Skip to content

Berbagai Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik untuk Finansial Anda

featured-img

Menggunakan aplikasi pengelola keuangan, dapat membantu Anda untuk meraih finansial yang berkualitas di masa depan.

Pengelolaan keuangan merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mendapatkan kehidupan yang aman secara finansial. Kunci utama dari kegiatan ini, yaitu mencatat aliran uang yang masuk dan keluar. Catatan tersebut dapat membantu Anda untuk mengontrol pengeluaran jika sudah melampaui batas dan cukup efisien untuk mendapatkan kualitas finansial yang kuat di masa depan.

Namun, tidak semua orang bisa mengelola keuangan dengan lancar. Ada beberapa hal yang menyebabkan mereka kesulitan dalam melakukan kegiatan ini. Dirangkum dari Cermati, berikut ini beberapa penyebab seseorang sulit mengelola keuangan finansialnya.

  • Hasrat untuk belanja yang sulit dikendalikan. Mayoritas orang sulit mengatur keuangan karena adanya pengaruh impulsif untuk terus berbelanja. 
  • Gaya hidup yang berlebihan dengan menghabiskan penghasilannya untuk memenuhi keinginan, seperti membeli barang mewah.
  • Berada di lingkungan yang kurang sesuai dengan kondisi finansial. 
  • Apatis dengan masa depan sehingga tidak ada keinginan untuk menabung atau berinvestasi.
  • Kekurangan informasi seputar pengelola keuangan.

Berdasarkan faktor yang terakhir, kemungkinan masih banyak yang belum tahu cara mengelola keuangan dengan mudah. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pengelola keuangan yang bisa diunduh melalui smartphone.

Baca juga: Keuntungan Memilih Emas Sebagai Alat Investasi

Ada banyak aplikasi pengelola keuangan yang bisa membantu dan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Aplikasinya pun dibuat sangat simple sehingga pengguna bisa lebih cepat memahami dan menggunakannya dengan mudah.

 Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik

10 Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik 

Sekarang sudah banyak aplikasi di smartphone yang memberikan layanan pencatatan keuangan harian lebih praktis. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini aplikasi yang bisa Anda download di App Store ataupun Play Store. 

Monefy

Monefy termasuk salah satu aplikasi pengelola keuangan yang cukup mudah digunakan. Aplikasi ini cocok untuk para pengantin baru yang ingin belajar mengatur keuangan rumah tangga. Hal ini terbukti dari review di AppStore yang banyak memberikan bintang 5 dan sebanyak 5 juta lebih mengunduh aplikasi ini melalui Play Store. 

Monefy memiliki visualisasi bagus sehingga Anda cepat memahami fitur-fitur yang ditawarkan. Salah fitur kategori yang bisa Anda gunakan untuk mencatat uang yang ditabung sesuai tujuan finansial, seperti membeli rumah, kendaraan, liburan, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga terkoneksi dengan dropbox sehingga Anda dan pasangan bisa lebih mudah untuk mengakses datanya.

Finansialku

Anda membutuhkan aplikasi yang bisa mengatur perencanaan keuangan, seperti dana pensiun, pendidikan, atau membeli kendaraan? Finansialku bisa menjadi pilihan. Hingga Juli 2022, sudah ada 100 ribu pengguna yang download aplikasi ini di Play Store. Selain itu, aplikasi milik PT Solusi Finansialku Indonesia ini memiliki rating 3.9 dengan 2 ribu ulasan. 

Adapun fitur-fitur yang bisa diberikan untuk memudah Anda dalam mengelola keuangan, yaitu:

  • Financial Health Check Up. Fitur yang bisa menghimbau jika kondisi keuangan dalam tidak sehat. Fitur ini juga bisa memperbaiki perekonomian dengan memberikan ide-ide perencanaan terbaik.
  • Bisa membuat kategori-kategori sesuai dengan tujuan finansial.
  • Memiliki memo untuk mencatat alur uang yang masuk dan keluar.

Wallet

Berdasarkan data dari Play Store, Wallet termasuk aplikasi pengelola keuangan yang banyak diunduh. Per Juli 2022 sudah ada 5 juta lebih user yang menggunakan aplikasi ini dan menjadi aplikasi nomor 6 terlaris diunduh.

Aplikasi ini dilengkapi beberapa fitur yang membuat hidup Anda lebih mudah, seperti bisa mengekspor data dari berbagai jenis file menggunakan fitur cloud sync, berbagi rekening ke pengguna lain, transaksi disinkronisasikan dengan rekening bank secara otomatis dan aman , hingga didukung dengan banyak mata uang. 

Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget termasuk aplikasi pengelola keuangan pribadi yang banyak digunakan.  Aplikasi ini memiliki visual yang sederhana tapi efektif untuk mengatur keuangan harian maupun bulanan. Sebanyak 10 juta pengguna sudah unduh aplikasi ini di Play Store dan memiliki rata-rata rating 4,8.

Money Manager Expense & Budget tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Fitur yang ditawarkan juga cukup beragam. Selain bisa mencatat pengeluaran atau pemasukan, aplikasi ini juga bisa memasukan data, layanan transfer dari beberapa akun keuangan, seperti rekening bank, e-wallet, dan lainnya. 

