingin menjadi maintainers, maka kalian dapat meminta catatan jurnal ke jaringan dan mengunduhnya, lalu kalian dapat melihat isinya.

Meskipun demikian, kalian tidak dapat mencari tahu siapa pemilik dari akun bitcoin tersebut karena data yang tersimpan yaitu, semacam nomor rekening tanpa nama dan tanpa informasi alamat pribadi lainnya. Dari rentan waktu ke waktu harga bitcoin mengalami fluktuasi, atau biasa disebut naik dan turun, pada akhirnya mencapai puncaknya pada akhir tahun 2017.

Grafik harga bitcoin terhadap USD

Jadi seandainya kalian membeli sepuluh bitcoin dengan biaya 6 dollar amerika atau jika di rupiahkan menjadi sekitar 80 ribuan per koin di bulan Januari tahun 2012 dan jika kalian simpan hingga saat ini maka, kesepuluh koin bitcoin kalian akan berharga sebesar 2,5 milliar rupiah mengikuti kurs bulan Desember tahun 2017.


Kelebihan Bitcoin

Berikut beberapa kelebihan mengenai bitcoin dibandingkan mata uang kertas yang konvensional, diantaranya:

  • Kelebihan Bitcoin yang pertama ialah, bitcoin menggunakan sistem desentralisasi, yang artinya tidak ada satu pihak manapun yang mengatur, karena semua orang berpartipasi dalam melakukan prosesnya. Tidak ada pihak yang bisa memutuskan atau membuat kebijakan baru yang memberatkan pemilik bitcoin ini. Sebagai contohnya ketika kalian ingin membekukan suatu bitcoin address, maka, sudah bisa dipastikan bitcoin addresstersebut tidak bisa dibekukan.
  • Kelebihan bitcoin yang kedua ialah pembeliannya dapat dilakukan dengan mudah, tidak seperti bank yang membutuhkan langkah-langkah dan dokumen yang banyak, berbeda dengan bitcoin yang tidak membutuhkan langkah-langkah yang banyak, bitcoin hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.
  • Selanjutnya, pada bitcoin kerahasiaannya terjaga. Seseorang dapat membuat bitcoin address tanpa menyediakan nama atau alamat dan langsung mendapatkan nomor rekening yang aktif.
  • Kelebihan yang keempat, yaitu, transparan, pada saat bersamaan, semua orang yang memainkan bitcoin dapat melihat dan memiliki catatan jurnal. Akan ada informasi tentang bitcoin addressbeserta jumlahnya. Tetapi kelebihan lainnya ialah tidak akan ada informasi mengenai pemilik bitcoin addressbeserta alamatnya.
  • Selanjutnya, pengiriman bitcoin sangat cepat, tanpa memiliki syarat-syarat tertentu maupun tanpa batasan transfer.
  • Kemudian kelebihan yang terakhir ialah, ketika kalian mentransfer bitcoin, biaya transfernya sangat kecil dan tidak mempunyai biaya administrasi.

Ledger Bitcoin


Kelemahan Bitcoin

Dalam setiap sistem transaksi penjualan dan pembelian, maka kalian akan mengalami yang namanya kerugian. Simak beberapa ulasan berikut mengenai kelemahan beserta kerugian-kerugian yang sering dialami oleh beberapa orang yang bertransaksi mata uang digital bitcoin, diantaranya:

  • Kelemahan yang pertama, di dalam setiap transaksi, bitcoin dibangun atas dasar kepercayaan suatu komunitas terhadap harga dari bitcoin itu sendiri. Tidak ada nilai-nilai dasar dan penjamin lainnya selain komunitas bitcoin. Apabila dalam suatu hari, komunitas memutuskan bahwa bitcoin sudah tidak ada guna dan harganya, maka pada saat itu juga bitcoin menjadi tidak ada artinya.
  • Kelemahan berikutnya ialah, karena bitcoin tidak memiliki suatu nilai dasar, maka, bitcoin ini sangat fluktuatif, tidak ada yang bisa memprediksi sehingga, dalam satu hari, nilai dari bitcoin bisa turun jauh tanpa sebab.
  • Kelemahan yang terakhir ialah, karena bitcoin merupakan suatu sistem digital, maka potensi dari hackingatau orang lain yang bermaksud jahat untuk mengacak-acak dan mengambil uang di dalam akun bitcoin menjadi sangat besar. Berdasarkan informasi dari internet, hingga saat ini sudah terjadi belasan orang yang terkena hack, nilainya pun tak main-main, hampir mencapai lebih dari 7 triliun rupiah. Aktivitas hacking ini pun bukan hanya terjadi pada sistem bitcoin secara keseluruhan, namun terjadi juga kepada penyedia bitcoin atau biasa disebut trader, yang nantinya para hacker ini akan mentransfer bitcoin yang ada pada traderkepada akun lain.

