Di era sekarang banyak orang yang mencoba peruntungannya untuk menjadi seorang wirausaha alias entrepreneur. Hal ini disebabkan semakin mudahnya akses informasi yang masuk kepada kita, berkat internet tentu saja.
Ada banyak hal yang perlu disiapkan oleh seseorang yang ingin membuat usaha makanannya sendiri, mulai dari modal usaha, perencanaan sistem, perencanaan bangunan, perencanaan pemasaran, hingga perencanaan tata kelola manajemen.
Di luar itu ada satu aspek yang biasanya baru akan dipikirkan oleh seorang wirausahawan setelah bisnisnya sudah cukup baik dan ingin naik kelas, yakni mencari investor ataupun pemodal usaha yang baru.
Untuk bisa mencari investor ataupun pemodal usaha ada kalanya Anda diharuskan untuk membuat proposal usaha. Tapi bagaimana sih contoh proposal usaha makanan yang baik? Yuk disimak saja.
Pada dasarnya tidak ada aturan baku yang megharuskan Anda menuliskan proposal usaha makanan dalam format tertentu. Tapi ingatlah prinsip ini, bahwa proposal yang Anda buat tersebut harus menggambarkan bisnismu secara umum.
Artinya investor yang memegang dan membaca proposal usaha makanan Anda itu harus mengerti siapa Anda dan bisnis apa yang sedang Anda jalankan saat ini. Untuk itu ada beberapa komponen penting yang tidak boleh terlewat:
Nah karena Anda sudah membaca beberapa bagian yang harus ada di dalam proposal usaha makanan, berikut ini adalah contoh proposal usaha makanan yang boleh Anda tiru dan copy paste formatnya!
Profil Perusahaan
PT Nasi Indonesia Merdeka (NIM) merupakan perusahaan yang didirikan oleh Dimas dan Zahir pada tahun 2019. Perusahaan ini merupakan perusahaan pertama yang mereka buat setelah sebelumnya 10 tahun malang melintang di usaha kuliner.
PT NIM memiliki tekad untuk membuat nasi goreng kekinian dengan tampilan mewah, rasa nikmat, namun harga yang murah. Salah satu solusinya adalah dengan membuat produk unggulan berupa topping kulit ayam renyah.
Kami pun bertekad untuk mempopulerkan makanan yang kami anggap cukup baru dan belum pernah ada sebelumnya di pasaran terjual dalam jumlah yang besar. Apalagi bila menilik bahwa ayam merupakan salah satu unggas yang menjadi bahan baku utama dalam dunia kuliner di Indonesia.
Mengapa Nasi Goreng Kulit
Ada beberapa alasan penting mengapa di antara sekian banyak pilihan kuliner kami memilih lini utama kami nasi goreng kulit. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa diperhatikan:
Perencanaan Usaha
Sebelum menjalankan usaha kami, kami telah melakukan beberapa analisis pasar yang cukup penting. Berikut ini adalah hasil dari analisis pasar yang telah kami lakukan:
Survey pasar – segmentasi pasar dari nasi goreng kulit Coy ini mencakup seluruh lapisan masyarakat dari seluruh kelompok umur (usia di atas 5 tahun hingga orang dewasa). Calon target pasar bisa jadi mahasiswa, siswa, hingga keluarga yang ingin menikmati makan bersama di kedai.
Nama usaha – pemilihan nama Coy digunakan karena menurut kami cukup mudah diucapkan oleh masyarakat Indonesia dan tentu karena nama ini cukup simpel, menurut kami akan sangat mudah untuk diingat oleh masyarakat.
Strategi pemasaran – untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat ada beberapa cara yang kami terapkan. Namun karena saat ini masyarakat sedang gandrung dengan gawai (gadget) maka fokus utama kami adalah dengan melakukan promosi via media sosial. Adapun langkah-langkah yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut ini:
Situasi Persaingan dan Risiko Usaha – sebagaimana usaha yang dijalankan di bidang lainnya, tentu ada persaingan usaha dan risiko usaha yang perlu kami identifikasi serta kami mitigasi sehingga bisa meminimalisasi potensi kerugian di masa mendatang.