Money Lover

Money Lover termasuk aplikasi pengelola keuangan yang cukup populer. terbukti sebanyak 5 juga pengguna sudah mengunduh aplikasi ini melalui Play Store. Money Lover memiliki banyak fitur yang mudah untuk digunakan, seperti:

  • Koneksi dengan akun rekening bank
  • Scan kuitansi
  • Pembuatan anggaran belanja bulanan,
  • Mencatat pemasukan
  • Menganalisa pengeluaran
  • Catatan utang piutang
  • Export file Excel atau CSV

Selain aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis, Money lover juga tersedia versi yang lebih premium dengan penawaran fitur lebih lengkap untuk membantu mengelola keuangan. 

Keuangan Keluarga

Aplikasi Keuangan Keluarga cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengelola finansial rumah tangga. Sebab, aplikasi ini bisa digunakan bersamaan oleh suami istri secara realtime. Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini, yaitu:

  • Melacak pengeluaran dan pemasukan sangat praktis.
  • Mengelola utang piutang secara lengkap hingga histori pembayaran.
  • Mencatat tabungan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  • Bebas iklan dan gratis pemakaian hingga 7 hari. Setelahnya akan ada ada biaya berlangganan.

Baca juga: Cara Aktivasi dan blokir Kartu Kredit BCA

Aplikasi keuangan Keluarga ini hanya bisa digunakan untuk smartphone berbasis Android. Berdasarkan data Play Store per Juli 2022, sebanyak 1000 pengguna yang unduh dan 116 ulasan untuk aplikasi ini.

TemanBisnis

Aplikasi yang visualisasinya identik dengan warna ungu ini sudah diunduh sebanyak 100 ribu pengguna di Play Store. TemanBisnis sangat cocok untuk yang ingin mengatur keuangan dengan mudah dan akurat. 

Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur yang bisa Anda gunakan untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dari berbagai sumber. Tidak hanya itu, masing-masing sumber bisa Anda kelompokkan kembali ke kategori berbeda sehingga lebih mudah melacak transaksinya. 

Goodbudget

GoodBudget memiliki keunikan pada fitur amplop yang berfungsi untuk membagi pendapatan bulanan berdasarkan kategori-kategori tertentu. Sehingga Anda bisa lebih mudah mengatur dan mengontrol pengeluaran tersebut. Sama dengan aplikasi lainnya, GoodBudget juga memiliki fitur untuk menyambungkan secara otomatis dengan beberapa rekening bank. Anda tertarik dan ingin mencoba aplikasi ini, bisa diunduh secara gratis di AppStore dan Play Store.

Spendee

Spendee merupakan aplikasi yang dapat membantu untuk melacak pengeluaran dan mengoptimalkan anggaran. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa fokus pada tujuan finansial dan terorganisir pada hal-hal yang lebih penting. 

Spendee juga terkoneksi dengan beberapa rekening bank, e-wallet, dan crypto wallet. Sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di play Store, Spendee bisa menjadi sahabat finansial terbaik Anda yang secara proaktif membantu mengelola keuangan pribadi.

YNAB (You Need A Budget)

You Need A Budget adalah aplikasi yang akan membantu Anda dalam mengatur keuangan secara sederhana sehingga tujuan finansial Anda lebih cepat tercapai. YNAB memiliki sistem anggaran berbasis nol. 

Pada sistem ini, pengguna harus membuat bujet finansial dari semua pemasukan sampai habis. Cara ini dilakukan agar pemasukan Anda bisa terorganisir ke kategori-kategori penting, seperti untuk memenuhi kebutuhan hidup, tabungan jangka pendek, menengah, hingga panjang. Aplikasi sudah diunduh 1 juta lebih pengguna dengan 10 ribu ulasan di play Store. 

Tips Mengelola Keuangan yang Mudah Dilakukan

Tips Mengelola Keuangan yang Mudah Dilakukan

Mengelola keuangan bukan kegiatan yang mudah, tapi jika ada niat dan langkah yang tepat Anda bisa melakukannya  dengan baik. Untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan, berikut ini tips yang bisa diikuti sebagai landasan awal mengelola keuangan.

  • Selalu menyiapkan anggaran keuangan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara manual, yaitu menulis di buku catatan atau menggunakan aplikasi yang sudah dijelaskan di atas. 
  • Sisihkan penghasilan untuk ditabung. Cara ini wajib dilakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.
  • Bijak dalam menggunakan kartu kredit. Usahakan untuk menggunakannya dalam keadaan mendesak.
  • Buat catatan pengeluaran harian supaya keuangan Anda lebih terkontrol.
  • Mulai untuk berinvestasi supaya kualitas finansial Anda menjadi lebih kuat. 

Baca juga: Lunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk dengan Tips Ini!

Pada dasarnya semua aplikasi pengelola keuangan memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu Anda untuk mengatur keuangan sehingga  memiliki finansial yang lebih sehat. Namun, yang membedakan hanya visualisasi dan fitur-fitur yang ditawarkan. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda nyaman dalam menggunakannya.

Tags