Langkah-Langkah dalam Bermain Bitcoin

Dalam bertransaksi mata uang digital, ada cara dan langkah-langkahnya, tak terkecuali dalam bermain bitcoin. Di Indonesia pasar terbesar dan terpercaya bagi kalian yang akan bermain bitcoin adalah melalui situs Bitcoin.co.id di PT Bitcoin Indonesia dan merupakan satu-satunya situs atau perusahaan resmi tempat bertransaksi jual beli bitcoin di Indonesia.

Daftar bitcoin.co.id

Bertransaksi lewat bitcoin.co.id sangat mudah dan memiliki proses yang sangat cepat. Kalian bisa menarik dana kalian ke seluruh bank nasional hingga ke bank-bank daerah di Indonesia. Simak langkah-langkah dalam memulai bertransaksi bitcoin berikut ini:

1. Buka Situs Bitcoin.co.id

Pertama-tama kalian buka situs resmi dari PT. Bitcoin Indonesia, setelah dibuka pada situsnya, kalian akan dibawa ke halaman form pengisian data pribadi sekaligus sertakan nomor ponsel kalian yang masih aktif dan jangan lupa isi nomor ponsel cadangannya juga.

2. Daftarkan akun kalian

Kemudian, setelah berhasil masuk pada situs bitcoin.co.id, di kolom username,kalian isi dengan nama kecil atau singkatan dari nama kalian, pada bagian kolom email, kalian masukan dengan alamat email kalian yang masih aktif, selanjutnya pada bagian kolom password, kalian isi dengan password kalian dan password ini kalian jangan sampai lupa. Kemudian setelah semuanya sudah dilakukan, kalian baca persyaratan dan persetujuan lalu tekan OK dan masukan Capcha dan tekan tombol Lanjut Pendaftaran.

Kemudian, apabila pendaftaran berhasil, maka bitcoin.co.id akan mengirimkan linkke email kalian untuk menverifikasi akun kalian secara otomatis, setelah itu kalian tekan link verifikasi yang ada pada emailyang bertujuan untuk memiliki akun bitcoin kalian di bitcoin.co.id. Selanjutnya, setelah kalian menekan linkverifikasi di email, kalian akan dibawa ke halaman login, segera masuk dengan mengisikan username/email kalian beserta passwordnya.

3. Verifikasi Nomor Handphone

Setelah kalian berhasil masuk kea kun bitcoin, kalian diharuskan untuk melakukan proses verifikasi nomor ponsel, sebelum itu, kalian harus melihat nomor ponsel kalian apakah sudah benar dan sama ketika kalian mendaftarkan akun bitcoin kalian untuk pertama kali, usahakan diingat, tidak boleh dilupakan. Apabila nomor ponsel kalian sudah sama seperti nomor ponsel kalian tekan tombol menu IYA, NOMOR DI ARAS BENAR untuk mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel kalian.

Kemudian, kalian akan menerima SMS dari bitcoin.co.id yang berisi semacam kode konfirmasi kalian, masukan kodenya dan klik SUBMIT, kemudian setelah melakukan tahap-tahap verifikasi, kalian juga harus melakukan verifikasi identitas akun kalian. Tahap verifikasi ini bisa terjadi money laundring, untuk itu pada langkah verifikasi kalian wajib untuk deposit dan withdrawbitcoin.

4. Verifikasi Akun Bitcoin di Bitcoin.co.id

Untuk menghindari potensi tindakan penipuan antar sesama anggota pemain bitcoin dan bagi kalian yang pernah melakukan deposit rupiah, maka diharuskan untuk melakukan verifikasi akun bitcoin. Ada dua cara yang dilakukan untuk memverifikasi akun secara personal maupun secara perusahaan, penjelasan dapat di simak berikut ini:

5. Verifikasi akun personal

Dalam melakukan verifikasi akun secara personal dibutuhkan dokumen seperti,

  • Foto atau scan dokumen identitas kalian seperti, KTP atau Passport.
  • Foto diri kalian sembari memegang secarik kertas, sekaligus tulis di kertas tersebut dengan tulisan Verifikasi Beli Bitcoin di Bitcoin.co.id.

Ketika verifikasi akun pastikan dokumen yang kalian kirim merupakan dokumen yang tampak keseluruhan dari foto kalian, tanpa adanya sensor, foto berwarna, tulisan dapat dibaca secara jelas, nama pada dokumen sama dengan nama pada akun, masa berlakunya masih valid tidak kadaluarsa, lalu kemudian tidak terdapat rekayasa digital yang dibuat-buat.