Kami berencana untuk membuat usaha ini di daerah Bogor Barat, dan hingga saat ini belum ada jenis usaha serupa yang telah dibuka di area ini. Dengan peluang ini kami berusaha untuk membuka pasar dan menjadi leader di market ini, khususnya untuk masakan nasi goreng kulit ayam ini.
Untuk saat ini risiko usaha yang mungkin kami dapatkan adalah:
Manajemen risiko – untuk beberapa situasi di atas, kami merumuskan beberapa cara yang kami yakini bisa menanggulangi risiko tersebut, yakni:
Deskripsi Bisnis
Nasi goreng kulit Coy merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, berupa makanan. Kami membuat makanan berupa nasi goreng kulit, dengan berbagai macam varian bumbu maupun topping.
Beberapa menu awal yang akan kami luncurkan misalnya:
Tidak menutup kemungkinanan di masa mendatang kami akan membuat menu baru yang akan menyesuaikan dengan pasar.
Keunikan Nasi Goreng ‘Coy’ – kami menyediakan mainan-mainan boardgame hingga permainan kartu yang bisa dimainkan di masing-masing meja. Fasilitas ini khusus kami berikan bagi orang yang datang bersama keluarga ataupun teman.
Selain itu kami memisahkan area keluarga dengan area merokok. Hal ini tentunya demi mendukung lingkungan yang tetap sehat bagi keluarga, namun tetap memberikan sedikit ruang bagi perokok yang ingin merokok di tempat kami.
Kesimpulan
Sebagai salah satu lahan bisnis yang cukup populer, bisnis kuliner boleh dibilang merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Lebih jauh lagi salah satu jenis makanan yang cukup populer untuk dijadikan lahan bisnis adalah nasi goreng.
Namun seiring dengan perkemabangan zaman, banyak orang yang mulai menjual nasi goreng kekinian dengan harga yang terbilang tinggi. Nasi Goreng Kulit ‘Coy’ hadir untuk menjawab keresahan tersebut.
Diharapkan kami mampu bersaing sebagai nasi goreng kekinian yang mampu tampil dengan harga yang ‘tradisional’ sebagaimana pada awalnya dimana nasi goreng merupakan makanan jajanan kaki lima.
Itulah tadi contoh proposal usaha makanan paling sederhana yang bisa Anda buat. Pada dasarnya Anda bisa bebas berkreasi menuangkan idemu se’liar’ mungkin. Tujuannya tentu saja agar banyak investor yang bisa tertarik dengan ide yang Anda punya.
Proposal usaha ini penting bagi sebagian pengusaha, dan tidak penting bagi sebagian lainnya. Penting bagi Anda yang sedang berada dalam fase menarik investor dan sudah cukup established sebagai perusahaan, dan tidak benar-benar penting bagi Anda yang benar-benar masih nol.
Karena biasanya investor pun tidak akan mau menaruh uang mereka pada pebisnis yang masih hijau, dengan pengalaman bisnis yang masih nol, dan bisnis yang sama sekali belum berjalan dan menghasilkan.
Anda baru akan bisa mengajukan proposal ini ketika Anda sudah memiliki cukup pengalaman di dalam berbisnis dan ketika bisnis yang Anda punya sudah cukup baik sehingga bisa meyakinkan investor untuk menaruh modalnya di perusahaan Anda.
Selain itu perlu diingat bahwa proposal usaha makanan dan bisnis lainnya merupakan hal yang serupa, dan yang membedakannya hanyalah konten alias isi dari proposal itu sendiri. Sehingga kami juga menyarankan Anda untuk banyak-banyak belajar dari tempat lain ya!
Nah semoga informasi seputar proposal usaha bisnis makanan ini bisa bermanfaat untuk Anda ya, selamat berbisnis!