Skip to content

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Manajemen?

featured-img

Salah satu jurusan perkuliahan yang paling populer di Indonesia saat ini adalah jurusan manajemen. Bukan hanya di kalangan mahasiswa S1, tapi banyak orang-orang korporat yang menuntaskan pendidikan S2 nya di manajemen lho.

Dari sini saja pasti kamu bisa menebak kan bahwa tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memuluskan karir mereka. Dengan kata lain, prospek kerja manajemen boleh dibilang amat cerah.

Secara umum sih, orang-orang lulusan manajemen dituntut untuk mampu membagi peran dan tanggung jawab anggota divisinya masing-masing dengan baik. Menariknya disini nantinya kamu akan mempelajari seluruh bidang yang mencakup ilmu teori dan ilmu terapan.

Lebih lanjut lagi, yuk kita bahas satu-satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak-anak manajemen dan bagaimana sebenarnya prospek kerja manajemen? Lanjut!

Baca juga: Prospek kerja anak administrasi bisnis, bikin sirik!

1. Perencana Bisnis Berkelanjutan

Perencana bisnis berkelanjutan

Sebagai orang yang memiliki ilmu manajemen dan bisnis, banyak perusahaan yang mencari orang-orang ini untuk ditempatkan di dalam posisi perencana bisnis berkelanjutan. Khususnya perusahaan yang baru melewati krisis.

Tanggung jawab seorang perencana bisnis berkelanjutan secara umum adalah melakukan analisis risiko bisnis serta efeknya terhadap kelanjutan bisnis suatu perusahaan setelah krisis. Dari sana mereka diminta untuk mengambil strategi bisnis berdasarkan analisis sebelumnya.

Selain itu mereka juga diminta untuk membuat rencana manajemen darurat untuk pengambilan keputusan serta komunikasi pemulihan. Mereka juga bertanggung jawab dengan manajemen krisis dan keberlangsungan bisnis yang ada.

Orang yang memutuskan untuk menjadi ahli perencana bisnis berkelanjutan memiliki jenjang karir yang jelas, mulai dari analis, manajer, koordinator, hingga direktur manajemen bisnis berkelanjutan.

Gaji para perencana bisnis berkelanjutan paling sedikit berkisar diantara Rp 5.000.000,- hingga Rp 7.000.000.- yang tentunya akan meningkat seiring dengan perkembangan karir mereka di perusahaan.

2. Manajer Umum dan Operasional

Manajer umum dan operasional

Sebagaimana namanya, seorang manajer umum dan operasional tentu memiliki gaji rata-rata yang cukup tinggi. Tapi sebelum membahas itu, yuk kita bahas apa saja sih tanggung jawab dan pekerjaan dari seorang manajer umum dan operasional.

Seorang manajer umum dan operasional memiliki tanggung jawab membuat perencanaan, pengarahan, hingga melakukan koordinasi pelaksanaan organisasi. Mereka pun diberikan tanggung jawab untuk membuat kebijaka operasional, pelaksanaan harian, hingga rencana penggunaan bahan dan SDM.

Seorang manajer umum dan operasional memiliki tugas mengevaluasi laporan keuangan, penjualan, kegiata, dan data kinerja lain dalam rangka mengukur produktivitas, pencapaian, dan efisiensi program di dalam suatu perusahaan.

Mereka pun memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasi kegiatan perusahan yang bersifat administratif, produksi, distribusi, hingga penjualan. Mereka pun akan memantau rantai pasok untuk memastikan produk tersedia secara efektif efisien dan sesuai dengan anggaran perusahaan.

Gaji yang ditawarkan minimal berkisar diantara Rp 7.000.000,- hingga Rp 12.000.000,- rupiah loh! Hal ini amatlah wajar mengingat jabatan yang diemban, hingga banyaknya tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang manajer umum dan operasional.

3. Manajer Administrasi

Manajer administrasi

Setelah manajer umum dan operasional, saatnya membahas manajer administrasi yang boleh dibilang gajinya tidak kalah dari seorang manajer umum dan operasional.

Sebelum bicara gaji, kita akan bahas apa itu manajer administrasi dan apa tanggung jawab yang mereka miliki.

Manajer administrasi memiliki fungsi umum melakukan perencanaan dan mengkoordinasi suatu perusahaan, dalam bidang administratif tentunya. Hal ini mencakup pencatatan, informasi, surat menyurat, hingga operasi custodian.

Secara rinci mereka memiliki tugas perencanaan, pengkoordinasian, hingga mengevaluasi dan melaporkan segala hal terkait manajemen administrasi suatu perusahaan. Mereka juga diperkenankan mengubah suatu prosedur ataupun kebijakan di bidang administrasi dengan tujuan meningkatkan produktivitas perusahaan tentunya.

