Skip to content

Penyebab Pulsa 3 (Tri) Berkurang Sendiri Dan Cara Mengatasinya

featured-img

Pulsa Tri berkurang sendiri disebabkan beberapa faktor berikut ini. Supaya terhindar, yuk simak informasinya berikut ini ya.

Tiba-tiba pulsa berkurang sendiri bukan masalah baru dalam dunia telekomunikasi. Meskipun begitu, masalah ini sangat mengganggu dan merugikan jika tidak segera diatasi.

Pulsa berkurang sendiri bukan hanya dialami oleh pelanggan Tri aja, tapi berlaku buat semua operator. Namun, untuk artikel ini akan membahas cara mengatasi pulsa Tri berkurang sendiri yang pastinya bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat. Apa saja triknya? Yuk, disimak terus ya artikelnya!

Baca juga: 8 Solusi Cepat Sinyal Tri Hilang Mendadak

Mengapa pulsa Tri sering berkurang sendiri?

21056

Sesuai dengan beberapa sumber informasi, penyebab pulsa Tri berkurang sendiri, yaitu dikarenakan pelanggan sengaja atau tidak sengaja mengaktifkan paket layanan berlangganan. Misalnya, NSP dan paket dari kartu Tri lainnya.

Paket layanan berlangganan ini memungkinkan pulsa pelanggan terpotong secara otomatis sepanjang layanan ini masih aktif. Tentunya, banyak pelanggan yang tidak menyadari adanya layanan tersebut, sehingga merasa kaget dan ugi jika pulsa berkurang sendiri. 

Baca juga: Paket Nelpon Tri dari Sesama dan Operator Lain

Cara mengatasi agar pulsa Tri tidak berkurang

2150169564

Bagi pelanggan yang sedang mengalami masalah ini atau yang belum, jangan khawatir ya! Artikel ini akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi pulsa Tri berkurang sendiri. Yuk disimak!

Menggunakan layanan SMS

Layanan SMS menjadi cara pertama yang bisa mengatasi pulsa Tri berkurang sendiri. Cara ini mengharuskan pelanggan untuk mengirim pesan ke 234 dengan format khusus. Namun, sebelum menggunakan cara ini, pastikan pulsa pelanggan cukup untuk biaya khusus yang akan dikenakan setiap pesan yang terkirim. Mulai dari Rp2,500 hingga Rp5,000 per SMS terkirim. Untuk cara lengkapnya simak berikut ini ya.

  • Buka menu pesan di ponsel.
  • Pilih pesan baru dan ketik format UNREG atau STOP[spasi]DATA.
  • Kemudian kirim pesan ke nomor 234.
  • Tunggu hingga pesan tersebut mendapatkan balasan dari pihak Tri yang menginformasikan adanya penghentian layanan Tri yang sebelumnya aktif digunakan.

Menggunakan kode dial 

Selain menggunakan SMS,  pelanggan juga bisa menghentikan layanan supaya pulsa tidak berkurang lagi dengan menu panggilan dial. Adapun langkah-langkah mudah yang harus diikuti sebagai berikut. 

  • Buka menu panggilan di handphone pelanggan.
  • Kemudian, ketik kode dial *111#, lalu tekan tombol "Call" atau "Panggil".
  • Selanjutnya, akan muncul menu pop up dan pilih opsi "Status" dengan mengetik angka sesuai yang ada di pilihan tersebut.
  • Kemudian, pilih opsi "Stop" dengan mengetik angka sesuai yang ada di pilihan tersebut.
  • Tunggu saja hingga pelanggan mendapatkan SMS yang dengan informasi jika layanan tersebut sudah berhasil dihentikan.

