Skip to content

Cara Praktis Bayar PDAM di Indomaret dan Alfamart!

featured-img

PDAM yang merupakan singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum adalah perusahaan daerah yang tersebar luas di Indonesia dan berjasa besar dalam mendistribusikan kebutuhan air bersih dan air minum bagi masyarakat.

Dinamakan “Perusahaan Daerah” karena memang berbeda dengan BUMN seperti PLN dan Telkom misalnya. PDAM merupakan perusahaan yang kebijakannya diberikan secara khusus bagi pemerintah-pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Implikasinya kemudian adalah sistem dan manajemen PDAM antar daerah yang seringkali berbeda. Lebih jauh lagi hal ini kemudian akan memengaruhi biaya tagihan air di PDAM antar daerah yang menjadi berbeda-beda.

Meski demikian PDAM di berbagai daerah saat ini sudah melakukan berbagai inovasi dan reformasi birokrasi. Salah satu inovasi yang patut kita berikan apresiasi adalah inovasi di bidang pembayaran tagihan.

Lebih spesifik lagi kami akan membahas seputar biaya admin dan cara bayar PDAM di Indomaret dan Alfamart. Dengan fitur ini, tentu kamu tidak perlu repot-repot lagi mengantre di loket pembayaran PDAM seperti beberapa tahun lalu.

Mau tau gimana caranya? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!


Cara Bayar PDAM di Indomaret

1. Langsung di Indomaret

Cara bayar PDAM di Indomaret sebenarnya amatlah mudah, pertama-tama kamu cukup datang langsung ke Indomaret terdekat dengan rumahmu dan langsung datang ke kasir.

Setelah sampai di depan kasir, kamu bisa langsung menyampaikan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM rumah. Setelah itu tunggu sebentar hingga kasir tersebut memproses permintaanmu.

Setelah itu biasanya kasir akan bertanya nomor pelanggan PDAM yang ingin kamu bayarkan, berikanlah nomor pelangganmu dan jangan sampai salah ya.

Kasir akan memasukkan nomor pelanggan tersebut ke dalam komputer dan tunggu sesaat hingga pemrosesan pembayaran tagihan PDAM tersebut selesai. Setelah selesai kasir akan memberitahu kamu berapa nominal tagihan yang harus kamu bayar.

Berikan uang sesuai dengan yang diminta, dan biasanya nominal tersebut sudah mencakup biaya tagihan bulanan serta biaya administrasi. Nah kalau sudah, jangan lupa minta struk bukti pembayaran.

2. Via I-Payment

Selain cara manual tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan layanan I-Payment milik Indomaret loh. Sejauh ini Indomaret dengan I-Payment nya telah bekerja sama dengan lebih dari 50 PDAM di seluruh daerah di Indonesia.

Cara menggunakan I-Payment ini mudah. Kamu hanya tinggal mendatangi mesin-mesin I-Payment di Indomaret terdekat.

Bila sudah, cukup klik pilihan pembayaran PDAM, dan dilanjutkan dengan lokasi PDAM yang ingin kamu bayarkan tagihannya. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor pelanggan PDAM mu.

Jika sudah berhasil memasukkan nomor pelanggan PDAM, mesin secara otomatis akan melakukan pemrosesan pembayaran tagihan, kamu akan ditampilkan layar konfirmasi yang berisi data diri pelanggan hingga jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Setelah itu lanjutkan prosesnya, dan tunggu hingga mesin I-Payment mengeluarkan struk untuk kamu berikan kepada kasir Indomaret. Struk yang kamu berikan kemudian akan diproses oleh kasir, dan bayarlah sesuai dengan yang diminta.

Baca Juga : Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Online biar Praktis

3. Via Klikindomaret

Di tahun 2021 ini, Indomaret mengeluarkan terobosan yang cukup praktis. Terobosan yang diberin nama klikindomaret.

Untuk bisa membayarkan PDAM menggunakan layanan klikindomaret, kamu bisa langsung masuk ke laman pembayarannya di sini. Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi wilayah tempat tinggalmu dan kemudian masukkanlah nomor pelanggan PDAM.

Kalau sudah, cukup klik bayar yang ada di bagian kanan bawah. Kamu akan langsung masuk ke laman pembayaran, dan bisa memilih metode pembayaran yang kamu sukai. Kamu bahkan bisa langsung membayarkan via transfer saja lho. Mudah, kan?


Cara Bayar PDAM di Alfamart

1. Langsung di Kasir Alfamart

Untuk melakukan pembayaran PDAM di Alfamart, cukup datangi Alfamart terdekat. Setelah itu, langsung datangi kasir dan sampaikan tujuan bahwa kamu ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM rumahdi Alfamart.

Tunggulah hingga kasir melakukan pemrosesan terhadap permintaanmu di komputer.

Bila sudah, biasanya kasir akan meminta kamu untuk menyebutkan nomor pelanggan dari PDAM di rumah kamu. Sebutkanlah nomor pelanggan PDAM yang diminta tersebut dengan benar.

Lalu kasir akan kembali memasukkan data tersebut ke dalam komputernya, dan tunggulah beberapa saat hingga komputer selesai memproses data tersebut. Setelah selesai biasanya di komputer akan tertera data pelanggan dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Kasir Alfamart pasti akan mengonfirmasi data dengan cara bertanya langsung kepadamu. Pastikan data-data tersebut adalah benar, dan kamu bisa langsung memberikan uang sesuai dengan jumlah tagihan yang diminta.

Kalau sudah, tunggu kembali hingga kasir selesai memproses pembayaran tagihan  PDAM, dan tunggu hingga struk pembayaran selesai tercetak. Bila struk bukti bayar sudah tercetak, jangan lupa untuk selalu meminta struk bukti pembayaran tersebut.

2. Di Albi Kiosk Alfamart

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Albi Kiosk yang tak jauh berbeda dengan I-Payment yang dimiliki Indomaret.

Dengan menggunakan Albi Kiosk ini kamu tidak perlu berlama-lama di kasir. Caranya pun mirip dengan I-Kios milik Indomaret.

Cukup datangi Alfamart yang memiliki mesin Albi Kiosk. Setelah itu, langsung klik menu pembayaran PDAM. Kamu tinggal memilih domisili PDAM yang sesuai dengan rumahmu, dan terakhir sama seperti di atas kamu akan diminta memasukkan nomor ID Pelangganmu.

Masukkan nomor ID Pelanggan PDAM dengan benar, lalu mesin akan memproses permintaanmu. Setelah itu kamu akan masuk ke dalam menu konfirmasi yang terdiri atas data diri pelanggan serta jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan.

Lanjutkan permintaan dan tunggu hingga mesin mengeluarkan semacam struk untuk melanjutkan transaksi. Bawalah struk tersebut kepada kasir dan kasir akan langsung melakukan scanning barcode yang ada di struk tersebut.

Setelah itu kamu tinggal bayar tagihannya di kasir! Mudah, kan?

Oh ya, setiap transaksi pembayaran PDAM lewat Indomaret atau Alfamart ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 3.500,- .

Nah, itu dia cara praktis dan mudah untuk bayar tagihan PDAM di Indomaret maupun Alfamart. Semoga informasi ini bisa berguna untukmu, ya!

Tags