6. Verifikasi akun Perusahaan

Untuk memverifikasi akun perusahaan kalian, maka, silahkan menghubungi account managerkalian. Apabila kalian belum memiliki account manager, maka, segeralah hubungi costumer service. Tunggu prosesnya selama 24 jam, karena PT. Bitcoin Indonesia akan memproses verifikasi dari kalian selambat-lambatnya dalam 24 jam setelah berkas diterima.

7. Membeli Bitcoin di Bitcoin.co.id

Membeli bitcoin di bitcoin.co.id

Pertama-tama sebelum membeli bitcoin, kalian diwajibkan mengisi saldo dengan cara melakukan deposit rupiah, ingat, berapapun rupiah yang kalian depositkan, pihak bitcoin akan menerima, bahkan pihak bitcoin ini dapat melayani deposit rupiah hanya sebesar 10 ribu saja.

Itu semua tergantung kalian, apakah kalian mau memasukkan deposit rupiah sebesar 10 ribu saja atau lebih dari itu. Karena, semakin besar deposit rupiah yang kalian isi di saldo kalian, maka bitcoin yang didapat menjadi semakin besar juga.

Jumlah deposit rupiah yang telah diisi menjadi bitcoin, ketika melakukan transaksi, bitcoin bisa digunakan dengan dibelikan sebagian atau semuanya. Agar mendapatkan keuntungan, kalian harus tahu caranya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode limit.

Sebelum mengisi kolom jumlah rupiahnya, pada saat itu juga kalian harus melihat berapa nilai 1 bitcoin, apakah sedang tinggi atau turun. Perhatikanlah harga paling rendah yang ada pada grafik yang tertera kemudian beli bitcoin.

Setelah itu, masukkan nilai beli di kolom total rupiah, sebagai contohnya, kalian mengisinya dengan nilai 100 ribu rupiah dengan limit nilai 1 bitcoin atau biasa disebut BTC sebesar 3,5 juta rupiah.

Seperti sinyal, bertransaksi bitcoin pun bisa mengalami pending. Pada bitcoin akan mengalami order pending ketika harga bitcoin saat ini masih tinggi di kisaran harga 3,9 juta rupiah, sehingga permintaan dalam membeli bitcoin belum bisa terpenuhi.

Nantinya kalian akan dikasih lihat grafik dengan harga tertinggi, harga terendah hingga harga terakhir. Harga terakhirlah yang akan membuat transaksi pembelian kalian sukses yang mana pembelian bitcoin kalian akan dilayani apabila mencapai harga 3,5 juta rupiah sesuai dengan limit 1 BTC yang telah kalian pilih tadi.

8. Menjual Bitcoin di Bitcoin.co.id

Menjual bitcoin di bitcoin.co.id

Dari setiap transaksi perdagangan, ada yang namanya pembelian, maka, adapula penjualan agar mendapatkan keuntungan, di bitcoin pun sama, bertransaksi lewat bitcoin tidak terlepas dari deposit.

Apabila kalian sukses mendapatkan bitcoin dengan limit yang paling rendah, sekarang kalian bisa melakukan transaksi dengan cara menjualnya, menjualnya pun tidak mudah sebab dibutuhkan ketelitian dan kejelian tingkat tinggi.

Apabila kalian menjualnya secara asal, harganya bisa merosot jauh dari harga pembelian. Terlebih lagi waktu kalian asal menjual dengan menggunakan market instan, kalian akan dikenakan pembayaran sebesar 0,3 persen dari jumlah transaksi yang kalian lakukan.

Setiap menit, nilai dari bitcoin akan naik maupun turun, sehingga sebelum menjualnya kalian harus mengetahui harga bitcoin pada saat akan menjualnya.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar, perhatikanlah grafik terlebih dahulu, jika pada saat pembelian bitcoin kalian harus mengamati harga terakhir, berbeda dengan ketika kalian akan menjual bitcoin, kalian harus mengamati harga tertinggi pada bitcoin. Ketika kalian akan menjual bitcoin, kalian juga disarankan untuk menggunakan limit agar kalian bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.


Kira-kira seperti itulah tentang bagaimana cara melakukan transaksi perdagangan digital bitcoin berikut dengan penjelasan mengenai langkah-langkah awal dalam bertransaksi bitcoin. Perbanyaklah bertanya kepada yang sudah terjun langsung ke dunia bitcoin, karena dengan hal itu akan memudahkan bagi kalian yang baru memulai bertransaksi bitcoin. Jangan lupa banyak berlatih dan membaca, perdalam tentang ilmunya, tetap semangat selalu dan semoga sukses!

Tags