Menggunakan aplikasi

Berikutnya, pelanggan bisa menggunakan aplikasi untuk menghentikan layanan supaya pulsa tidak berkurang lagi. Cara ini mudah sekali dilakukan. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan aplikasi Bima+ sudah terunduh di smartphone pelanggan. Jika belum memiliki, pelanggan bisa mengunduhnya langsung di App Store atau Google Play Store.
  • Buka aplikasi Bima+ dan lakukan login menggunakan nomor Tri dan password yang sudah terdaftar sebelumnya. Jika belum pernah mendaftar, lakukan "Buat Akun" terlebih dahulu dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
  • Setelah berhasil login, di layar ponsel pelanggan akan masuk ke halaman Utama dengan berbagai menu.
  • Pilih menu "Info Paket" di halaman Utama. 
  • Cek paket layanan yang berlangganan dan pilih yang ingin dihentikan.
  • Pilih paket layanan dan klik "Berhenti".
  • Secara otomatis, paket layanan tersebut akan berhenti dan pulsa pelanggan tidak akan terpotong lagi.

Menggunakan call center

Alternatif yang terakhir untuk melakukan pemberhentian paket layanan yang terus memotong pulsa adalah menghubungi call center resmi dari Tri dengan cara berikut. 

  • Buka menu panggilan di ponsel pelanggan.
  • Ketik nomor 132 untuk pelanggan prabayar dan 089644000123 untuk pelanggan berbayar. 
  • ikuti langkah-langkahnya untuk bisa disambungkan langsung dengan operator. 
  • Setelah panggilan tersebut terhubung, sampaikan kendala yang pelanggan alami. Dalam hal ini, pelanggan sampaikan jika ingin melakukan pemberhentian paket layanan yang menyebabkan pulsa Tri hilang.
  • Customer service Tri pasti akan memberikan solusi yang terbaik dari masalah yang dialami pelanggan.

Selain melalui telepon, pelanggan juga bisa menggunakan layanan call center Tri lainnya, yaitu:

  • WhatsApp: 08999800123
  • Telegram: TriIndonesiaCare
  • Email: 3care@three.co.id
  • Facebook: Tri Indonesia
  • Twitter: @3CareIndonesia

Baca juga: Kehabisan Kuota Tri? Ini Cara Dapat Paket Darurat Tri

Cara mengetahui pulsa Tri berkurang sendiri

5414

Jika pelanggan mengalami kehilangan pulsa Tri secara tiba-tiba, sebenarnya ada cara untuk mendeteksi ke mana saja aliran pulsa yang hilang tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pelanggan berikut ini.

Mencatat jumlah pulsa

Mungkin cara ini tergolong ribet, tapi cukup efektif untuk mengetahui jumlah pulsa yang berkurang sendiri. Jika pelanggan baru mengisi ulang pulsa, pelanggan bisa mencatat saldo tersebut. Tidak hanya itu, pelanggan juga harus melakukan pencatatan setiap kali menggunakan pulsa untuk aktivitas telepon atau SMS. Kemudian, lakukan pengecekan pulsa secara berkala, Misalnya seminggu sekali untuk mengetahui ada pengurangan atau tidak. Jika ada, bisa langsung melakukan cara di atas untuk mengatasinya.  

Aplikasi Bima+

Cara selanjutnya untuk mengetahui aliran pulsa Tri berkurang sendiri adalah memanfaatkan aplikasi Bima+. Cara ini lebih mudah dan cepat untuk dilakukan dibandingkan yang sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan aplikasi Bima+ sudah terunduh di HP pelanggan.
  • Kemudian, buka aplikasi dan lakukan login dengan menggunakan nomor Tri yang sudah terdaftar. 
  • Setelah berhasil masuk, di halaman utama aplikasi, pelanggan bisa klik menu "Akun Saya".
  • Selanjutnya akan muncul informasi terkait jumlah pulsa Tri yang dimiliki pelanggan.
  • Kemudian, klik "Transaksi Terakhir" untuk mengetahui semua jenis transaksi yang pernah dilakukan dalam dua bulan terakhir. 
  • Jika dirasa dari informasi tersebut ada pengeluaran pulsa yang janggal, segera lakukan penghentian dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. 

Baca juga: Internet Lebih Fleksibel Pakai Kuota Nasional Tri

Demikian informasi mengenai penyebab pulsa Tri berkurang sendiri dan cara-cara untuk mengatasinya. Semoga masalah ini tidak terjadi lagi dan pelanggan akan semakin nyaman menggunakan layanan yang diberikan provider Tri. Semoga bermanfaat!

Tags