Terakhir, yang paling menarik tentunya. Gaji yang biasa didapatkan seorang manajer administrasi baru berada di dalam rentang Rp 4.500.000,- hingga Rp 10.000.000,-

4. Manajer Pemasaran / Marketing

Marketing

Manajer pemasaran alias marketing boleh dibilang merupakan manajer dengan pendapatan terbesar dibanding prospek kerja manajemen lainnya, bahkan dibandingkan dengan posisi manajer lainnya.

Wajar saja, karena manajer pemasaran memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pengarahan dan mengkoordinasi seluruh kebijakan dan program pemasaran di suatu perusahaan. Artinya mereka memiliki peran vital dalam hidup mati suatu perusahaan, penjualan!

Mereka dituntut untuk mengembangkan strategi penentuan harga berdasarkan analisis pasar suatu perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan margin penjualan dari suatu perusahaan, atau melebarkan pasar suatu perusahaan.

Dari sini saja bisa kamu kira-kira kan? Bahwa seorang manajer pemasaran dituntut untuk selalu update terhadap perkembangan masyarakat secara umum, maupun terhadap pangsa pasar perusahaan tempat mereka bekerja.

Secara detil mereka memiliki tanggung jawab untuk membuat rencana pemasaran terkait periklanan dan promosi produk perusahaan, hingga bekerja sama dengan manajer advertising dan promosi.

Selain itu mereka nantinya akan diminta mengevaluasi seluruh aspek keuangan dari suatu produk, mulai dari investasi hingga proyeksi laba rugi. Artinya disini mereka akan banyak bekerja sama dengan pihak keuangan maupun akuntan perusahaan.

Mengingat banyaknya tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang manajer marketing, serta banyaknya garis koordinasi yang mereka miliki. Tidak heran kalau mereka bisa menerima gaji sebesar Rp 10.000.000,- hingga Rp 25.000.000,- dalam sebulan, bergantung dengan pengalaman kerja mereka. Hmm, menarik bukan?

5. Manajer Logistik

Manager logistik

Sama seperti manajer di bidang lainnya, seorang manajer logistik adalah orang yang diberikan tanggung jawab untuk membuat perencanaan, pengarahan, dan pengkoordinasian segala hal yang berhubungan dengan logistik perusahaan.

Artinya sehari-hari mereka banyak berkutat dengan proses pembelian, distribusi logistik, rantai pasok logistik, hingga pengelolaan harian logistik yang mencakup personil dan sistem logistik perusahaan.

Secara mendetil mereka lah orang-orang yang bertanggung jawab terkait sistem transport logistik, dan bahkan sistem ekspor impor logistik dari suatu perusahaan. Mereka pula yang akan banyak berkutat dengan rantai pasok logistik perusahaan hingga ke pelanggan.

Mereka juga diberikan tugas untuk mengintegrasikan logistik perusahaan dengan sistem yang sudah ada di dalam perusahaan. Dengan kata lain mereka harus banyak berhubungan dengan departemen lain terkait pengadaan logistik untuk seluruh perusahaan tempatnya bekerja.

Nah, setelah itu mereka tentu akan membuat pelaporan dan dokumentasi terkait logistik. Baik terkait logistik distribusi produk dari hulu ke hilir (konsumen) maupun logistik perusahaan secara umum yang terkait dengan divisi-divisi lainnya.

Tanggung jawab mereka yang terakhir dan tidak kalah penting adalah sebagai ‘bos’ gudang. Terutama bagi perusahaan-perusahaan manufaktur yang bergerak di industri makanan dan minuman.

Manager di gudang

Akan tetapi di beberapa perusahaan pekerjaan ini seringkali diberikan kepada sarjana teknik industri, atau malah dikerjakan secara bersama di divisi yang berbeda. Hal ini lagi-lagi membutuhkan koordinasi antar divisi yang baik.

Akhir kata, melihat tanggung jawab yang amat banyak maka bukan rahasia umum lagi kalau manajemen logistik termasuk ke dalam pekerjaan dengan gaji terbesar, atau dengan kata lain memiliki prospek kerja manajemen yang cukup cerah.

Dan berdasarkan dari beberapa sumber yang kami dapatkan, rerata gaji seorang manajer logistik muda adalah Rp 9.000.000,- hingga Rp 16.000.000,-


Dari beberapa seri prospek kerja yang kami buat, prospek kerja manajemen termasuk yang paling cerah loh. Boleh dibilang anak-anak IPS yang tentu akan banyak kuliah di jurusan manajemen patut berbangga diri.

Selain perannya memang banyak dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan, gaji yang diterima oleh seorang manajer pun besar loh. Jadi tunggu apa lagi?

Tags